• Home
  • Peristiwa
  • Kabut Asap dari Riau Mulai Ganggu Penerbangan di Aceh

Kabut Asap dari Riau Mulai Ganggu Penerbangan di Aceh

Oleh: Redaksi
Minggu, 08/09/2019 15:10 WIB
Dibaca: 142 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH UTARA - Kabut asap kiriman dari Riau menyelimuti sebagian wilayah di Provinsi Aceh. Akibatnya, aktivitas penerbangan cukup terganggu karena jarak pandang yang pendek.

Menurut Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh, Aceh Utara, Winda Retha Taranita, jarak pandang mendatar (horizontal) di Aceh saat ini mencapai 4.000 meter. Sedangkan jarak pandang ke atas (vertikal) sekitar 700 meter.

"Akibat kiriman asap ini, untuk kegiatan penerbangan cukup mengganggu mengingat jarak pandang horizontal dan vertikal yang cukup pendek," ujar Winda kepada wartawan, Ahad (8/9/2019).

Winda mengungkapkan kabut asap di Aceh merupakan kiriman dari Riau. Pantauan BMKG, tidak ada titik panas yang berada di wilayah Aceh.

"Untuk di Aceh sendiri, sampai sekarang belum terpantau titik api," tuturnya.

Kabut asap kiriman Pekanbaru ini sudah mulai masuk ke wilayah Aceh pada Ahad (8/9) pagi tadi. Masyarakat diminta menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Sejak pagi hari tadi, terpantau kabut asap mulai memasuki wilayah Aceh Utara, Aceh Timur, dan sekitarnya. Bagi masyarakat yang berkendara agar berhati-hati seiring potensi menurunnya jarak pandang. Kita anjurkan memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan," ucapnya.

"Bagi masyarakat juga agar banyak minum air saat beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan," lanjutnya.

Sementara itu, menurut rilis dari BMKG Pekanbaru, pantauan satelit pada level confidence 50 persen terpantau 341 hotspot. Persebaran hotspot di Sumatera ini di antaranya Jambi 116 titik, Lampung 14 titik, Bangka Belitung 31 titik, dan Riau 123 titik.

Namun pada level confidence 70 persen, hanya terpantau 87 titik panas di Riau. Sebaran titik panas ini ada di Kabupaten Pelalawan 25 titik, Kepulauan Meranti 27 titik, Rokan Hilir 2 titik, dan Indragiri Hulu 25 titik.

Sumber: detik.com

Tag:Aceh Utaraasap kiriman riaukabut asap
Berita Terkait
  • Minggu, 20/10/2019 15:39 WIB

    Tepergok Curi Motor, Pria Ini Diamuk Massa di Cot Girek

    ACEH UTARA - Seorang pria babak belur diamuk massa di kawasan Dusun Alue Ie Jaya, Gampong (desa) Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, setelah tepergok diduga hendak mencuri satu uni

  • Jumat, 11/10/2019 21:15 WIB

    Peringati Hari Santri Nasional, Dayah Aceh Utara Gelar Upacara Bendera di Lhoksukon

    ACEH UTARA - Dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2019, seluruh dayah (pesantren) di Kabupaten Aceh Utara akan memutihkan lapangan upacara Lhoksukon. Kegiatan upacara bender

  • Kamis, 10/10/2019 21:32 WIB

    Pria Nisam Antara Ditangkap karena Lakukan Provokasi dan Ujaran Kebencian

    BANDA ACEH - Personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Aceh menangkap seorang tersangka provokasi dan ujar kebencian yang disebar di media sosial. Kepala Bidang Humas Polda Aceh

  • Rabu, 02/10/2019 16:53 WIB

    Tragis, Warga Bireuen Meninggal Terjepit Truck Tronton

    ACEH UTARA - Seorang sopir mobil dump truk, Zaini (40) warga asal Desa Mon Jambe, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen meninggal dunia akibat terjepit mobil yang dikendarainya.  Peristiwa itu ter

  • Minggu, 29/09/2019 12:11 WIB

    Dosen Unimal Presentasi Keunggulan Durian Aceh di Vietnam

    ACEH UTARA - Tiga dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) mengikuti simposium internasional di Vietnam. Simposium ini mengambil tema “International Symposium on Tropical Fruits (ISTF) 2019&

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir