• Home
  • Peristiwa
  • Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Melanggar Lalin di Banda Aceh, Siap-siap Disemprot Lewat Pengeras Suara

Oleh: Redaksi
Senin, 07/01/2019 21:51 WIB
Dibaca: 122 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Seperti kota lainnya, Dinas Perhubungan Banda Aceh mulai mengaktifkan suara peringatan lalu lintas yang dipasang di persimpangan jalan. Pelanggar yang melanggar, diingatkan lewat pengeras suara.

Alat suara peringatan lalu lintas atau voice announcer (siaran suara) itu baru terpasang di Simpang Lima, Banda Aceh. Petugas memantau kondisi jalan melalui sebuah ruangan di Kantor Dinas Perhubungan. Di sana, ada satu layar yang menampilkan suasana jalan dari kelima arah lewat Area Traffic Control System (ATCS).

Petugas dapat memantau ke setiap sudut dan jika ada pelanggar langsung diingatkan. Rata-rata pengguna jalan yang kena "semprot" petugas itu melanggar marka jalan serta tidak mengenakan helm. Langkah itu dipilih untuk menekan angka pelanggaran.

"Kita mulai aktif mulai awal Januari 2019. Saat ini baru ada di Simpang Lima. Biasanya yang kita ingatkan roda dua dan empat terutama yang melanggar lalu lintas," kata Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Zubir kepada wartawan di Kantor Dishub Banda Aceh, Senin (7/1/2019).

Pengguna jalan yang diingatkan masih seputar salah berhenti di lampu merah. Selain itu, juga juga masih ada pengemudi motor yang tidak mengenakan helm dan sejumlah pelanggaran lainnya. Dishub Banda Aceh, katanya, akan terus mengingatkan masyarakat.

"Kita akan terus ingatkan lewat pengeras suara ini. Kalau harus diingatkan oleh petugas di persimpangan jalan, berapa banyak petugas yang harus disediakan. Jadi dengan teknologi ini selalu kita ingatkan pengguna jalan," jelas Zubir.

Menurutnya, pada 2019 ini Dishub Banda Aceh akan memasang pengeras suara serupa di sejumlah persimpangan lain seperti Simpang Jambo Tape, Simpang PDAM dan lainnya. Dia menilai sudah ada perubahan selama adanya alat tersebut.

"Efeknya sudah mulai ada. Kita juga sudah sosialisasi bahwa di Simpang Lima ada alat suara peringatan lalu lintas," ungkap Zubir. 

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehdinas perhubungan acehpelanggar lalu lintas
Berita Terkait
  • Jumat, 31/05/2019 13:18 WIB

    Teka-teki Ikan Mati Massal di Pantai Banda Aceh

    BANDA ACEH - Keberadaan ikan yang disebut mati massal di pantai di Banda Aceh sempat membuat heboh. Terjawab sudah, ternyata ikan itu hasil tangkapan nelayan. "Ikan yang di pantai itu hasil tangkapan

  • Senin, 20/05/2019 17:45 WIB

    THR PNS Cair 24 Mei, Pemkot Banda Aceh Siapkan Rp 18 M

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menyiapkan anggaran Rp 18 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) PNS. Rencananya, THR akan cair pada 24 Mei mendatang. "Peraturan Wali Kota

  • Sabtu, 11/05/2019 14:54 WIB

    Saiful Perantara Suap Irwandi Yusuf Dipindah ke Lapas Banda Aceh

    BANDA ACEH - T Saiful Bahri, perantara suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dipindahkan ke Lapas Lambaro, Banda Aceh. Pemindahan Saiful yang divonis 5 tahun penjara ini dilakukan Jaksa pada KPK.

  • Selasa, 07/05/2019 01:13 WIB

    Pemkot Banda Aceh Tetapkan Lokasi Penjualan Kuliner Buka Puasa

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menetapkan dua titik penjualan penganan atau kuliner berbuka puasa di ibu kota Provinsi Aceh tersebut. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah da

  • Senin, 06/05/2019 22:20 WIB

    Pemerintah Aceh Gelar Festival Ramadhan 2019

    BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menggelar kegiatan wisata religi bertajuk "Festival Ramadhan 2019", yang akan menyuguhkan ragam kegiatan menarik bernuansa Islami kepada w

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir