Kabut Asap Kini Selimuti Seluruh Daerah di Aceh

Oleh: Redaksi
Selasa, 24/09/2019 05:14 WIB
Foto: detik.com

BANDA ACEH - Seluruh daerah di Provinsi Aceh hari ini diselimuti kabut asap kiriman dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah di Sumatera. Kabut asap di Tanah Rencong mulai tampak sejak pagi tadi.

Langit Kota Banda Aceh hari ini tampak diselimuti kabut asap. Suasana terlihat seperti mendung. Kabut asap yang terjadi di ibu kota Provinsi Aceh masih tipis.

"Beberapa hari yang lalu kabut asap membungkus Aceh hanya beberapa kabupaten/kota saja. Namun pagi ini kabut yang kita perkirakan merupakan kabut asap telah menyelimuti seluruh Provinsi Aceh, termasuk Banda Aceh dan Aceh Besar," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Zakaria Ahmad kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Menurut Zakaria, berdasarkan data sebaran asap yang dirilis BMKG Pusat hari ini tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh. Hal itu, jelasnya, karena ada kemungkinan kelemahan satelit.

"Di mana satelit tidak dapat memantau asap bila tertutup awan dan seperti kita tahu sekarang Aceh sedang banyaknya tumbuh awan hujan, maka wajar bila kita lihat dari peta sebaran asap tidak terdeteksi adanya paparan asap di Provinsi Aceh," jelas Zakaria.

BMKG Aceh, jelasnya, memastikan kabut di Aceh hari ini merupakan kabut asap. Jika dilihat dengan mata, tampak berwarna kuning ke merah-merahan dan langit juga tampak berwarna putih abu-abu relatif rata. Sedangkan jika langit ditutupi awan akan terlihat gumpalan-gumpalan.

"Untuk asal kabut asap kami memperkirakan masih merupakan asap kiriman dari musibah kebakaran hutan dan lahan beberapa provinsi lain di Sumatera," ungkapnya.

Menurut Zakaria, kabut asap awalnya menyelimuti sebagian Aceh sejak Minggu (22/9) siang kemarin. Jarak pandang di beberapa wilayah saat itu berkisar 3-4 kilometer.

Zakaria mengimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, khususnya untuk daerah yang kabut asapnya tebal. 

Sumber: detik.com

Tag:aceh dilanda kabut asapkabut asapkebakaran hutan riau
Berita Terkait
  • Selasa, 24/09/2019 23:12 WIB

    Kabut Asap Masih Ganggu Penerbangan di Bandara Rembele

    BENER MERIAH - Kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menyelimuti wilayah Kabupaten Bener Meriah, bahkan menyebabkan pembatalan aktivitas penerbangan di Bandara Rembele.

  • Senin, 23/09/2019 14:38 WIB

    Dampak Kabut Asap, Nelayan Sabang Tak Tahu Arah Pulang

    SABANG - Seorang nelayan di Sabang dikabarkan tidak bisa pulang dari melaut karena kabut asap. Tim pencarian saat ini dikerahkan mencari nelayan itu. "Sehubungan dengan laporan Panglima Laot Kota S

  • Minggu, 08/09/2019 15:10 WIB

    Kabut Asap dari Riau Mulai Ganggu Penerbangan di Aceh

    ACEH UTARA - Kabut asap kiriman dari Riau menyelimuti sebagian wilayah di Provinsi Aceh. Akibatnya, aktivitas penerbangan cukup terganggu karena jarak pandang yang pendek.Menurut Prakirawan Badan Mete

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir