BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir di Aceh

Oleh: Redaksi
Selasa, 29/05/2018 20:40 WIB
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir di Provinsi Aceh.

"Waspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Aceh Besar dan sekitarnya," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto, Selasa (29/5/2018). 

Sistem peringatan awal atau "early warning sistem" (EWS) Aceh merilis hujan sedang-lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Aceh Besar berpotensi meluas ke wilayah Kota Sabang, Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, dan sekitarnya diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.50 WIB. 

BMKG juga memprakirakan angin di atas perairan Sumatera bagian utara bergerak dari timur hingga barat daya dan di perairan Banda Aceh-Sabang arah angin bergerak dari selatan hingga barat daya, kecepatan angin 2-15 knot dan gelombang laut berkisar dari 0,5 hingga 2,5 meter. 

Menurut dia, bencana bisa muncul tanpa melihat objek atau mengenal siapapun. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat yang berada di kawasan bencana mampu mengenali lingkungan sebagai upaya deteksi dini. 

BMKG juga mengingatkan masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

"Berkenaan dengan prakiraan cuaca tersebut perlu diwaspadai potensi timbulnya dampak dari curah hujan yang secara terus menerus mengguyur wilayah Sabang dan sekitarnya," kata dia. 

Stasiun BMKG Kota Sabang sebagai salah satu institusi pemerintah yang memiliki tanggung jawab dalam pengamatan unsur cuaca akan selalu berusaha memberikan layanan informasi kepada masyarakat luas.

Sumber: Antara

Tag:BMKGCuaca
Berita Terkait
  • Minggu, 07/06/2020 15:35 WIB

    BMKG: Sesar Aktif di Aceh Perlu Diwaspadai

    JAKARTA - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan masyarakat di sekitar Kota Banda Aceh perlu mewaspadai peningkatan seismis

  • Jumat, 22/05/2020 14:09 WIB

    Sedia Payung, Hujan Ringan Turun di Aceh Saat Lebaran

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Aceh hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah atau 2020 Masehi."A

  • Selasa, 12/05/2020 20:15 WIB

    Sebagian wilayah Aceh berpotensi hujan ringan hingga sedang

    BAND ACEH - Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Aceh masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Kepala Seksi Data dan Info

  • Selasa, 12/05/2020 20:15 WIB

    Sebagian Wilayah Aceh Berpotensi Hujan Ringan Hingga Sedang

    BAND ACEH - Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Aceh masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Kepala Seksi Data dan Info

  • Senin, 28/10/2019 23:16 WIB

    Puncak Musim Hujan di Aceh Berlangsung Hingga Desember 2019

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh menyebutkan puncak musim hujan yang sedang berlangsung saat ini akan berakhir hingga bulan Desember

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir