• Home
  • Peristiwa
  • Arkeolog Temukan Kerangka Manusia Purba di Aceh Tengah

Arkeolog Temukan Kerangka Manusia Purba di Aceh Tengah

Oleh: Redaksi
Minggu, 20/05/2018 14:45 WIB
Dibaca: 49 kali
Foto: isitimewa/kumparan
Penemuan kerangka manusia purba di kawasan kaki bukit Mandale, Takengon, Aceh Tengah.

ACEH TENGAH - Tim Balai Arkeologi Sumatera Utara menemukan dua kerangka manusia purba diduga berusia 3.000 tahun di kawasan kaki bukit Mandale, Takengon, Aceh Tengah. Kerangka tersebut ditemukan masih dalam kondisi relatif masih utuh.

Ketua tim peneliti Ketut Wiradnyanya mengatakan, dua kerangka itu terkubur serta tertindih dengan batu dalam kondisi kaki terlipat dan tengkoraknya rusak. Namun demikian kondisi kerangka masih dalam keadaan utuh.

“Tapi yang menarik pada temuan kali ini adalah dua kerangka arahnya menghadap ke Barat-Timur. Lalu dikelilingi periuk periuk bekal kubur di atas dan di samping badannya,” ujar Ketut saat dihubungi kumparan, Minggu (20/5/2018).

Di sisi lain, sebut Ketut, uniknya temuan mereka kali ini adalah cara penempatan mayatnya. Jika sebelumnya yang pernah ditemukan mengarah ke Timur-Barat, tapi kali ini malah sebaliknya.

“Kami belum mengetahui pasti tentang makna arah penempatan dua kerang tersebut. Akan tetapi ini bisa dimaknai dimana saat mereka bangun langsung berhadapan dengan matahari,”ucap Ketut. 

“Kedua kerangka itu kepalanya mengarah ke Barat. Atau karena mereka di Barat tetap dia orientasinya berpikir ketika mereka bangun sudah langsung melihat matahari dan langsung melihat asalnya, kan bisa juga begitu etos kehidupan, tapi kita belum tau pasti,” tambahnya.

Penelitian tersebut sudah sudah berlangsung sejak 8 Mei dan akan berakhir pada 30 Mei mendatang. Sementara temuan kerangka ini, ditemukan pada Rabu (16/5/2018) lalu di kedalaman 50 centimeter.

“Kedalamannya memang dangkal sekali di atas lapisan neolitik. Kita meyakini masih ada kerangka lainnya,” sebut Ketut.

Kemudian kata dia, di lokasi temuan pihaknya menemukan seperti adanya aktivitas penguburan dan di sekelilingnya banyak ditemukan proton-proton yang jarang mereka temui pada penelitian-penelitian sebelumnya.

Penemuan kerangka manusia purba di Adeh Tengah ini, bukan kali pertama ditemukan oleh tim Ketut. Sebelumnya beberapa tahun silam mereka juga menemukan fosil kerangka manusia di kawasan Curut Mandale dan Uning Karang. 

Sumber: kumparan.com

T#g:AcehTengahArkeologManusia Purba
Berita Terkait
  • Jumat, 01/06/2018 12:13 WIB

    Masjid Transmigrasi di Aceh Tengah Terbengkalai

    ACEH TENGAH - Pembangunan Masjid Islamic Center di wilayah transmigrasi Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, hingga saat ini terbengkalai. Kondisi masjid ter

  • Sabtu, 26/05/2018 22:34 WIB

    Aceh Tengah Mulai Salurkan Bantuan Pangan Non Tunai

    ACEH TENGAH - Masyarakat penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aceh Tengah mulai melakukan transaksi membeli beras dan telur dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Program BPNT meru

  • Jumat, 25/05/2018 13:15 WIB

    Aceh Tengah Bangun Gedung Balai Nikah

    ACEH TENGAH - Kekuatan masyarakat akan terwujud ketika bersatu, ini terlihat dari semangat masyarakat Bintang Kabupaten Aceh Tengah yang telah berswadaya untuk menghadirkan satu gedung Balai Nikah dan

  • Kamis, 24/05/2018 19:39 WIB

    Penjual Kulit Harimau Sumatera Ditangkap di Aceh Tengah

    ACEH TENGAH - Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Tengah membekuk satu tersangka yang diduga menyimpan dan menjualbelikan kulit harimau sumatera, binatang langka yang dilindungi undang-undan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir