• Home
  • Peristiwa
  • BKSDA Aceh Giring Kawanan Gajah Liar di Pintu Rime Gayo

BKSDA Aceh Giring Kawanan Gajah Liar di Pintu Rime Gayo

Oleh: Redaksi
Senin, 11/02/2019 03:10 WIB
Dibaca: 455 kali
Foto: Antara

BENER MERIAH - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggiring kawanan gajah liar sumatera (elephas maximus sumatranus ke kawasan hutan dari pemukiman warga di Gampong (desa) Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

"Tim BKSDA Aceh terus berupaya menggiringkan kawanan gajah liar itu dari pemukiman warga," kata Kepala Conservation Response Unit (CRU) Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, Syahrul Rizal, Ahad (10/2/2019).

Menurutnya, kawanan gajah itu keseluruhan berjumlah 32 ekor dan sejak lima hari yang lalu merusak kebun warga di Gampong Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

"Gajah liar tersebut sudah berada di belakang rumah warga di Gampong Negeri Antara dan Singah Mulo. Agak sulit digiring kawanan gajah liar itu karena ada anaknya juga," ujar Syahrul.

CRU DAS Peusangan dari BKSDA Aceh membawahi wilayah Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues dan Bireuen, sebutnya akan terus mengiring kawanan gajah itu ke kawasan sungai Peusangan dan hutan lindung.

Seorang warga Gampong Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Ismail mengaku, kawanan gajah liar tersebut merusak belasan hektar kebun warga dan belum ada upaya pencengahan dari pemerintah setempat.

"Keseluruhan ada 32 ekor gajah liar dan telah merusak belasan hektar kebun warga di Gampong Negeri Antara," ujarnya.

Kawanan gajah liar sumatera itu merusak belasan hektare lahan pertanian warga meliputi, duren, pinang, pisang hingga tanaman palawija lainnya.

"Konflik gajah ini sangat merugikan petani dan kami berharap pemerintah serius menangani konflik gajah," ucap warga Gampong Negeri Antara.

Sumber: Antara

Tag:Bener MeriahGajah Liargajah sumaterapintu rime gayo
Berita Terkait
  • Senin, 25/02/2019 20:29 WIB

    Polisikan Sandiaga-Dahnil, Eks Kombatan GAM: Kami Difitnah

    BANDA ACEH - Sebelas eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Bener Meriah melaporkan cawapres Sandiaga Uno ke Mapolda Aceh. Mereka menilai pernyataan Sandiaga terkait lahan Prabowo Subianto dipakai ek

  • Senin, 25/02/2019 18:12 WIB

    11 Mantan GAM Polisikan Sandiaga dan Dahnil

    BANDA ACEH - 11 eks Kombatan GAM Bener Meriah, Aceh mempolisikan Cawapres Sandiaga Uno ke Mapolda Aceh. Mereka melaporkan terkait pernyataan Sandi yang menyebut lahan Prabowo Subianto di Aceh dipakai

  • Selasa, 19/02/2019 20:29 WIB

    Ini Penjelasan Mantan Panglima GAM Wilayah Linge tentang Lahan Pinus Milik Prabowo

    ACEH TENGAH - Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Linge Fauzan Azima membeberkan proses capres Prabowo Subianto memperoleh ribuan hektare lahan di Aceh. Proses izin menguasai hutan pinu

  • Selasa, 19/02/2019 15:34 WIB

    Gajah Kembali Obrak Abrik Tanaman Warga Krueng Sabee

    ACEH JAYA - Sejumlah gajah liar kembali mengobrak-abrik tanaman warga Desa Panggong, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (19/2/2019), sehingga mereka mengalami kerugian. Akibat dari

  • Jumat, 08/02/2019 18:07 WIB

    Bejat, Seorang Ayah di Bener Meriah Tega Cabuli Anak Sendiri

    BENER MERIAH - Seorang ayah di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, tega mencabuli anak kandungnya yang masih di bawah umur. Motifnya karena sudah tidak punya hubungan harmonis dengan istri. Tersangka berin

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir