• Home
  • PERISTIWA
  • Butuh Pengawalan Polisi untuk Bawa Uang Banyak? Gratis!

Butuh Pengawalan Polisi untuk Bawa Uang Banyak? Gratis!

Oleh: Redaksi
Minggu, 11/06/2017 19:10 WIB
Dibaca: 117 kali
Foto: ilustrasi/google.com

JAKARTA - Mabes Polri mengimbau masyarakat yang hendak mengambil dan membawa uang dalam jumlah besar untuk minta bantuan kepolisian. Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pengawalan dari kepolisian merupakan bagian dari pelayanan masyarakat yang sifatnya gratis.

Imbauan itu menyusul peristiwa perampokan di SPBU Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (9/6/2017). Korban perampokan adalah Davidson Tantono (30) yang tewas akibat ditembak oleh komplotan rampok.

"Kalau mau ambil duit (banyak) datang ke polsek terdekat. Minta pengamanan. Gratis," kata Setyo di kantornya, Minggu (11/7/2017).

Mengenai jumlah personel yang akan dikerahkan untuk pengawasalan, kata Setyo, hal itu tergantung pada jumlah uang yang akan diambil nasabah. Polisi pun pasti bisa menganalisisnya.

Setyo menegaskan, tak ada batasan minimal jumlah uang yang diambil nasabah guna mengajukan permintaan pengawalan. Sebab, selama nasabah menganggap pengambilan uang akan menarik perhatian dan berpotensi mengundang bahaya, maka hal itu akan jadi atensi polisi.

Polisi pun melakukan analisis berdasar kewajaran. Untuk nasabah yang membawa uang Rp 1 juta atau Rp 2 juta tentu tak perlu harus dikawal.

"Kalau kayak kemarin itu (Davidson Tantono, red) sampai Rp 300 juta, baru (dikawal, red). Bawa Rp 75 juta kalau merasa tidak aman minta pengawalan ke polisi. Jadi nominal sewajarnya. Kalau dia merasa bawa uang itu rawan ya dikawal," kata dia.

Setyo menegaskan, aturan itu sebenarnya sudah lama berlaku di kepolisian. Hanya saja, katanya, masyarakat enggan meminta tolong polisi lantaran takut dikenai tarif.

Karenanya Setyo menegaskan, jasa tersebut diberikan dengan cuma-cuma. "Kadang kan masyarakat malas minta tolong, nanti dimintai duit lagi. Padahal sudah dikasih tahu kalau itu gratis," tandas Setyo.

Sumber: jpnn.com

T#g:Bawa UangPengawalanPolisi
Berita Terkait
  • Kamis, 22/06/2017 07:48 WIB

    Belasan Pria Serang Kantor Kantor Satpol PP dan WH Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE - Kantor Satpol PP dan WH (Polisi Syariat) Kota Lhokseumawe dilempari dengan botol sirup oleh sejumlah pria bersebo. Akibatnya, sejumlah kaca depan kantor pecah hingga berhamburan.

  • Sabtu, 17/06/2017 10:15 WIB

    Tiap Jumat Dibulan Ramadhan, Polres Aceh Utara Rutin Berbenah Lingkungan

    ACEH UTARA - Mengisi kegiatan pada tiap Jumat di bulan ramadhan, personel jajaran Polres Aceh Utara gencar berbenah lingkungan di wilayahnya baik di masjid, pasar bahkan hingga ke pesisir pantai.

  • Kamis, 08/06/2017 14:16 WIB

    Polisi Syariah Tangkap Penjual Nasi Bungkus Siang Hari di Peunayong

    BANDA ACEH - Polisi Syariah Kota Banda Aceh menangkap WL (35), penjual nasi bungkus yang berdagang di siang hari pada bulan ramadan. WL ditangkap saat sedang melayani pelanggan berinisial MZ (28) d

  • Selasa, 06/06/2017 15:01 WIB

    Cut Mutia Kedapatan Bawa Ganja 24 Kg di Bus Sempati Star

    MEDAN - Petugas Polres Langkat menangkap seorang wanita yang diduga merupakan kurir narkoba jenis ganja di depan pos lalu lintas, Desa Kuala Begumit, Kabupaten Langkat, Selasa (6/6/2017) pagi.

  • Rabu, 17/05/2017 18:34 WIB

    Jelang Ramadan, Satpol PP Aceh Gencarkan Razia Busana Ketat

    BANDA ACEH - Menjelang bulan suci Ramadan, personel Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Aceh menggelar razia busana. Mereka yang terjaring diminta memakai kain sarung

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir