• Home
  • PERISTIWA
  • Jalan Utama Menuju Tugu Nol Kilometer Tertimbun Longsor

Jalan Utama Menuju Tugu Nol Kilometer Tertimbun Longsor

Oleh: Redaksi
Minggu, 03/12/2017 13:51 WIB
Dibaca: 32 kali
Sebuah mobil melintasi jalan Cot Murong yang separuh badan jalannya ditutupi longsor menuju kawasan wisata Pantai Gapang, Iboih serta Tugu Kilometer Nol Indonesia.(Foto: antaranews.com)

SABANG - Ruas jalan Tanjakan Cot Murong menuju lokasi wisata Pantai Gapang, Iboih, serta Tugu Kilimoter Nol Indonesia tertimbun longsor akibat guyuran hujan deras selama sepekan terakhir.

Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Kepolisian, serta TNI dan masyarakat pengguna jalan itu membersihkan batu-batuan maupun tanah longsor yang menutupi badan jalan tersebut, Minggu (03/12/2017).

"Ada terjadi longor di Tanjakan Cot Murong dan sekarang petugas sedang membersihkan longsor itu dari badan jalan agar bisa segera dilintasi," kata Kepala BPBD Sabang Irfani di Sabang.

Irfani mengingatkan pengguna jalan menuju ke kawasan wisata Pantai Gapang, Iboih, serta tugu Kilometer Nol agar meningkatkan kewaspadaan saat melintas jalan Tanjakan Cot Murong Gampong (desa) Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Provinsi Aceh.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Mereorologi Cot Ba U, Maimun Saleh, Kota Sabang Siswanto juga sudah mengingatkan warga untuk mewaspadai longsor akibat guyuran hujan yang terus melanda daerah itu.

"Dampak dari curah hujan secara terus-menerus perlu diwaspadai longsor karena resapan air mengalami kejenuhan," katanya.

Siswanto juga menambahkan, sebagai instansi pemerintah, pihaknya memiliki tanggung jawab dalam pengamatan unsur cuaca, untuk itu BMKG akan terus memberikan layanan informasi kepada masyarakat luas.

Badan Lingkungan Hidup Kota Sabang mencatat, sejak 2000 sampai dengan 2017 sudah 15 kali lebih longsor terjadi di Jalan Tanjakan Ujong Murong menuju kawasan wisata Pantai Gapang, Iboih, serta Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Tanjakan Ujong Morong tersebut merupakan kawasan labil struktur geologi karena daerah itu adalah kawasan hutan tropis tingkat kelembaban pada tofografi 45 persen dengan ketinggian rata-rata 500 meter dari permukaan laut.

"Di bawah jalan tanjakan Ujong Murong perbukitan terdapat sesar gunung berapi (Jaboi) yang memiliki sulfatara apabila diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat di bawah terjadi tekanan dan di atas pun ada tekanan yang tinggi sehingga menyebabkan longsor," jelas mantan Sekretaris BLH Kota Sabang Amirza.

Menurutnya, pemerintah daerah sudah berulang kali membuat dam talut di lokasi longsor tersebut dan itu bukanlah solusi yang tepat.

Untuk itu, BLH Kota Sabang pernah mengusulkan pengalihan jalur untuk dapat menghindari jatuhnya korban.

"Solusinya jalan itu harus segera diubah trase lewat pesisir dengan topografi 15 persen dari permukaan laut untuk menghindari longsor," kata Amirza.

Sumber: antaranews.com

T#g:LongsorSabang
Berita Terkait
  • Minggu, 10/12/2017 13:11 WIB

    Udara, Air, dan Darat Menuju Sabang

    SABANG - "Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau. Sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia." Sepotong lagu nasional berjudul 'Dari Sabang Sampai Merauke' cipt

  • Rabu, 06/12/2017 22:29 WIB

    Tagar "#PenutupanSailSabang" Tandai Berakhirnya Sail Sabang 2017

    SABANG - Sebanyak 8 anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Aceh hadir dan aktif mencuit di linimasa Twitter setiap rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017 yang dilaksanakan sejak 28 November - 5 Des

  • Senin, 04/12/2017 21:31 WIB

    TNI AL Berikan Layanan Kesehatan kepada 2.886 Masyarakat Pulau Weh

    SABANG - Satuan tugas (Satgas) operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 TNI AL memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat Pulau Weh, Sabang, Senin (4/12/2017). Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr So

  • Minggu, 03/12/2017 17:38 WIB

    Imbas Sail Sabang, Wisata Selam di Aceh Makin Cool

    SABANG - Sabang Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 ikut berimbas ke wisata selamnya, amornya makin ngehits. Bahkan menjadi salah satu itinerary wajib para wisatawan saat traveling. Spot-spot snorklin

  • Minggu, 03/12/2017 02:11 WIB

    Hujan dan Angin, 6 pesawat Jupiter Aerobatic Gagal Tampil di Sail Sabang

    SABANG - Kondisi cuaca di sekitaran lokasi Sail Sabang, hujan dan angin kencang sejak tadi subuh. Akibatnya enam pesawat Jupiter Aerobatik Team (JAT) gagal bermanuver di hadapan Wakil Presiden Jusu

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir