• Home
  • Peristiwa
  • Gelombang Pasang Hantam Permukiman Warga Aceh Barat

Gelombang Pasang Hantam Permukiman Warga Aceh Barat

Oleh: Redaksi
Jumat, 03/05/2019 23:57 WIB
Dibaca: 66 kali
Foto: Antara

ACEH BARAT - Gelombang pasang menghantam permukiman warga Desa Suk Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, namun belum ada warga setempat yang meninggalkan rumah` untuk mengungsi.

"Abrasi pantai mulai terjadi beberapa hari dan hari ini sampai malam seperti puncaknya sehingga air laut tumpah sampai ke permukiman dan rumah - rumah warga," kata warga setempat Hardi, di Meulaboh, Jumat (3/5/2019) malam.

Gelombang tinggi menghempas pantai hingga sampai ke permukiman dan air laut ke badan jalan menyeret pasir, pengaman pantai terbuat dari karung semuanya telah tenggelam di bawah tumpukan pasir yang diseret gelombang.

Selain itu, Jalan Diponorogo penghubung antar Desa Suak Indra Puri dan Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, terjari banjir pasang air laut (rob) sehingga tertimbun pasir membuat akses jalan sangat sulit dilewati kendaraan.

Kata warga setempat, gelombang pasang tersebut akibat peralihan angin timur ke barat daya, fenomena alam ini kerap terjadi setiap diakhir puncak pergantian angin, dampaknya gelombang tinggi menghempas hingga sampai ke rumah warga.

"Fenomena tersebut selalu terjadi disetiap puncak pengantian musim angin. Tanggul pengaman sudah banyak dibangun, tapi habis semua disapu gelombang," ungkap Heru, warga lainnya di temui di jalan nasional.

Kawasan setempat merupakan daerah paling dekat dengan pantai, saat tsunami 2004 sudah rata dan hanya sebagian kecil warga yang kembali tinggal di kawasan pesisir setempat, sebagian lainnya tinggal di perumahan relokasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat telah turun melakukan pendataan dan memantau perkembangan mencegah dampak lebih buruk dari bencana abrasi pantai setempat.

"Itu fenomena gelonbang pasang yang mengakibatkan terkikisnya tanggul buatan dari pasir sepanjang 40 meter sebagai penahanan ombak. Airnya pasang sudah sampai ke badan Jalan Diponogoro," kata Sekretaris BPBD Aceh Barat, Darmawan.

Pihaknya secara managerial telah diperintahkan untuk melakukan penangganan dan melaporkan secara berkala dampak dari peristiwa itu, belum ada pengungsi mau pun korban jiwa.

Sumber: Antara

Tag:Aceh Baratgelombang pasang
Berita Terkait
  • Sabtu, 13/07/2019 11:26 WIB

    Aceh Barat-Aceh Tengah Bangun Jalan Tembus Sejauh 60 Km

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Tengah memastikan akan membangun jalan lintas kabupaten sejauh 60 kilometer yang akan menghubungkan kedua daerah pada tahun 2020 mendatang untuk

  • Senin, 08/07/2019 21:20 WIB

    Anggaran Kurang, RSUD Meulaboh RSUD Berhentikan Belasan Dokter Umum

    ACEH BARAT - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat memberhentikan belasan tenaga dokter umum yang selama ini bekerja di sejumlah bidang pelayanan kesehatan pa

  • Minggu, 07/07/2019 20:54 WIB

    10 Kerbau di Aceh Barat Mati Mendadak

    ACEH BARAT - 10 ekor kerbau yang berada di Aceh Barat mati mendadak. Warga setempat menduga kerbau ini terjangkit penyakit ngorok atau disebut terjangkit penyakit septicaemia epizootica (SE). "Kami

  • Rabu, 15/05/2019 15:37 WIB

    Warga Aceh Barat Ditemukan Meninggal di Laut

    ACEH BARAT - Masyarakat Desa Suak Timah, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, sempat heboh dengan adanya peristiwa penemuan mayat seorang pria yang telah mengapung di laut kawasan pantai desa set

  • Rabu, 15/05/2019 10:33 WIB

    Kantor DPW Partai Aceh di Aceh Barat disegel dan diobrak-abrik kader

    ACEH BARAT -  Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Selasa (14/5/2019) malam diobrak-abrik dan disegel oleh sejumlah pria yang diduga sebagai kader

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir