• Home
  • Peristiwa
  • Banyak Anggota KPPS, Polri, Panwas Meninggal Dunia, Pemilu Serentak Harus Dievaluasi

Banyak Anggota KPPS, Polri, Panwas Meninggal Dunia, Pemilu Serentak Harus Dievaluasi

Oleh: Redaksi
Minggu, 21/04/2019 16:42 WIB
Dibaca: 138 kali
Foto: liputan6.com

JAKARTA - Tidak sedikit anggota KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) yang meninggal saat menjalankan tugas di TPS Pemilu 2019. Anggota Polri dan Panwas juga tidak sedikit yang meninggal dunia.

Menurut Waketum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tidak kurang dari 31 orang anggota KPPS meninggal dunia. Jumlah tersebut masih dinamis karena belum seluruhnya dilaporkan.

Data resmi Bawaslu, ada 14 anggota pengawas pemilu yang meninggal dunia. Hingga Jumat (21/4/2019), dilaporkan ada 10 anggota Polri yang bertugas mengamankan pemilu, meninggal dunia. Semua masih data sementara. Berpotensi jumlah masih akan bertambah.

"Mereka meninggal dunia saat melaksanakan tugas negara untuk mengawal hajatan nasional bangsa Indonesia yaitu pesta demokrasi Pemilu serentak 2019. Hal tersebut tentunya sangat menyedihkan kita semuanya," kata Zainut, Ahad (21/4/2019).

Untuk hal tersebut MUI menyampaikan duka yang sangat mendalam atas wafatnya mereka semuanya. Semoga almarhum husnul khatimah, diampuni dosa-dosanya dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Untuk keluarganya semoga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah, ujian dan cobaan yang sangat berat ini.

“Kepada pemerintah, MUI mengimbau kiranya bisa memberikan perhatian dan imbalan sepantasnya atas jasa dan pengorbanan mereka," ujarnya..

MUI mengusulkan kepada pemerintah dan DPR untuk mengkaji ulang serta mengevaluasi penyelenggaraan Pemilu serentak antara Pilpres, Pileg dalam waktu sehari. Bukan saja karena mengakibatkan banyaknya korban petugas KPPS yang gugur karena kelelahan, tetapi juga pertimbangan dari aspek kesiapan SDM masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Mengingat laporan dari masyarakat bahwa banyak kertas suara yang rusak atau tidak dicoblos oleh pemilih lantaran banyaknya kertas suara yang mereka diterima.

MUI kembali mengimbau kepada semua pihak untuk tetap menjaga suasana aman dan kondusif, menjauhi segala bentuk provokasi dan ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah ummat, bangsa dan negara.

"MUI mendorong dan mendukung setiap upaya dan ihktiar untuk melakukan rekonsiliasi dan ishlah nasional demi kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia. Untuk hal tersebut MUI siap menjadi mediator dan fasilitornya," pungkas Zainut. 

Sumber: jpnn.com

Tag:Pemilu 2019penyelenggara pemilupenyenggara pemilu
Berita Terkait
  • Sabtu, 31/08/2019 23:17 WIB

    Inilah 9 Partai Politik yang Lolos Parliamentary Threshold

    JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan perolehan suara partai politik pada Pemilihan Legislatif 2019 sekaligus partai politik yang lolos parliamentary threshold atau ambang bata

  • Rabu, 22/05/2019 22:06 WIB

    Koordinator Relawan Prabowo di Aceh Sebagai Tersangka

    BANDA ACEH - Kepolisian menetapkan koordinator relawan Prabowo Sandi Provinsi Aceh Don Muzakir sebagai tersangka terkait video provokasi dan ajakan massa ke Jakarta. Kapolresta Banda Aceh Kombes Po

  • Selasa, 21/05/2019 22:53 WIB

    Plt Gubernur Aceh Ucapkan Selamat ke Jokowi-Ma'ruf Amin

    BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang memenangi Pilpres. Nova mengajak semua pihak bersama-sama membangun Indones

  • Selasa, 21/05/2019 15:47 WIB

    Penyebar Hoaks Mar'ruf Amin Pakai Kostum Sinterklas Dibui 7 Bulan

    LHOKSEUMAWE - PN Lhokseumawe, Aceh menjatuhkan vonis 7 bulan penjara kepada Tgk Safwan. Ia terbukti menyebarkan hoaks Ma'ruf Amin berkostum sinterklas. Hukuman tersebut lebih ringan dari tuntutan

  • Kamis, 16/05/2019 14:18 WIB

    Perolehan Kursi Turun, Caleg Partai Aceh Dinilai Kurang Pengaruh

    BANDA ACEH - Perolehan kursi Partai Aceh di DPR Aceh (DPRA) kian merosot. Partai bentukan mantan pimpinan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini tidak mampu mencapai target mereka di Pemilu 2019. Perolehan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir