BMKG: Waspadai Angin Kencang di Sabang

Oleh: Redaksi
Jumat, 08/06/2018 17:10 WIB
Dibaca: 34 kali
Foto: merdeka.com

SABANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pengguna jasa pelayaran maupun masyarakat nelayan di Kepulauan Sabang untuk mengwaspadai potensi angin kencang dari 8 hingga 14 Juni di perairan tersebut.

"Wilayah Sabang dan sekitarnya mengalami peningkatan kecepatan angin sejak hari ini dan akan berlangsung beberapa hari ke depan, terkait potensi cuaca yang tidak bersahabat tersebut masyarakat nelayan maupun pengguna jasa pelayaran diminta untuk waspada," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto, di Sabang, Jumat. 

Dia menjelaskan, kondisi tersebut disebabkan adanya massa udara kering yang berasal dari Samudera Hindia sebelah barat bergerak menuju wilayah utara provinsi paling ujung barat Indonesia itu. 

"Karena sifatnya yang kering, maka massa udara ini bergerak dengan kecepatan yang cukup tinggi, dimana kecepatan angin maksimum yang tercatat di Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, hingga hari ini mencapai 18 KT atau setara dengan 36 km/jam," ujarnya. 

Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh juga memperkirakan, potensi kecepatan angin dapat meningkat menjadi 10-25 KT atau serata 20-50 km/jam dan mulai terjadi sejak dini hari hingga Senin (11/6/2018).  Lebih lanjut, katanya, kondisi ini diperkirakan akan bertahan hingga, Kamis (14/6/2018). 

Selanjutnya, dampak adanya kecenderungan angin kencang di kepulauan paling ujung barat Indonesia dan sekitarnya berpengaruh terhadap kenaikan tinggi gelombang laut mencapai 2,5 meter dan diperkirakan akan mengalami peningkatan pada tanggal 9-13 Juni 2018. 

"Kami mengimbau bagi pelaku usaha pelayaran, pengguna jasa pelayaran dan nelayan agar lebih berhati-hati ketika melaut dan tidak memaksakan diri ketika cuaca sedang tidak baik," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh Siswanto.

Sumber: Antara

T#g:Angin KencangBMKGSabang
Berita Terkait
  • Rabu, 06/06/2018 14:23 WIB

    Bot Kandas Kena Karang, 2 Nelayan Banda Aceh Dievakuasi SAR Sabang

    SABANG - Tim Search and Rescue (SAR) Kota Sabang berhasil mengevakuasi sebuah boat nelayan asal Banda Aceh bersama dua anak buah kapal (ABK) tersebut disekitar Gua Ular, Kota Sabang, Selasa(6/6/2018).

  • Senin, 04/06/2018 18:19 WIB

    Sabang Dijajaki Punya Kebun Raya

    SABANG - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menjajaki peluang terwujudnya Kebun Raya, sehingga menjadi destinasi wisata yang baru di Kota Sabang. Kepala BPKS, S

  • Rabu, 30/05/2018 20:20 WIB

    India Minat Kembangkan Pelabuhan Transit Logistik di Sabang

    JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengatakan India telah mengajukan minat untuk mengembangkan pelabuhan di Sabang. Rencananya, pelabuhan akan dimanfaatkan untuk aktivitas bongkar muat dari kapal kecil

  • Rabu, 30/05/2018 18:15 WIB

    Menteri Susi Ajak Pengusaha Jepang Bangun Pelabuhan di Sabang

    TOKYO - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak pengusaha Jepang membangun pelabuhan di Sabang. Ajakan tersebut disampaikan Susi saat bertemu dengan Chairman Japanese External Trade O

  • Selasa, 29/05/2018 20:40 WIB

    BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir di Aceh

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir di Provinsi Aceh. "Wasp

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir