• Home
  • Peristiwa
  • KIP Aceh Ambil Alih Tugas Komisioner di Tiga Kabupaten

KIP Aceh Ambil Alih Tugas Komisioner di Tiga Kabupaten

Oleh: Redaksi
Rabu, 16/01/2019 22:50 WIB
Dibaca: 136 kali
Foto: google.com

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengambil alih tugas komisioner di tiga KIP kabupaten di provinsi itu menyusul masih terjadinya kekosongan keanggotaan lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut.

"Kami harus mengambil alih tugas komisioner KIP di tiga kabupaten karena kekosongan keanggotaan. Ambil alih tersebut merupakan perintah undang-undang," kata Komisioner KIP Aceh Tgk Akmal Abzal di Banda Aceh, Rabu (16/1/2019).

Tugas komisioner di tiga KIP kabupaten/kota yang diambil alih tersebut yakni KIP Kabupaten Simeulue, KIP Aceh Selatan, dan KIP Aceh Tenggara.

Pengambilalihan tugas komisioner KIP kabupaten tersebut sudah dilakukan sejak Agustus 2018. Sementara, pemungutan suara pemilihan umum legislatif maupun pemilihan presiden tinggal tiga bulan lagi.

Tgk Akmal Abzal menyebutkan, kekosongan komisioner KIP Kabupaten Simeulue terjadi karena hingga kini bupatinya belum melantik anggota lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut yang sudah ditetapkan berdasarkan surat keputusan KPU RI.

"Sedangkan permasalahan di KIP Kabupaten Aceh Selatan, KPU belum mengeluarkan SK karena ada masukan dari masyarakat terkait ada calon terpilih diduga terlibat partai politik," ujar dia.

Begitu juga dengan KIP Kabupaten Aceh Tenggara, belum dilantik karena ada gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara terkait penetapan komisioner atau anggota terpilih.

Ia mengatakan, persoalan kekosongan komisioner KIP kabupaten/kota tersebut harus dituntaskan. Sebab, pemungutan pemilu legislatif yang dilaksanakan serentak dengan pemilihan presiden kurang tiga bulan lagi.

Dengan ambil alih tugas ini, lanjut dia, memberatkan tugas komisioner KIP Aceh. Sebab, selain menyelesaikan tugas sebagai penyelenggara pemilu di tingkat provinsi, juga mengerjakan tugas-tugas komisioner KIP kabupaten/kota.

"Kalau dikatakan berat, tentu tugas rangkap tersebut memberatkan kami. Namun, kami tidak bisa menolak tugas ganda tersebut karena merupakan perintah undang-undang. Kami berharap persoalan ini segera tuntas, mengingat pemilu tinggal menghitung hari," pungkas Tgk Akmal Abzal.

Sumber: Antara

Tag:KIP Acehkip aceh selatankip aceh tenggarakip simeulue
Berita Terkait
  • Kamis, 15/11/2018 09:12 WIB

    Pemilih di Aceh bertambah 74 ribu

    BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan Aceh menyatakan jumlah pemilih tetap Pemilu 2019 di provinsi itu bertambah sebanyak 74 ribu orang. "Berdasarkan hasil rapat pleno daftar pemilih tetap hasil

  • Selasa, 10/07/2018 23:50 WIB

    Pelantikan Komisioner KIP Aceh Terkendala Regulasi

    BANDA ACEH - Sekretaris Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Darmansyah menyatakan pelantikan komisioner KIP Aceh masih terkendala regulasi. "Pelantikan masih terkendala regulasi. Kendala ini sud

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir