Kekeringan Landa Dua Kecamatan di Aceh Tamiang

Oleh: Redaksi
Jumat, 08/03/2019 20:44 WIB
Dibaca: 259 kali
Foto: Antara

ACEH TAMIANG - Musim kemarau yang mulai memasuki sebagian wilayah di Aceh, telah menyebabkan kekeringan melanda dua kecamatan di Aceh Tamiang, sehingga warga yang tinggal di 24 gampong (desa) mulai kesulitan memperoleh air bersih untuk keperluan sehari-hari.

"Untuk sementara ini, ada dua kecamatan mengalami kekeringan akibat dampak musim kemarau," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Kamis (8/3/2019).

Kedua kecamatan itu, tambahnya yakni Bandar Pusaka memiliki 15 gampong, dan Tamiang Hulu sembilan desa di kabupaten mayoritas penghasil kelapa sawit berbatasan dengan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara.

Ia mengemukakan, setiap hari dua unit mobil tangki membawa 5.000 liter air bersih milik Badan Penandatanganan Bencana Daerah (BPBD) setempat berkeliling ke beberapa titik di setiap desa untuk mengisi jeringen kosong yang telah disusun oleh masyarakat.

Tidak turunnya hujan sekitar sebulan terakhir, telah menjadi penyebab utama keringnya sumber air, seperti sumur yang dimiliki warga di setiap rumah mereka.

"Hingga kini, penyaluran air bersih masih terus dilakukan. Mayoritas masyarakat di lokasi mengeluh, karena mengalami kesulitan air bersih," tegas dia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan, dewasa ini cuaca di wilayah Aceh menunjukkan sedang memasuki masa peralihan dari penghujan menuju musim kemarau.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I, Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, selama masa peralihan ini, maka intensitas hujan menurun dari sebelumnya.

"Cuaca panas seperti saat ini berpotensi muncul angin kencang, dan cenderung terjadi puting beliung di suatu wilayah akibat tumbuhnya awan Cumulonimbus," tambahnya.

Sumber: Antara

Tag:Aceh Tamiangkekeringan
Berita Terkait
  • Selasa, 01/10/2019 10:53 WIB

    8.000 Hektare Lahan di Aceh Tamiang Beralih Fungsi Tanaman Sawit

    ACEH TAMIANG - Dinas Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DPKP) Aceh Tamiang menyebutkan, sekitar 8.000 hektare dari total 20 ribu hektare areal lahan tambak beralih fungsi menjadi lahan tanaman kelapa sa

  • Minggu, 24/02/2019 12:54 WIB

    Polisi Ringkus Pengedar Ekstasi Pink di Aceh Tamiang

    ACEH TAMIANG - Petugas kepolisian menciduk 3 pria diduga pengedar narkoba jenis pil ekstasi di Aceh Tamiang, Aceh. Bersama ketiganya, petugas juga menyita 2.157 butir ekstasi warna pink. Ketiga tersa

  • Rabu, 06/02/2019 22:11 WIB

    Terlalu, Pengedar Sabu di Aceh Tamiang Bawa Anak-Istri untuk Kelabui Petugas

    BANDA ACEH - Dua pengedar sabu asal Aceh Tamiang, Aceh, Padli (43) dan Darwis Ruslam (46), diciduk petugas BNN dan Polda Aceh. Dari tangan keduanya, disita barang bukti sabu seberat 13,2 kilogram.

  • Kamis, 24/01/2019 19:33 WIB

    SBY: Karena Sudah Damai, Aceh Harus Bangun Masa Depannya

    ACEH TAMIANG - “Kini Aceh harus mampu membangun masa depannya sendiri, karena Aceh sudah damai dan kondusif,” kata Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Presiden RI yang kini Ketua Umum P

  • Kamis, 17/01/2019 18:34 WIB

    TNI AL Tangkap Kapal dari Malaysia Penyelundup 18 Ton Bawang di Aceh

    ACEH TAMIANG - Prajurit TNI AL menggagalkan penyelundupan 18 ton bawang merah dari Malaysia di Perairan Aceh Tamiang. Tiga anak buah kapal ikut diciduk dalam penangkapan tersebut. Penggagalan peny

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir