• Home
  • Peristiwa
  • Jalur Lintas Pidie-Aceh Barat Lumpuh Akibat Longsor

Jalur Lintas Pidie-Aceh Barat Lumpuh Akibat Longsor

Oleh: Redaksi
Minggu, 17/02/2019 19:03 WIB
Dibaca: 101 kali
Foto: ilustrasi/google.com

PIDIE -  Jalur lintas yang menghubungkan dua kabupaten di Aceh, yakni Pidie-Meulaboh, Aceh Barat, lumpuh karena belum bisa dilalui kendaraan bermotor akibat tertimbun longsor hingga menutupi badan jalan, Sabtu (16/2/2019) malam.

"Longsor telah menimbun badan jalan lintas Pidie-Meulaboh. Tepatnya di ruas Jalan Geumpang-Tutut Kilometer 14 di Geumpang, Pidie," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Ahad (17/2/2019).

Ia mengatakan, menurut informasi yang dirilis oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie menyebut, longsor menimbun badan jalan karena terjadi hujan deras.

BPBD setempat terus melakukan komunikasi dengan unsur perangkat gampong atau desa terkait perkembangan dan upaya penanganan di lokasi kejadian.

Dilaporkan, beberapa kendaraan terutama roda empat terpaksa berhenti di titik longsor atau memutar arah balik dengan mencari jalur alternatif lain agar sampai tujuan.

"BPBD Pidie sedang menuju ke lokasi, dan mengupayakan alat berat guna melakukan pembersihan material longsor di badan jalan," katanya.

Ia menerangkan, hingga kini dampak yang ditimbulkan dari bencana tanah longsor ini masih dalam pendataan petugas di lapangan terutama perangkat gampong.

"Karena alat berat belum tiba, masyarakat berinisiatif bergotong royong melakukan pembersihan material longsor di lokasi," terang Dadek.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh pekan lalu menyatakan, dewasa ini cuaca buruk akibat hujan yang tinggi mulai berkurang baik intensitas maupun kualitas yang terjadi di provinsi itu.

"Memasuki Januari 2018, banjir dan tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi telah berkurang," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blangbintang, Aceh, Zakaria Ahmad.

Tag:Aceh Baratjalan lonsorlintas gempangPidie
Berita Terkait
  • Sabtu, 13/07/2019 11:26 WIB

    Aceh Barat-Aceh Tengah Bangun Jalan Tembus Sejauh 60 Km

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Tengah memastikan akan membangun jalan lintas kabupaten sejauh 60 kilometer yang akan menghubungkan kedua daerah pada tahun 2020 mendatang untuk

  • Senin, 08/07/2019 21:20 WIB

    Anggaran Kurang, RSUD Meulaboh RSUD Berhentikan Belasan Dokter Umum

    ACEH BARAT - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat memberhentikan belasan tenaga dokter umum yang selama ini bekerja di sejumlah bidang pelayanan kesehatan pa

  • Minggu, 07/07/2019 20:54 WIB

    10 Kerbau di Aceh Barat Mati Mendadak

    ACEH BARAT - 10 ekor kerbau yang berada di Aceh Barat mati mendadak. Warga setempat menduga kerbau ini terjangkit penyakit ngorok atau disebut terjangkit penyakit septicaemia epizootica (SE). "Kami

  • Sabtu, 06/07/2019 20:47 WIB

    Pemkab Pidie Diminta Tak Lindungi Oknum Pemalsu Stempel Gubernur

    PIDIE - Pemerintah Kabupaten Pidie diminta menyampaikan hasil investigasi internal kepada publik, serta tidak berupaya melindungi oknum pelaku pemalsuan stempel Gubenur Aceh. ”Menyangkut penggu

  • Jumat, 05/07/2019 17:51 WIB

    Terkait Proyek, PN Sigli Hukum Mantan Kadisparbudpora Pidie

    PIDIE - Pengadilan Negeri Sigli mengabulkan gugatan CV. Aleng Jaya terhadap Bupati Pidie c/q Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pidie terkait tindakan Drs Arifin, mantan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir