• Home
  • Peristiwa
  • Kabut Asap dari Riau Mulai Ganggu Penerbangan di Aceh

Kabut Asap dari Riau Mulai Ganggu Penerbangan di Aceh

Oleh: Redaksi
Minggu, 08/09/2019 15:10 WIB
Dibaca: 93 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH UTARA - Kabut asap kiriman dari Riau menyelimuti sebagian wilayah di Provinsi Aceh. Akibatnya, aktivitas penerbangan cukup terganggu karena jarak pandang yang pendek.

Menurut Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh, Aceh Utara, Winda Retha Taranita, jarak pandang mendatar (horizontal) di Aceh saat ini mencapai 4.000 meter. Sedangkan jarak pandang ke atas (vertikal) sekitar 700 meter.

"Akibat kiriman asap ini, untuk kegiatan penerbangan cukup mengganggu mengingat jarak pandang horizontal dan vertikal yang cukup pendek," ujar Winda kepada wartawan, Ahad (8/9/2019).

Winda mengungkapkan kabut asap di Aceh merupakan kiriman dari Riau. Pantauan BMKG, tidak ada titik panas yang berada di wilayah Aceh.

"Untuk di Aceh sendiri, sampai sekarang belum terpantau titik api," tuturnya.

Kabut asap kiriman Pekanbaru ini sudah mulai masuk ke wilayah Aceh pada Ahad (8/9) pagi tadi. Masyarakat diminta menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

"Sejak pagi hari tadi, terpantau kabut asap mulai memasuki wilayah Aceh Utara, Aceh Timur, dan sekitarnya. Bagi masyarakat yang berkendara agar berhati-hati seiring potensi menurunnya jarak pandang. Kita anjurkan memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan," ucapnya.

"Bagi masyarakat juga agar banyak minum air saat beraktivitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan," lanjutnya.

Sementara itu, menurut rilis dari BMKG Pekanbaru, pantauan satelit pada level confidence 50 persen terpantau 341 hotspot. Persebaran hotspot di Sumatera ini di antaranya Jambi 116 titik, Lampung 14 titik, Bangka Belitung 31 titik, dan Riau 123 titik.

Namun pada level confidence 70 persen, hanya terpantau 87 titik panas di Riau. Sebaran titik panas ini ada di Kabupaten Pelalawan 25 titik, Kepulauan Meranti 27 titik, Rokan Hilir 2 titik, dan Indragiri Hulu 25 titik.

Sumber: detik.com

Tag:Aceh Utaraasap kiriman riaukabut asap
Berita Terkait
  • Selasa, 17/09/2019 21:57 WIB

    Pemkab Aceh Utara Gratiskan Pembuatan Akta Kelahiran

    ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengratiskan biaya atau retribusi pembuatan akta kelahiran guna mendorong masyarakat mengurus kepemilikan surat bukti lahir tersebut. "Akta kelahiran dibe

  • Senin, 16/09/2019 17:44 WIB

    Perampok Karyawati Koperasi di Panton Labu Ternyata Pakai Pistol Mainan

    ACEH UTARA - Penyidik Polisi Resor (Polres) Kabupaten Aceh Utara mengungkapkan, satu pucuk pistol yang dipakai perampok dua karyawati cantik sebuah koperasi di daerah itu ternyata pistol mainan, bukan

  • Senin, 09/09/2019 12:59 WIB

    Mahasiswa KKN Unimal Manfaatkan Kebun Kosong untuk Tanaman Obat

    ACEH UTARA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) yang tergabung dalam kelompok 68 di Desa Blang Ado Kecamatan Kuta Makmur Kabupaten Aceh Utara, melakukan kegiatan perc

  • Sabtu, 07/09/2019 22:38 WIB

    Dorong Gerakan Menabung, Mahasiswa KKN Unimal Buat Celengan dari Kertas Bekas

    ACEH UTARA - Ragam kreativitas dibuat mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sepertinya halnya kelompok 69 yang menempati Desa Blang Gurah Kecamatan K

  • Kamis, 05/09/2019 21:03 WIB

    Mahasiswa Unimal Ajari Cara Membuat Alat Pembersih Sisik Ikan di Lokasi KKN

    ACEH UTARA - Salah satu cara bentuk pengabdian yang dilakukan mahasiswa dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu program pemberdayaan ekonomi warga.Mahasiswa Kelompok 52 KKN Universitas Maliku

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir