• Home
  • Peristiwa
  • Lagi, Tiga nelayan Aceh Ditangkap Otoritas India di Andaman

Lagi, Tiga nelayan Aceh Ditangkap Otoritas India di Andaman

Oleh: Redaksi
Jumat, 11/10/2019 19:53 WIB
Dibaca: 79 kali

BANDA ACEH - Tiga nelayan Aceh, warga Kabupaten Aceh Timur, ditangkap otoritas India di perairan Kepulauan Andaman, kata Anggota DPR Aceh Iskandar Usman Al Farlaky.

"Ketiganya ditangkap setelah Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI di India memastikan informasi bahwa ada nelayan Indonesia ditangkap otoritas setempat," kata Iskandar di Banda Aceh, Jumat (11/10/2019).

Ketiga nelayan Aceh yang ditangkap tersebut, yakni Munazir (33) selaku tekong atau nakhoda serta dua anak buah kapalnya, yakni Kaha (33) dan Man (20).

Ketiganya asal Kabupaten Aceh Timur, Munazir dan Kaha dari Kecamatan Sungai Raya. Sedangkan Man dari Peureulak. Ketiganya menetap dan berkeluarga di Banda Aceh.

Kapal yang mereka naiki dengan nama KM Athiya 02 dengan bobot tujuh grosston (GT). Mereka melaut khusus menangkap ikan tuna. Mereka berangkat dari pelahuban di kawasan Ulee Lheue pada 17 September 2019.

"Ketiganya kehilangan kontak sejak 20 September 2019. Saat itu, perairan Aceh dilanda kabut asap," ungkap anggota DPR Aceh asal daerah pemilihan Kabupaten Aceh Timur tersebut.

Sebelum hilang kontak, kata Iskandar, sebuah kapal pukat nelayan Aceh lainnya sempat bertemu dengan mereka di perairan dekat Kepulauan Pulo Aceh, Aceh Besar.

Saat itu mereka menyebutkan tidak bisa berlayar karena jarak pandang terbatas akibat kabut asap. Mereka tidak berlayar karena khawatir tertabrak kapal besar karena lintasan yang mereka lalui merupakan lalu lantas kapal di Samudra Hindia.

"Kami berkeyakinan saat kabut asap tersebut, mereka terseret arus hingga ke perairan Andaman India, sebab jarak perairan Aceh dan Andaman, tidak terlalu jauh," kata Iskandar.

Terkait penangkapan tersebut, Iskandar Usman menyebutkan, DPR Aceh sudah menyurati Kementerian Luar Negeri dan KBRI di India. DPR Aceh juga menyurati Pemerintah Aceh agar merespons tiga nelayan yang ditangkap di India tersebut.

"Saat ini, mereka ditahan otoritas India di Andaman. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Bagian Protokol KBRI di India agar segera menjumpai tiga nelayan Aceh tersebut guna memastikan penangkapan tersebut," pungkas Iskandar Usman.

Sumber: Antara

Tag:nelayan acehterdampar ke andaman
Berita Terkait
  • Senin, 07/10/2019 20:42 WIB

    3 Nelayan Aceh Diduga Nyasar ke Negara Lain

    BANDA ACEH - Tiga nelayan asal Kampung Jawa, Banda Aceh, Aceh, yang melaut untuk menangkap ikan tuna sudah 20 hari tidak pulang. Biasanya, mereka melaut selama 12 hari. "(Sampai hari ini) belum ada k

  • Senin, 24/06/2019 19:02 WIB

    Tiga Nelayan Aceh Timur Ditemukan Selamat di Laut Seunuddon

    ACEH UTARA - Tiga nelayan tradisional asal Desa Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan selamat di perairan Aceh Utara setelah ketiganya terombang-ambing di tengah laut kar

  • Selasa, 16/04/2019 21:23 WIB

    Nelayan Aceh Sepakat Tidak Melaut Pada 17 April

    BANDA ACEH - Panglima Laot (Lembaga Adat Laut) Aceh menyatakan masyarakat nelayan di provinsi paling barat Pulau Sumatera sepakat tidak melaut pada hari-H pencoblosan pemilih umum serentak, Rabu (17/4

  • Sabtu, 13/04/2019 09:34 WIB

    22 Nelayan Aceh Dibebaskan dari Myanmar

    BANDA ACEH - Sebanyak 22 nelayan Aceh yang ditahan otoritas Myanmar terkait dugaan pencurian ikan di wilayah itu akan dipulangkan ke tanah air. "Atas upaya diplomasi antara Pemerintah Indonesia dan P

  • Rabu, 10/04/2019 13:08 WIB

    11 Nelayan yang Sempat Ditahan Otoritas Thailand Tiba di Idi Rayeuk

    ACEH TIMUR - Sebelas nelayan yang ditahan karena memasuki wilayah perairan Thailand sudah dipulangkan. Mereka dibebaskan otoritas setempat dan diminta pulang sendiri ke Aceh Timur. "Alhamdulillah, bo

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir