• Home
  • PERISTIWA
  • Bea Cukai Aceh Musnahkan 1.311 Pohon Kurma Selundupan

Bea Cukai Aceh Musnahkan 1.311 Pohon Kurma Selundupan

Oleh: Redaksi
Jumat, 16/06/2017 18:20 WIB
Dibaca: 187 kali
Foto: sindonews.com

MEDAN - Bea Cukai Aceh memusnahkan 1.311 pohon kurma selundupan di dermaga Bea Cukai Belawan Sumatera Utara, Kamis (15/6/2017) sore. Pohon kurma yang dimusnahkan ini, merupakan hasil sitaan dari satu kapal yang sebelumnya ditangkap di Perairan Aceh, setelah bertolak dari Thailand, sebulan lalu.

Pemusnahan 1.311 pohon kurma tersebut, dilakukan dengan cara memotong batang pohon kurma, hingga menjadi beberapa bagian, menggunakan mesin pemotong. Petugas Bea Cukai, terlebih dahulu juga membuang buah kurma, agar tidak ada satupun barang selundupan yang disalahgunakan.

Kepala Kantor Bea Cukai Aceh Rusman Hadi mengatakan, 1.311 pohon kurma ini sebelumnya disita dari kapal kayu berbendera Indonesia yang ditangkap pada awal Mei di perbatasan Perairan Aceh dan Sumatera Utara. Pohon kurma ini dibawa dari Thailand dan rencananya akan diselundupkan ke Aceh, untuk kemudian ditanam di lahan perkebunan di daerah tersebut.

“Pemusnahan sengaja dilakukan untuk memutus mata rantai penyelundupan, karena seluruh barang selundupan gagal tiba di daerah tujuan. Untuk menekan tingginya angka penyelundupan, Bea Cukai akan terus melakukan patroli, termasuk turut ikut serta dalam patroli gabungan yang dilakukan Bea Cukai se-pulau Sumatera di jalur-jalur perbatasan antara Indonesia dan sejumlah negara tetangga,” kata Rusman.

Rusman Hadi juga mengatakan, dalam kasus ini Bea Cukai telah menetapkan satu tersangka, yaitu nahkoda kapal. Tersangka, diperkirakan akan menjalani sidang dalam waktu dekat, setelah berkas perkara yang dilimpahkan ke pihak kejaksaan yang telah dinyatakan lengkap. 

Sumber: sindonews.com

T#g:Barang SeludupanBea Cukai AcehPohon Kurma
Banner Affiliate Cloudmediabiz
Berita Terkait
  • Senin, 10/07/2017 13:36 WIB

    TNI AL Sita 20 Ton Bawang dan Pohon Bonsai Selundupan Asal Thailand

    ACEH TAMIANG - TNI AL mengamankan 20 ton bawang merah dan pohon bonsai di perairan Sungai Air Asin, Desa Air Masin, Kabupaten Aceh Tamiang. Barang selundupan ini berasal dari Thailand. Kepala D

  • Senin, 19/06/2017 16:57 WIB

    Bea Cukai Aceh Hibahkan 60 Ton Bawang Hasil Penindakan

    JAKARTA - Bea Cukai Aceh menghibahkan 60 ton bawang ilegal sitaan hasil penindakan periode Mei dan Juni 2017. Hibah tersebut diberikan kepada dinas sosial di 4 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh,

  • Senin, 06/03/2017 15:02 WIB

    Dalam Dua Bulan, Bea Cukai Aceh Tindak Tiga Kapal Bawang Merah Ilegal

    MEDAN - Dalam dua bulan terakhir, Bea Cukai Aceh menindak tiga kapal yang membawa bawang merah ilegal. Terkini, Bea Cukai Aceh menindak kapal motor (KM) Baiduri yang membawa 30 Ton bawang merah asa

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir