• Home
  • Peristiwa
  • Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Oleh: Redaksi
Senin, 07/01/2019 21:51 WIB
Dibaca: 145 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Seperti kota lainnya, Dinas Perhubungan Banda Aceh mulai mengaktifkan suara peringatan lalu lintas yang dipasang di persimpangan jalan. Pelanggar yang melanggar, diingatkan lewat pengeras suara.

Alat suara peringatan lalu lintas atau voice announcer (siaran suara) itu baru terpasang di Simpang Lima, Banda Aceh. Petugas memantau kondisi jalan melalui sebuah ruangan di Kantor Dinas Perhubungan. Di sana, ada satu layar yang menampilkan suasana jalan dari kelima arah lewat Area Traffic Control System (ATCS).

Petugas dapat memantau ke setiap sudut dan jika ada pelanggar langsung diingatkan. Rata-rata pengguna jalan yang kena "semprot" petugas itu melanggar marka jalan serta tidak mengenakan helm. Langkah itu dipilih untuk menekan angka pelanggaran.

"Kita mulai aktif mulai awal Januari 2019. Saat ini baru ada di Simpang Lima. Biasanya yang kita ingatkan roda dua dan empat terutama yang melanggar lalu lintas," kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Zubir kepada wartawan di Kantor Dishub Banda Aceh, Senin (7/1/2019).

Pengguna jalan yang diingatkan masih seputar salah berhenti di lampu merah. Selain itu, juga juga masih ada pengemudi motor yang tidak mengenakan helm dan sejumlah pelanggaran lainnya. Dishub Banda Aceh, katanya, akan terus mengingatkan masyarakat.

"Kita akan terus ingatkan lewat pengeras suara ini. Kalau harus diingatkan oleh petugas di persimpangan jalan, berapa banyak petugas yang harus disediakan. Jadi dengan teknologi ini selalu kita ingatkan pengguna jalan," jelas Zubir.

Menurutnya, pada 2019 ini Dishub Banda Aceh akan memasang pengeras suara serupa di sejumlah persimpangan lain seperti Simpang Jambo Tape, Simpang PDAM dan lainnya. Dia menilai sudah ada perubahan selama adanya alat tersebut.

"Efeknya sudah mulai ada. Kita juga sudah sosialisasi bahwa di Simpang Lima ada alat suara peringatan lalu lintas," ungkap Zubir. 

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehdinas perhubungan acehpelanggar lalu lintas
Berita Terkait
  • Jumat, 09/08/2019 08:07 WIB

    Sekelompok Terduga Aliran Sesat Ditangkap di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Personel Polsek Syiah Kuala, mengamankan sekelompok orang yang diduga ajaran sesat di Kompleks Makam Syiah Kuala, Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Kapolsek Syiah K

  • Rabu, 07/08/2019 22:43 WIB

    Bea Cukai Banda Aceh Musnahkan Rokok Ilegal

    BANDA ACEH - Selama kurun waktu Januari sampai Juli tahun 2019, Bea Cukai Banda Aceh telah melakukan penindakan sebanyak 64 atas pelanggaran ketentuan kepabeanan dan cukai. Atas barang bukti hasil pen

  • Jumat, 19/07/2019 21:16 WIB

    Tabrakan Beruntun Kembali Terjadi Lintas Banda Aceh - Calang

    ACEH JAYA -Tabrakan beruntun empat mobil, antara mobil barang jenis Isuzu Panther dengan mobil Toyota Kijang Inova, Suzuki Cary Pick Up dan Toyota Hi Ace terjadi di jalan nasional Calang – Meula

  • Rabu, 26/06/2019 20:46 WIB

    Airport Tax dari Banda SIM ke Luar Negeri Naik Jadi Rp 150.000

    BANDA ACEH - Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau biasa dikenal airport tax untuk penerbangan internasional dari Bandara Sultan Iskandar Muda, naik. Biaya yang dikenakan kepada se

  • Selasa, 25/06/2019 15:40 WIB

    Cuaca Buruk, Seluruh Pelayaran Banda Aceh-Sabang Dihentikan

    BANDA ACEH - Pelayaran dari Banda Aceh menuju Sabang dan sebaliknya dihentikan sementara akibat ombak tinggi dan angin kencang. Kapal kembali berlayar besok pagi. "Seluruh pelayaran hari ini kita h

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir