BBPOM Aceh Sita Produk Ilegal Asal Malaysia

Oleh: Redaksi
Selasa, 04/04/2017 09:45 WIB
Dibaca: 249 kali
Foto: okezone.com

BANDA ACEH - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Aceh berhasil menyita makanan tidak berizin di sejumlah wilayah di Aceh. Beberapa di antara produk yang diamankan berasal dari luar negeri.

Sejumlah produk lokal dan internasional tidak berizin disita petugas dalam operasi yang dilakukan di tiga kabupaten/ kota di Aceh, masing-masing Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie.

Kepala BBPOM, Syamsuliani menuturkan, operasi yang dilakukan POM Aceh telah berjalan sejak awal hingga akhir Maret 2017. Dari operasi tersebut, petugas menemukan ribuan produk yang tidak memiliki izin, dari barang lokal hingga internasional.

“Barang yang kita amankan ialah yang tidak memiliki izin. Ada produk-produk Malaysia yang masuk ke Aceh juga tidak berizin, sehingga langsung kita sita,” kata Syamsuliani kepada wartawan di Gedung BBPOM Aceh, Senin (3/4/2017).

Sejumlah barang tidak berizin di antaranya, kopi, permen dan teh tarik Malaysia, minuman kemasan, obat kuat hingga obat lokal penyembuh asam urat. Sementara total barang yang disita mencapai Rp25 juta lebih.

Saat menjalankan operasi, sambung Syamsuliani, pihaknya langsung melihat izin yang tertera pada produk. Ia menyebut barang yang tidak mendapatkan izin dari BBPOM, maka tidak dapat dipastikan keamanan makanan atau obat tersebut.

“Kita telah melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak seperti Bea Cukai dan polisi untuk mengungkap peredaran tersebut,” ujarnya.

Hingga triwulan pertama tahun 2017, BBPOM Aceh telah menyita obat dan makanan tidak berizin dan ilegal senilai Rp72 juta. Sementara pada 2016 lalu, total barang yang disita mencapai angka Rp1 miliar lebih.

Sumber: okezone.com

T#g:BBPOM AcehProduk Ilegal
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir