• Home
  • Peristiwa
  • Kapal Pengawas KKP Aceh Tangkap Kapal Nelayan Malaysia

Kapal Pengawas KKP Aceh Tangkap Kapal Nelayan Malaysia

Oleh: Redaksi
Senin, 04/02/2019 16:10 WIB
Dibaca: 237 kali
Foto: ilustrasi/bangsaonline.com

BANDA ACEH - Kapal pengawas Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) menangkap dua kapal nelayan berbendera Malaysia beserta nakhoda dan anak buah kapal warga negara Thailand karena diduga melakukan penangkapan ikan ilegal.

Kepala Seksi Operasi Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Lampulo Banda Aceh, Herno Adianto, Senin (4/2/2019), mengatakan, kapal dan anak buak kapal nelayan asing itu ditangkap di perairan Selat Malaka.

"Mereka ditangkap pada Sabtu (2/2) sekitar pukul 12.45 WIB dan pukul 13.05 WIB oleh kapal pengawas perikanan Hiu 012 karena menangkap ikan secara ilegal di Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE Indonesia," kata Herno Adianto.

Dua kapal nelayan berbendera Malaysia yang ditangkap tersebut yakni KM KHF 1980 dengan bobot 63,74 GT (gross ton). Dari kapal ini, petugas mengamankan seorang nakhoda dan lima anak buah kapal yang semua warga negara Thailand.

Serta KM KHF 2598 dengan bobot 64,19 GT. Dari kapal ini, petugas juga mengamankan seorang nakhoda dan empat anak buah kapal yang semuanya juga warga negara Thailand.

"Kedua kapal tidak bisa memperlihatkan dokumen resmi ketika menangkap ikan di perairan Indonesia. Kedua kapal ini menangkap ikan menggunakan pukat yang dilarang Pemerintah Indonesia," kata Herno Adianto.

Kedua kapal nelayan berbendera Malaysia tersebut masih berada di perairan Selat Malaka. Kapal tersebut dibawa ke Pangkalan PSDKP Lampulo Banda Aceh. Kapal tersebut diperkirakan tiba di Lampulo pada Rabu (6/2) pagi.

"Pelanggaran kedua kapal nelayan asing ini dijerat dengan UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan yang diubah menjadi UU Nomor 45 Tahun 2009 dengan ancaman pidana enam tahun penjara dan denda Rp20 miliar," kata Herno Adianto.

Sumber: Antara

Tag:kapal nelayan malaysikkp acehselat malaka
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir