• Home
  • Peristiwa
  • Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Oleh: Redaksi
Senin, 07/01/2019 21:51 WIB
Dibaca: 50 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Seperti kota lainnya, Dinas Perhubungan Banda Aceh mulai mengaktifkan suara peringatan lalu lintas yang dipasang di persimpangan jalan. Pelanggar yang melanggar, diingatkan lewat pengeras suara.

Alat suara peringatan lalu lintas atau voice announcer (siaran suara) itu baru terpasang di Simpang Lima, Banda Aceh. Petugas memantau kondisi jalan melalui sebuah ruangan di Kantor Dinas Perhubungan. Di sana, ada satu layar yang menampilkan suasana jalan dari kelima arah lewat Area Traffic Control System (ATCS).

Petugas dapat memantau ke setiap sudut dan jika ada pelanggar langsung diingatkan. Rata-rata pengguna jalan yang kena "semprot" petugas itu melanggar marka jalan serta tidak mengenakan helm. Langkah itu dipilih untuk menekan angka pelanggaran.

"Kita mulai aktif mulai awal Januari 2019. Saat ini baru ada di Simpang Lima. Biasanya yang kita ingatkan roda dua dan empat terutama yang melanggar lalu lintas," kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Zubir kepada wartawan di Kantor Dishub Banda Aceh, Senin (7/1/2019).

Pengguna jalan yang diingatkan masih seputar salah berhenti di lampu merah. Selain itu, juga juga masih ada pengemudi motor yang tidak mengenakan helm dan sejumlah pelanggaran lainnya. Dishub Banda Aceh, katanya, akan terus mengingatkan masyarakat.

"Kita akan terus ingatkan lewat pengeras suara ini. Kalau harus diingatkan oleh petugas di persimpangan jalan, berapa banyak petugas yang harus disediakan. Jadi dengan teknologi ini selalu kita ingatkan pengguna jalan," jelas Zubir.

Menurutnya, pada 2019 ini Dishub Banda Aceh akan memasang pengeras suara serupa di sejumlah persimpangan lain seperti Simpang Jambo Tape, Simpang PDAM dan lainnya. Dia menilai sudah ada perubahan selama adanya alat tersebut.

"Efeknya sudah mulai ada. Kita juga sudah sosialisasi bahwa di Simpang Lima ada alat suara peringatan lalu lintas," ungkap Zubir. 

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehdinas perhubungan acehpelanggar lalu lintas
Berita Terkait
  • Rabu, 16/01/2019 11:12 WIB

    Pemkot Banda Aceh Belum Beri Izin Bangun Hotel Berbintang di Sebelah Masjid Raya

    BANDA ACEH - Perusahaan properti asal Jakarta mengirimkan permohonan izin prinsip mendirikan bangunan hotel bintang empat di dekat Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh. Pemerintah Kota belum men

  • Kamis, 03/01/2019 22:15 WIB

    Wali Kota Banda Aceh Jawab Tudingan Objek Wisata Jadi Tempat Mesum

    BANDA ACEH - Objek wisata Ulee Lheue dituding anggota DPRK Banda Aceh menjadi tempat mesum. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman pun memberikan tanggapan. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman men

  • Kamis, 03/01/2019 14:07 WIB

    Pemko Banda Aceh Terima Hibah 8,5 ton Bawang Merah

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh menerima hibah 8,5 ton bawang merah dari Kantor Wilayah Bea Cukai Aceh untuk diberikan kepada warga kurang mampu. "Pemerintah Kota Banda Aceh telah menerima

  • Sabtu, 15/12/2018 17:29 WIB

    Banda Aceh-Sigli Diklaim Bisa Satu Jam pada 2021

    BANDA ACEH - Kota Banda Aceh dan Sigli, ibu kota Kabupaten Pidie diklaim bisa ditempuh dalam waktu satu jam saja pada tahun 2021, saat infrastruktur jalan tol penghubung dua kota tersebut rampung.Tida

  • Rabu, 14/11/2018 19:02 WIB

    Industri di Aceh Belum Manfaatkan Limbah Ikan

    BANDA ACEH - Sejumlah pelaku industri pengolahan perikanan laut dari Aceh mengaku, hingga kini belum bisa memanfaatkan limbah ikan menjadi industri hilir yang menimbulkan nilai tambah, seperti suatu p

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir