• Home
  • Peristiwa
  • BKSDA Aceh Giring Kawanan Gajah Liar di Pintu Rime Gayo

BKSDA Aceh Giring Kawanan Gajah Liar di Pintu Rime Gayo

Oleh: Redaksi
Senin, 11/02/2019 03:10 WIB
Dibaca: 647 kali
Foto: Antara

BENER MERIAH - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggiring kawanan gajah liar sumatera (elephas maximus sumatranus ke kawasan hutan dari pemukiman warga di Gampong (desa) Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

"Tim BKSDA Aceh terus berupaya menggiringkan kawanan gajah liar itu dari pemukiman warga," kata Kepala Conservation Response Unit (CRU) Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, Syahrul Rizal, Ahad (10/2/2019).

Menurutnya, kawanan gajah itu keseluruhan berjumlah 32 ekor dan sejak lima hari yang lalu merusak kebun warga di Gampong Negeri Antara, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

"Gajah liar tersebut sudah berada di belakang rumah warga di Gampong Negeri Antara dan Singah Mulo. Agak sulit digiring kawanan gajah liar itu karena ada anaknya juga," ujar Syahrul.

CRU DAS Peusangan dari BKSDA Aceh membawahi wilayah Kabupaten Bener Meriah, Gayo Lues dan Bireuen, sebutnya akan terus mengiring kawanan gajah itu ke kawasan sungai Peusangan dan hutan lindung.

Seorang warga Gampong Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Ismail mengaku, kawanan gajah liar tersebut merusak belasan hektar kebun warga dan belum ada upaya pencengahan dari pemerintah setempat.

"Keseluruhan ada 32 ekor gajah liar dan telah merusak belasan hektar kebun warga di Gampong Negeri Antara," ujarnya.

Kawanan gajah liar sumatera itu merusak belasan hektare lahan pertanian warga meliputi, duren, pinang, pisang hingga tanaman palawija lainnya.

"Konflik gajah ini sangat merugikan petani dan kami berharap pemerintah serius menangani konflik gajah," ucap warga Gampong Negeri Antara.

Sumber: Antara

Tag:Bener MeriahGajah Liargajah sumaterapintu rime gayo
Berita Terkait
  • Sabtu, 30/05/2020 15:36 WIB

    Gara-gara BLT, Warga di Bener Meriah Rusak Kantor Desa

    BENER MERIAH - Puluhan warga di Kampung Blang Panas, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, merusak kantor desa setempat karena tak puas dengan penyaluran BLT. Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo

  • Senin, 18/05/2020 21:37 WIB

    Pasca Banjir di Bener Meriah, TNI dan Polri Salurkan Bantuan ke Dusun Bakongan

    BENER MERIAH - Jajaran Polres Bener Meriah bersama personel TNI dari Kodim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah menyalurkan bantuan Sembako kepada warga Dusun Bakongan Baru, Kampung Wih Tenang Toa, Kecamatan

  • Minggu, 19/04/2020 21:09 WIB

    Gegara Virus Corona, Penumpang di Bandara Rembele Sepi Banget

    BENER MERIAH - Arus penumpang di Bandara Rembele Bener Meriah turun dratis sejak virus corona (Covid-19) menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kepala

  • Selasa, 24/03/2020 23:38 WIB

    ODP Virus Corona di Bener Meriah Bertambah Jadi 15 Orang

    BENER MERIAH - Orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19 di Kabupaten Bener Meriah bertambah 9 orang sehingga total menjadi 15 orang.Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Be

  • Kamis, 19/03/2020 15:53 WIB

    Oknum Guru di Bener Meriah Terlibat Penipuan CPNS

    BANDA ACEH - Personel Satuan Reserse Kriminal Polresta Banda Aceh menangkap seorang guru karena diduga terlibat penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan kerugian puluhan juta rupiah. Kapol

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir