• Home
  • Peristiwa
  • MPU Aceh Bolehkan Warga Tarawih di Masjid Saat Corona

MPU Aceh Bolehkan Warga Tarawih di Masjid Saat Corona

Oleh: Redaksi
Selasa, 21/04/2020 20:32 WIB
Foto: Ilustrasi/sumberpost.com

BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan Tausyiah bernomor 5 Tahun 2020 terkait ibadah di bulan Ramadan. Salah satu poin dalam tausiah tersebut yaitu salat tarawih berjemaah tidak dilarang di tengah wabah virus corona (Covid-19) dan tetap digelar seperti biasanya.

Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan pandangan tokoh, pejabat pemerintahan dan para ulama yang ada di Aceh. Melihat kondisi saat ini, kata Faisal, salat tarawih berjemaah tetap digelar meskipun virus corona tengah mewabah.

"Ada 13 poin dalam Tausyiah itu terkait pelaksanaan ibadah bulan Ramadan, jadi tetap salat tarawih berjemaah dilakukan seperti biasa di masjid," kata Faisal Ali, Selasa (21/4/2020). 

Namun, kata Faisal, ada beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh warga. Di antaranya saat ke masjid, warga harus menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri. Kemudian masjid diimbau tidak menggelar ambal saat salat. Terkait jarak antarshaf, akan dikembalikan kebijakannya ke masing-masing masjid. 

"Tetap membawa sajadah sendiri-sendiri, dan warga kita minta untuk terapkan protokol kesehatan," ujar Faisal.

Faisal menambahkan, dalam salat tarawih di tengah corona, pihaknya juga tidak mengatur waktu saat salat tarawih nantinya, apakah dikurangi atau tidak. "Seperti biasa, tidak ada diatur waktu," ucapnya.

Selain membolehkan salat tarawih, dalam Tausyiah MPU Aceh itu juga mengatur soal kegiatan di bulan Ramadan. Pihaknya meminta warga untuk tidak melakukan sahur on the road dan buka puasa bersama di luar rumah, safari Ramadan dan tadarus keliling kampung.

"Jika tadarus di masjid, dibolehkan," ujar Faisal.

Sebelumnya, Dirjen Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengimbau kepada umat Islam untuk melaksanakan ibadah di rumah saat memasuki bulan Ramadan di tengah wabah virus corona (Covid-19) saat ini.

Kamaruddin bahkan menegaskan wajib hukumnya bagi umat Islam untuk beribadah di rumah dalam kondisi wabah meski menyadari pentingnya beribadah di masjid.

"Sekarang wajib hukumnya bagi kita ibadah di rumah," kata Kamaruddin melalui siaran di Kanal Youtube milik BNPB, Jumat (17/4/2020).

Hingga saat ini Provinsi Aceh tercatat memiliki tujuh kasus virus corona. Dari jumlah itu, empat dinyatakan sembuh, satu pasien meninggal dan dua lainnya di rawat di rumah sakit.

Sumber: cnnindonesia.com

Tag:mpu acehshalat tarawihvirus corona
Berita Terkait
  • Kamis, 23/07/2020 17:50 WIB

    Ekonomi Menurun, Sektor Pariwisata Aceh Harus Siapkan Konsep New Normal

    BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT meminta sektor pariwisata di Aceh untuk menyiapkan diri dengan konsep normal baru dalam upaya meningkatkan kembali pertumbuahan ekon

  • Senin, 20/07/2020 22:16 WIB

    6 Daerah di Aceh Nihil Kasus Covid-19

    BANDA ACEH - Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Aceh menyatakan enam kabupaten/kota di provinsi setempat masih nihil kasus warga yang terpapar virus corona, namun tetap diminta untuk waspada d

  • Minggu, 19/07/2020 14:40 WIB

    Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Aceh Besar Akan Swab Massal

    ACEH BESAR - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan bekerja sama dengan Laboratorium Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh untuk melaksanakan swab massal di daerah setempat. “

  • Selasa, 07/07/2020 21:02 WIB

    Kasus Positif Covid-19 Muncul di Bireuen

    BANDA ACEH - Pandemi penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang disebabkan virus corona belum berakhir, untuk itu masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan. Kasus terbaru Covid-19

  • Rabu, 01/07/2020 18:20 WIB

    ASN Pemerintah Aceh Jalani Rapid Test

    BANDA ACEH - Seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah Aceh sebanyak 1.669 orang menjalani rapid test dan donor darah mulai tanggal 1- 3 Juli 2020. Kegiatan itu dilaksanakan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir