• Home
  • PERISTIWA
  • Ditpolair Polda Aceh Tangkap Kapal Malaysia di Perairan Langsa

Ditpolair Polda Aceh Tangkap Kapal Malaysia di Perairan Langsa

Oleh: Redaksi
Selasa, 28/02/2017 13:39 WIB
Dibaca: 188 kali
Foto: okezone.com

BANDA ACEH - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Aceh bekerja sama dengan Mabes Polri menangkap satu unit kapal nelayan berbendera Malaysia beserta nakhoda dan anak buah kapal warga negara Thailand dan Kamboja di perairan Langsa di provinsi itu.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan didampingi Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Aceh AKBP Sukamat mengatakan kapal nelayan berbendera Malaysia itu ditangkap Sabtu 25 Februari 2017 sekira pukul 08.00 WIB.

"Awalnya, kapal Mabes Polri sedang patroli di perairan Langsa. Petugas patroli melihat dan mencurigai sebuah kapal kayu yang menjaring ikan," ungkap AKBP Sukamat, Selasa (28/2/2017).

Lalu, kapal KP Bittern 3016 Ditpolair Baharkam Polri mendekati kapal tersebut. Namun, kapal itu sempat kabur dan dikejar hingga akhirnya berhasil ditangkap.

Setelah ditangkap, kapal diketahui bernama KM PKFB1488. Kapal dengan bobot 64,99 GT tersebut berbendera Malaysia. Setelah diperiksa, kapal tersebut tidak memiliki izin menangkap ikan di perairan Indonesia.

"Kapal ditangkap di sekitar 50 mil dari daratan Pantai Kuala Langsa, Aceh. Titik kapal masih dalam wilayah Indonesia. Kemudian, kapal Malaysia tersebut digiring ke Dermaga Polair Polres Langsa guna penyidikan lebih lanjut," kata dia.

Bersama kapal turut ditangkap nakhoda bernama Sakon, 53 tahun, warga negara Thailand. Serta tiga anak buah kapal yakni Phansari, 68, warga negara Thailand, Penh, 37 tahun, warga negara Kamboja, dan Phearin, 35 tahun, yang juga warga negara Kamboja.

Selain itu, polisi perairan juga menyita barang bukti dokumen kapal, empat paspor, jaring pukat tunda, ikan campuran kurang lebih 45 ton, alat GPS, serta radio marines kompas.

Selanjutnya, polisi melimpahkan perkara penangkapan kapal dan nelayan asing kepada penyidik PPNS Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pos di Perwakilan Belawan.

"Modus operandinya, nelayan asing ini menangkap ikan di perairan Indonesia menggunakan jaring pukat tunda. Perbuatan mereka melanggar Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan," tandasnya.

Sumber: okezone.com

T#g:Ditpolair Polda AcehKapal MalaysiaLangsaPelabuhan LangsaPerairan Langsa
Berita Terkait
  • Kamis, 03/08/2017 19:01 WIB

    Bea Cukai Aceh Hibahkan 12 Ton Bawang untuk Masyarakat Langsa

    LANGSA - Bea Cukai Aceh kembali menghibahkan 20 ton bawang ilegal sitaan hasil penindakan pelanggaran kepabeanan kepada masyarakat, pada Rabu 2 Agustus 2017. Sebelumnya pada Juni lalu Bea Cukai Ace

  • Senin, 31/07/2017 14:52 WIB

    5 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Maut di Langsa

    LANGSA - Tabrakan maut antara mobil penumpang Mitsubishi L300 dan mobil barang Daihatsu Gran Max terjadi di Jalan Medan-Banda, tepatnya di Kota Langsa. Akibatnya, lima orang meninggal dunia dan dua

  • Rabu, 07/06/2017 23:05 WIB

    Gelapkan 7 Mobil Rental, Seorang Pegawai Honorer di Langsa Ditangkap

    BANDA ACEH - Polisi menangkap seorang karyawan honorer yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan 7 unit mobil rental. Selain itu, polisi masih memburu 1 orang lagi dan telah dimasukkan ke dala

  • Kamis, 16/03/2017 12:37 WIB

    Sudah Tiga Kali Masuk Penjara, Nenek ER Nggak Kapok Jual Ganja

    LANGSA - Seorang nenek di Kota Langsa, Provinsi Aceh, berinisial ER (52), sepertinya tak pernah kapok keluar masuk penjara. Meski sudah tiga kali dipenjara karena menjual ganja, nenek ER kembali di

  • Jumat, 02/12/2016 15:45 WIB

    Polres Langsa Aceh Bekuk Jaringan Curanmor

    LANGSA - Aparat Satuan Reskrim Polres Langsa membekuk dua anggota jaringan sindikat pencurian sepeda motor yang kerap beraksi di Kota Langsa. Kedua pelaku tersebut RS dan MS dibekuk dari dua lokasi

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir