• Home
  • PERISTIWA
  • Mahasiswa Pembunuh Dosen UMSU Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Mahasiswa Pembunuh Dosen UMSU Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup

Oleh: Redaksi
Selasa, 31/01/2017 20:34 WIB
Dibaca: 89 kali
Foto: ilustrasi/google.com

MEDAN - Roymardo Sah Siregar (20) dijatuhi hukuman seumur hidup. Dia dinyatakan terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap Nurain Lubis, dosennya di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Vonis bersalah dan hukuman terhadap Roymardo dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Sontan Merauke Sinaga di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (31/1/2017). Mereka menyatakan Roymardo telah melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 340 KUHP.

"Menyatakan terdakwa Roymardo Sah Siregar terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pembunuhan berencana. Menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa selama seumur hidup," kata Sontan.

Hukuman yang dijatuhkan sama dengan tuntutan jaksa. Majelis hakim menyatakan tidak ada hal yang meringankan hukuman terdakwa.

Menyikapi hukuman yang dijatuhkan majelis hakim, penasihat hukum terdakwa menyatakan mereka akan menempuh upaya banding.

 

Setelah mendengar putusan, tiga kakak terdakwa menangis terisak. Keluarga korban tak kalah histeris. Mereka bahkan mengejar Roymardo yang tengah dibawa satpam. Salah seorang di antaranya berusaha memukul. Namun, petugas keamanan dengan cepat melarikannya ke ruang tahanan.

Potensi kericuhan sebenarnya sudah diantisipasi petugas. Selama persidangan berlangsung, Roymardo yang duduk di kursi terdakwa terus mendapat pengawalan dari polisi, satpam PN Medan dan pengawal tahanan. Mereka berdiri berjajar di belakang Roymardo yang terus menunduk. Seperti perkiraan, kericuhan memang terjadi seusai persidangan.

Dalam perkara ini, Roymardo terpikir membunuh dosennya sejak bangun tidur di indekosnya di Jalan Tuasan Medan, sekitar pukul 08.00 WIB. Selama ini terdakwa sudah menaruh benci dan dendam karena korban sering memarahi terdakwa. Korban juga mengancam akan memberi nilai jelek kepada Roymardo.

Di hari kejadian, Roymardo membawa pisau bergagang hijau berikut sarungnya dan martil. Kedua benda itu disimpan di bawah jok sepeda motornya.

Sesampainya di kampus, Roymardo masuk ke ruang kuliah di lantai IV Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk mengikuti kuliah Hukum Dagang.

Karena dosennya tidak datang, Roymardo turun dan menuju parkiran. Dia mengambil pisau, martil dan topi dari bawah jok sepeda motor. Pisau disimpannya di saku sebelah kiri dan martil di saku sebelah kanan kemudian menuju gedung FKIP.

Setelah duduk di sana, sekitar pukul 15.47 WIB, Roymardo melihat Nurain masuk ke kamar mandi. Dia kemudian memakai topi dan mengikuti masuk ke dalam dan menutup pintu kamar mandi.

Terdakwa menikam leher korban yang kemudian menjerit dan menangkis. Sempat 4 kali tikamannya ditangkis korban dengan tangan namun tetap mengenai leher dan keningnya. Roymardo terus saja menikami leher korban hingga perempuan itu tidak berdaya.

Melihat korban telentang bersimbah darah, Roymardo menyimpan pisaunya lalu lari meninggalkan kamar mandi. Saat dipergoki penjaga keamanan gedung, terdakwa mengatakan keran air patah. Dia kemudian dikejar dan dibekuk di kamar mandi gedung Fakultas Ekonomi.

Sementara itu Nurain dilarikan RS Imelda Medan. Dia dinyatakan telah meninggal dunia akibat luka di lehernya.

Sumber: merdeka.com

T#g:MedanPembunuhan DosenUMSU
Banner Affiliate Cloudmediabiz
Berita Terkait
  • Senin, 08/05/2017 22:33 WIB

    Hendak Bawa Ganja ke Bukittinggi, Perempuan Dari Aceh Ini Tertangkap di Medan

    MEDAN - Seorang ibu rumah tangga dibekuk polisi setelah kedapatan membawa 20 kilogram ganja di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Wanita asal Aceh tersebut rencananya membawa barang haram tersebut ke B

  • Jumat, 10/03/2017 11:00 WIB

    Bawa 16 Kg Ganja di Tas, 2 Petani Asal Aceh Ditangkap Polisi

    MEDAN - Dua petani asal Aceh dibekuk polisi karena kedapatan membawa 16 kilogram ganja yang disimpan di tasnya. Dalam pemeriksaan, diketahui ganja tersebut akan dibawa ke Palembang. "Kedua

  • Selasa, 07/03/2017 20:51 WIB

    Terungkap Sindikat Penggelapan Mobil di Medan yang Melibatkan Oknum Aparat

    MEDAN - Subdit III/Jatanras Direktorat Reskrimum Polda Sumut meringkus empat tersangka penggelapan mobil. Keempat menjalankan aksinya dengan modus rental kemudian melarikan dan menjualnya kepada ok

  • Jumat, 03/03/2017 17:01 WIB

    Polisi Medan Tembak Kurir 7 Kg Sabu dari Aceh

    MEDAN - Polisi menembak seorang kurir narkoba di Medan, Sumatera Utara (Sumut), hingga terluka. Dalam penindakan tersebut, petugas menyita narkoba jenis sabu sebanyak 7 kilogram. "Pelaku s

  • Rabu, 28/12/2016 19:41 WIB

    WNI Medan Lolos Hukuman Mati di Malaysia

    KEDAH - Seorang warga negara Indonesia asal Serdang, Medan Utara, Sumatra Utara, Muhammad Taufik Hidayat (35), lolos dari hukuman mati di Malaysia. Hakim Pengadilan Tinggi Alor Star Kedah Malay

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir