• Home
  • Peristiwa
  • BKSDA Aceh Giring Kawanan Gajah Liar di Pintu Rime Gayo

BKSDA Aceh Giring Kawanan Gajah Liar di Pintu Rime Gayo

Oleh: Redaksi
Senin, 11/02/2019 03:10 WIB
Dibaca: 425 kali
Foto: Antara

BENER MERIAH - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggiring kawanan gajah liar sumatera (elephas maximus sumatranus ke kawasan hutan dari pemukiman warga di Gampong (desa) Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

"Tim BKSDA Aceh terus berupaya menggiringkan kawanan gajah liar itu dari pemukiman warga," kata Kepala Conservation Response Unit (CRU) Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, Syahrul Rizal, Ahad (10/2/2019).

Menurutnya, kawanan gajah itu keseluruhan berjumlah 32 ekor dan sejak lima hari yang lalu merusak kebun warga di Gampong Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

"Gajah liar tersebut sudah berada di belakang rumah warga di Gampong Negeri Antara dan Singah Mulo. Agak sulit digiring kawanan gajah liar itu karena ada anaknya juga," ujar Syahrul.

CRU DAS Peusangan dari BKSDA Aceh membawahi wilayah Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues dan Bireuen, sebutnya akan terus mengiring kawanan gajah itu ke kawasan sungai Peusangan dan hutan lindung.

Seorang warga Gampong Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Ismail mengaku, kawanan gajah liar tersebut merusak belasan hektar kebun warga dan belum ada upaya pencengahan dari pemerintah setempat.

"Keseluruhan ada 32 ekor gajah liar dan telah merusak belasan hektar kebun warga di Gampong Negeri Antara," ujarnya.

Kawanan gajah liar sumatera itu merusak belasan hektare lahan pertanian warga meliputi, duren, pinang, pisang hingga tanaman palawija lainnya.

"Konflik gajah ini sangat merugikan petani dan kami berharap pemerintah serius menangani konflik gajah," ucap warga Gampong Negeri Antara.

Sumber: Antara

Tag:Bener MeriahGajah Liargajah sumaterapintu rime gayo
Berita Terkait
  • Jumat, 08/02/2019 18:07 WIB

    Bejat, Seorang Ayah di Bener Meriah Tega Cabuli Anak Sendiri

    BENER MERIAH - Seorang ayah di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, tega mencabuli anak kandungnya yang masih di bawah umur. Motifnya karena sudah tidak punya hubungan harmonis dengan istri. Tersangka berin

  • Kamis, 07/02/2019 21:13 WIB

    Gajah Liar Masih Bertahan di Keumala

    PIDIE - Gajah liar yang sebelumnya menyerang gajah jinak dan merusak tanaman petani, hingga Rabu (6/2/2019), dilaporkan masih bertahan di Gampong Cot Sutui, Kecamatan Keumala, Kabupaten Pidie. Kapo

  • Minggu, 13/01/2019 17:01 WIB

    Kawanan Gajah Masuk Pemukiman, Warga Simpang Keuramat Takut ke Kebun

    ACEH UTARA - Petani di Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara hingga Ahad (13/1/2019) khawatir untuk pergi ke kebun. Pasalnya, kawanan gajah liar yang masuk ke pemukiman dan kebun petani mas

  • Selasa, 08/01/2019 12:03 WIB

    Delapan Orang Terluka Akibat Puting Beliung di Bener Meriah

    BENER MERIAH - Sebanyak delapan orang dilaporkan terluka akibat angin puting beliung menghantam sejumlah lapak berjualan diseputaran arena pacuan kuda di Lapangan Sengeda, Bener Meriah, Senin (7/1/201

  • Rabu, 14/11/2018 00:45 WIB

    Ada Festival Panen Kopi di Bener Meriah

    BANDA ACEH - Festival Panen Kopi Gayo siap digelar Bener Meriah dalam rangka lanjutan agenda dari Gayo Alas Mountain (GAMI) Festival 2018 yang akan mengambil lokasi di Kampung Rembele dan Seladang Cof

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir