Awas Banyak Ikan di Takengon Mengandung Formalin

Oleh: Redaksi
Rabu, 23/05/2018 09:45 WIB
Dibaca: 226 kali
Foto: ilusrasi/kompas.com

ACEH TENGAH - Tim UPTD Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh menemukan sejumlah jenis ikan yang dijual pedagang di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, mengandung formalin.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Tengah, Sabilul Rasyid kepada wartawan di Takengon, Rabu mengatakan, pihaknya telah menerima hasil pengujian formalin yang dilakukan oleh Tim UPTD LPPMHP terhadap jenis ikan mengandung formalin yang dijual pedagang di Takengon.

Atas temuan tersebut, kata Sabilul Rasyid, pihaknya juga telah menyampaikan kepada pihak terkait yakni Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Tengah serta Dinas Pangan Kabupaten Aceh Tengah untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

"Tadi kita sudah rapat dengan Dinas Pangan, jadi pertama kita nanti akan membuat imbauan melalui spanduk, kedua kita akan memberikan penyuluhan kepada pedagang ikan dan kepada masyarakat supaya masyarakat jangan tertipu lagi," tutur Sabilul Rasyid.

Sabilul mengaku pihaknya bersama Dinas Pangan Aceh Tengah dan pihak terkait lainnya akan terjun langsung ke pasar ikan, pada Kamis (24/5/2018), guna memberikan peyuluhan kepada pedagang serta masyarakat tentang ikan berformalin.

"Karena Dinas Pangan itu yang berkompeten mempunyai wewenang artinya tentang bahan pangan. Jadi, kita di Dinas Perikanan menginformasikan ke dua sektor, pertama sektor perdagangan, kedua sektor pangan. Sektor panganlah yang artinya menindaklanjuti sesuai dengan aturan Undang-undang pangan," ujar Sabilul.

Sebelumnya, surat dengan nama Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Tengah terkait temuan jenis ikan mengandung formalin tersebut beredar luas ke publik di daerah itu melalui media sosial.

Dalam surat tertanggal 19 Mei 2018 yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Tengah Sabilul Rasyid tersebut turut melampirkan hasil uji formalin yang dilakukan oleh Tim UPTD LPPMHP Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh terhadap jenis ikan mengandung formalin yang dijual pedagang di dua pasar di Takengon.

Dalam hal ini disebutkan bahwa di Pasar Paya Ilang Takengon ditemukan 7 jenis ikan mengadung formalin dengan tingkat konsentrasi 0,1 sampai 0,4 ppm.

Ketujuh jenis ikan yang dilaporkan tersebut adalah jenis kerapu asal Langsa, bawal asal Langsa, cumi-cumi dari grosir, anak dencis dari grosir, udang dari grosir, kantup dari grosir, dan jenis ikan pisang-pisang dari pasar grosir.

Sedangkan di Pasar Bawah Takengon ditemukan sebanyak 4 jenis ikan mengadung formalin dengan tingkat konsentrasi 0,1 sampai 0,25 ppm.

Keempat jenis ikan tersebut adalah ikan jenara asal Peudada, Kabupaten Bireuen, kantup asal Idi (Kabupaten Aceh Timur), nila asal Panton Labu (Kabupaten Aceh Utara), dan jenis ikan cirik asal Meulaboh (Kabupaten Aceh Barat).

Sumber: Antara

Tag:Aceh TengahIkan BerformalinTakengon
Berita Terkait
  • Sabtu, 22/06/2019 09:50 WIB

    Napi Rutan Takengon Dibekuk Saat Begal Remaja

    ACEH TENGAH - Seorang narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Takengon yang melarikan diri pada Februari lalu, dibekuk. Napi bernama Kaslanto (23) itu ditangkap saat membegal remaja 14 tahun. "Pelaku dita

  • Minggu, 03/03/2019 19:23 WIB

    Aceh Tengah Usulkan Pembangunan Arena Pacuan Kuda Standar Nasional

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyatakan telah mengusulkan pembangunan infrastruktur arena pacuan kuda yang memenuhi standar nasional kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemud

  • Minggu, 24/02/2019 08:48 WIB

    Kadis Tenaga Kerja Aceh Tengah: Tak Ada Lagi Pekerja Asing di Lahan Prabowo

    ACEH TENGAH - Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wilayah Linge Fauzan Azima menyebut PT Tusam Hutani Lestari (THL) milik Prabowo Subianto di Aceh mempekerjakan tenaga asing. Kepala Dinas Transmig

  • Selasa, 19/02/2019 20:29 WIB

    Ini Penjelasan Mantan Panglima GAM Wilayah Linge tentang Lahan Pinus Milik Prabowo

    ACEH TENGAH - Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Linge Fauzan Azima membeberkan proses capres Prabowo Subianto memperoleh ribuan hektare lahan di Aceh. Proses izin menguasai hutan pinu

  • Selasa, 19/02/2019 20:15 WIB

    Pemkab Aceh Tengah Kirim 20 Pemuda ke Bekasi

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengirim sebanyak 20 pemuda di daerah setempat untuk mengikuti pelatihan kerja yang difasilitasi oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Kementerian

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir