BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir di Aceh

Oleh: Redaksi
Selasa, 29/05/2018 20:40 WIB
Dibaca: 210 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir di Provinsi Aceh.

"Waspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Aceh Besar dan sekitarnya," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto, Selasa (29/5/2018). 

Sistem peringatan awal atau "early warning sistem" (EWS) Aceh merilis hujan sedang-lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Aceh Besar berpotensi meluas ke wilayah Kota Sabang, Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, dan sekitarnya diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.50 WIB. 

BMKG juga memprakirakan angin di atas perairan Sumatera bagian utara bergerak dari timur hingga barat daya dan di perairan Banda Aceh-Sabang arah angin bergerak dari selatan hingga barat daya, kecepatan angin 2-15 knot dan gelombang laut berkisar dari 0,5 hingga 2,5 meter. 

Menurut dia, bencana bisa muncul tanpa melihat objek atau mengenal siapapun. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat yang berada di kawasan bencana mampu mengenali lingkungan sebagai upaya deteksi dini. 

BMKG juga mengingatkan masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

"Berkenaan dengan prakiraan cuaca tersebut perlu diwaspadai potensi timbulnya dampak dari curah hujan yang secara terus menerus mengguyur wilayah Sabang dan sekitarnya," kata dia. 

Stasiun BMKG Kota Sabang sebagai salah satu institusi pemerintah yang memiliki tanggung jawab dalam pengamatan unsur cuaca akan selalu berusaha memberikan layanan informasi kepada masyarakat luas.

Sumber: Antara

Tag:BMKGCuaca
Berita Terkait
  • Jumat, 28/06/2019 22:59 WIB

    BMKG ingatkan waspadai hujan batu es di Aceh

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi hujan batu es yang merupakan dampak dari cuaca ekstrem yang dalam dua pekan terakhir m

  • Selasa, 25/06/2019 15:40 WIB

    Cuaca Buruk, Seluruh Pelayaran Banda Aceh-Sabang Dihentikan

    BANDA ACEH - Pelayaran dari Banda Aceh menuju Sabang dan sebaliknya dihentikan sementara akibat ombak tinggi dan angin kencang. Kapal kembali berlayar besok pagi. "Seluruh pelayaran hari ini kita h

  • Senin, 24/06/2019 20:40 WIB

    Angin Kencang Melanda Aceh, Kecepatan 80 km/Jam

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan, kecepatan angin kencang melanda yang sejumlah wilayah di Provinsi Aceh mencapai 80 kilometer per jam. "Kecepatan

  • Kamis, 23/05/2019 20:47 WIB

    Aceh Berpotensi Angin Disertai Hujan Petir Hingga Akhir Mei

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini bahwa daerah itu berpotensi angin kencang disertai hujan ringan dan petir yang akan terjadi di sejum

  • Kamis, 09/05/2019 09:50 WIB

    3 Rumah Warga dan 1 Sekolah di Bireuen Rusak Diterjang Badai

    BIREUEN - Tiga unit rumah warga, satu unit sekolah, dan satu warung kopi di dua kecamatan di Bireuen, rusak diterjang angin kencang (badai). Cuaca ekstrem itu muncul setelah intensitas hujan tinggi me

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir