Delapan Titik Panas Masih Muncul di Aceh

Oleh: Redaksi
Rabu, 25/07/2018 15:24 WIB
Dibaca: 492 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, menyebutkan delapan titik panas terdeteksi oleh satelit bertahan di provinsi paling Barat di Indonesia.

"Pagi ini, sama seperti kemarin (Selasa, 24/7/2018) sore. Ada delapan titik panas di Aceh," ucap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Rabu (25/7/2018). 

Kedelapan titik panas tersebut, lanjutnya, terdeteksi dengan menggunakan sensor modis melalui ketiga satelit, yakni Terra, Aqua, dan Suomi NPP yang tersebar di empat kabupaten/kota. 

Tapi, terjadi peningkatan untuk tingkat kepercayaan dua titik panas dari 64 persen kemarin sore, menjadi 67 persen di Kecamatan Danau Paris, dan satu titik di Kecamatan Singkil Utara dari total tiga titik panas diantaranya di Aceh Singkil. 

Lalu tiga titik panas terdapat di Aceh Besar dengan persentase tingkat kepercayaan yang sama kemarin sore, yakni dua titik di Kecamatan Seulimun 40 persen, dan satu titik di Kecamatan Indrapuri 67 persen. 

Sisanya dua titik panas lagi, satu titik di Kabupaten Gayo Lues terdeteksi berada di Kecamatan Rikit Gaib memiliki tingkat kepercayaan 58 persen, dan Kota Subulussalam terpantau di Kecamatan Sultan Daulat 61 persen. 

"Semua titik panas di Aceh ini, belum menunjukan persentase tingkat kepercayaan yang patut di duga. Tapi, paling tinggi tingkat kepercayaan 67 persen sekarang bertambah menjadi tiga titik, dari sebelumnya cuma satu titik," tegasnya. 

Presiden Joko Widodo telah mengingatkan para pimpinan di daerah terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang saat ini meningkat di sejumlah daerah di Indonesia. 

"Saya ingatkan kembali bahwa kejadian kebakaran seperti yang lalu-lalu harus sudah stop," kata Presiden Jokowi. 

Presiden menyebutkan sudah memerintahkan Menkopolhukam Wiranto untuk mengundang Pangdam, Kapolda, Danrem, Kapolres, Dandim dan kepala daerah untuk diingatkan kembali mengenai ancaman karhutla. 

"Ya ini secepat-cepatnya saya sudah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengundang Pangdam, Kapolda, Danrem, Kapolres, Dandim dan kepala daerah untuk saya ingatkan kembali bahwa kejadian kebakaran seperti yang lalu-lalu harus sudah stop," kata Jokowi.

Sumber: Antara

Tag:BMKGCuacatitik panas
Berita Terkait
  • Senin, 28/10/2019 23:16 WIB

    Puncak Musim Hujan di Aceh Berlangsung Hingga Desember 2019

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh menyebutkan puncak musim hujan yang sedang berlangsung saat ini akan berakhir hingga bulan Desember

  • Jumat, 28/06/2019 22:59 WIB

    BMKG ingatkan waspadai hujan batu es di Aceh

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi hujan batu es yang merupakan dampak dari cuaca ekstrem yang dalam dua pekan terakhir m

  • Selasa, 25/06/2019 15:40 WIB

    Cuaca Buruk, Seluruh Pelayaran Banda Aceh-Sabang Dihentikan

    BANDA ACEH - Pelayaran dari Banda Aceh menuju Sabang dan sebaliknya dihentikan sementara akibat ombak tinggi dan angin kencang. Kapal kembali berlayar besok pagi. "Seluruh pelayaran hari ini kita h

  • Senin, 24/06/2019 20:40 WIB

    Angin Kencang Melanda Aceh, Kecepatan 80 km/Jam

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan, kecepatan angin kencang melanda yang sejumlah wilayah di Provinsi Aceh mencapai 80 kilometer per jam. "Kecepatan

  • Kamis, 23/05/2019 20:47 WIB

    Aceh Berpotensi Angin Disertai Hujan Petir Hingga Akhir Mei

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini bahwa daerah itu berpotensi angin kencang disertai hujan ringan dan petir yang akan terjadi di sejum

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir