• Home
  • Peristiwa
  • Dirlantas Polda Aceh: Belum Ada Angkutan Umum dan Pribadi Disuruh Balik Arah

Dirlantas Polda Aceh: Belum Ada Angkutan Umum dan Pribadi Disuruh Balik Arah

Oleh: Redaksi
Jumat, 01/05/2020 15:46 WIB
Dibaca: 50 kali
Foto: Dok. WartaAceh.com

BANDA ACEH - Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan hingga kini belum ada larangan angkutan umum, baik barang maupun penumpang, serta kendaraan pribadi, masuk ke wilayah Aceh.

"Sampai sekarang belum ada angkutan umum maupun kendaraan pribadi yang hendak masuk wilayah Provinsi Aceh disuruh balik arah," kata Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Kamis (30/4/2020).

Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan hingga kini Aceh belum menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB pencegahan penyebaran COVID-19. Karena itu, angkutan umum maupun kendaraan pribadi diperkenankan melanjutkan perjalanan ke Aceh.

Mantan Kapolres Aceh Tengah itu menyebutkan Aceh sangat tergantung dengan Provinsi Sumatera Utara. Hampir sebagian besar barang maupun kebutuhan pokok masyarakat Aceh dipasok dari Sumatera Utara.

Selain itu, banyak warga Aceh melakukan kegiatan bisnis ke Sumatera Utara, sehingga mereka bolak-balik keluar masuk Aceh. Jika perjalanan mereka dihambat tentu berdampak kepada perekonomian masyarakat.

"Kendati angkutan umum maupun kendaraan pribadi diperbolehkan lanjut masuk Aceh, tetapi mereka harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19," sebut Kombes Pol Dicky Sondani.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan itu menyebutkan setiap orang yang masuk wilayah Aceh diharuskan menjalani pemeriksaan COVID-19. Pemeriksaan dilakukan di pos-pos perbatasan.

"Jika ada yang suhu badannya melebihi batas toleransi, maka dicegah masuk Aceh. Yang bersangkutan harus menjalani karantina dua minggu. Di perbatasan juga di siapkan tempat karantina," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Terkait pemeriksaan di pos perbatasan yang tersebar di empat titik, yakni di Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Kota Subulussalam, dan Aceh Singkil, kata Kombes Pol Dicky Sondani, hingga kini belum ada ditemukan positif COVID-19.

Menyangkut angkutan umum maupun kendaraan pribadi dalam provinsi, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan juga tidak ada larangan. Misalnya ada warga dari Aceh Besar pergi Sigli, Kabupaten Pidie, diperbolehkan.

"Yang kita proteksi adalah mereka dari luar Aceh. Sebenarnya, Aceh ini steril, tetapi karena ada orang dari luar membawa virus, akhirnya menyebar di Aceh," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Sumber: Antara

Tag:angkutan umumdirlantas polda acehvirus corona
Berita Terkait
  • Kamis, 21/05/2020 14:24 WIB

    Masjid Baiturrahman Gelar Salat Id dengan Protokol Kesehatan

    BANDA ACEH - Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh tetap melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah. Pemerintah Aceh meminta jemaah menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona

  • Kamis, 21/05/2020 10:20 WIB

    Dilarang Mudik, ASN Aceh Absen Online via Video Call 2 Kali Sehari saat Lebaran

    BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh melarang mudik Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Kontrak (TK) demi mencegah penyebaran virus Corona. Pemantauan keberadaan mereka akan dilakukan atasan lew

  • Senin, 18/05/2020 19:12 WIB

    Lebaran di Aceh, Angkutan Antar Provinsi Ditiadakan

    BANDA ACEH - Organisasi Angkutan Darat (Organda) Aceh menyebutkan angkutan penumpang Lebaran antarprovinsi yang biasanya setiap tahun dilaksanakan ditiadakan tahun ini karena pandemi COVID-19. Ketu

  • Sabtu, 16/05/2020 19:20 WIB

    Perangkat Gampong Diminta Laksanakan Instruksi Menteri Desa Dalam Penyaluran BLT

    BANDA ACEH - Lembaga Gerakan Titipan Rakyat (Getar) Aceh meminta semua perangkat gampong agar menindaklanjuti Instruksi Menteri Desa agar segera percepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (B

  • Jumat, 15/05/2020 18:04 WIB

    Wow, Rekor Aceh 9 Hari Berturut-turut Nihil Kasus Corona

    JAKARTA - Pemerintah terus melakukan pembaruan data kasus Corona di seluruh Indonesia. Kabar baiknya, dalam sepekan ke belakang, Provinsi Aceh memegang rekor dengan catatan sembilan hari berturut-turu

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir