• Home
  • Peristiwa
  • Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Oleh: Redaksi
Senin, 07/01/2019 21:51 WIB
Foto: Ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Seperti kota lainnya, Dinas Perhubungan Banda Aceh mulai mengaktifkan suara peringatan lalu lintas yang dipasang di persimpangan jalan. Pelanggar yang melanggar, diingatkan lewat pengeras suara.

Alat suara peringatan lalu lintas atau voice announcer (siaran suara) itu baru terpasang di Simpang Lima, Banda Aceh. Petugas memantau kondisi jalan melalui sebuah ruangan di Kantor Dinas Perhubungan. Di sana, ada satu layar yang menampilkan suasana jalan dari kelima arah lewat Area Traffic Control System (ATCS).

Petugas dapat memantau ke setiap sudut dan jika ada pelanggar langsung diingatkan. Rata-rata pengguna jalan yang kena "semprot" petugas itu melanggar marka jalan serta tidak mengenakan helm. Langkah itu dipilih untuk menekan angka pelanggaran.

"Kita mulai aktif mulai awal Januari 2019. Saat ini baru ada di Simpang Lima. Biasanya yang kita ingatkan roda dua dan empat terutama yang melanggar lalu lintas," kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Zubir kepada wartawan di Kantor Dishub Banda Aceh, Senin (7/1/2019).

Pengguna jalan yang diingatkan masih seputar salah berhenti di lampu merah. Selain itu, juga juga masih ada pengemudi motor yang tidak mengenakan helm dan sejumlah pelanggaran lainnya. Dishub Banda Aceh, katanya, akan terus mengingatkan masyarakat.

"Kita akan terus ingatkan lewat pengeras suara ini. Kalau harus diingatkan oleh petugas di persimpangan jalan, berapa banyak petugas yang harus disediakan. Jadi dengan teknologi ini selalu kita ingatkan pengguna jalan," jelas Zubir.

Menurutnya, pada 2019 ini Dishub Banda Aceh akan memasang pengeras suara serupa di sejumlah persimpangan lain seperti Simpang Jambo Tape, Simpang PDAM dan lainnya. Dia menilai sudah ada perubahan selama adanya alat tersebut.

"Efeknya sudah mulai ada. Kita juga sudah sosialisasi bahwa di Simpang Lima ada alat suara peringatan lalu lintas," ungkap Zubir. 

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehdinas perhubungan acehpelanggar lalu lintas
Berita Terkait
  • Sabtu, 11/07/2020 15:21 WIB

    Isnaini Husda Apresiasi Pemko Disinfeksi Rumah Ibadah di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh hari ini kembali melakukan disinfeksi di sejumlah rumah ibadah di Kota Banda Aceh. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Tindakan ter

  • Sabtu, 11/07/2020 14:54 WIB

    Kepala Balai Bahasa Aceh Terima Hibah Buku Aceh

    BANDA ACEH - Kepala Balai Bahasa Aceh, Muhammad Muis mengunjungi Bandar Publishing, yang berada di Lamgugob, Jumat (10/7) di Banda Aceh.Muhammad Muis, didampingi Kasubbag. TU Agus Priatna, Bendahara M

  • Senin, 29/06/2020 16:50 WIB

    RSU Zainoel Abidin Tambah 24 Ruang Isolasi Pasien Covid-19

    BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diwakili Sekretaris Daerah Aceh dr Taqwallah MKes meresmikan pengoperasian 24 ruang isolasi tambahan untuk penanganan pasien Covid-19 di Rum

  • Kamis, 28/05/2020 10:33 WIB

    Berani Aniaya Polantas Banda Aceh, Pemotor Ini Kena Batunya

    BANDA ACEH - Dua pengendara sepeda motor, seorang di antaranya positif mengonsumsi narkoba, diduga menganiaya seorang polisi yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polresta Banda Aceh. Kapolresta Band

  • Sabtu, 23/05/2020 13:40 WIB

    Polisi dan TNI Amankan Malam Takbiran di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Polresta Banda Aceh mengerahkan 300 personel untuk mengamankan malam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah atau 2020 Masehi di ibu kota provinsi Aceh tersebut.Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir