• Home
  • Peristiwa
  • Anwar Idris dan Ruslan M Daud, Dua Anggota DPR RI Asal Bireuen

Anwar Idris dan Ruslan M Daud, Dua Anggota DPR RI Asal Bireuen

Oleh: Redaksi
Kamis, 03/10/2019 16:54 WIB
Dibaca: 38 kali
Ruslan M. Daud dan Anwar Idris (Foto: kabarbireuen.com)

BIREUEN - Sebanyak 711 anggota DPR RI dan DPD terpilih telah diambil sumpah/janji sebagai anggota DPR, DPD dan MPR RI masa jabatan 2019-2024 di Gedung Nusantara MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Dari jumlah total 711 tersebut, sebanyak 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD. Sedangkan anggota MPR, terdiri dari anggota DPR RI dan DPD. Mereka berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Masyarakat Kabupaten Bireuen boleh berbangga, karena di antara mereka ada dua putra daerah setempat yang tadi ikut dilantik. Kedua legislator tersebut yaitu Drs. H. Anwar Idris dan H. Ruslan M. Daud.

Kedua mereka merupakan wakil rakyat dari Dapil Aceh II yang membawahi delapan kabupaten/kota di Aceh. Terdiri dari Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang.

Kendaraan politik yang mereka tunggangi menuju Senayan, berlainan. Anwar Idris mengendarai PPP dan Ruslan M. Daud memakai PKB.

Dari enam jatah kursi untuk Dapil Aceh II, dua di antaranya berhasil disabet putra Bireuen tersebut. Anwar Idris mendapatkan kursi ketiga dan Ruslan M. Daud memperoleh kursi kelima.

Lantas, siapakah sosok kedua putra terbaik Bireuen yang baru saja dilantik tersebut? Tentu, bagi kebanyakan masyarakat Bireuen sudah mengenalnya. Sebab, mereka sama-sama sudah pernah menjadi pejabat publik Bireuen.

Anwar Idris sudah pernah menduduki kursi DPRK Bireuen. Di masa jabatan 2004-2009, dia menjabat Wakil Ketua DPRK (dulu DPRD) Bireuen.

Selanjutnya, mantan Ketua PMI Cabang Bireuen itu, terpilih sebagai anggota DPRA periode 2009-2014. Tak berhenti sampai di situ, kemudian dia berhasil lagi merambah kursi DPR RI periode lalu, 2014-2019.

Jadi, kali ini Anwar Idris sukses melanjutkan lagi masa jabatannya untuk kedua kali (2019-2024), sebagai anggota DPR RI. Meski sebelumnya, banyak yang meragukan dan pesimis dia bisa terpilih kembali.

Selama lima tahun sebagai anggota DPR RI, putra asal Gampong Tanoh Mirah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, ini telah banyak berbuat bagi kepentingan masyarakat. Khususnya, bagi masyarakat dalam wilayah Dapil Aceh II.

Selaku anggota Komisi X DPR RI, Anwar Idris telah banyak membantu biaya pendidikan untuk mahasiswa dan juga siswa. Seperti beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk murid SD, siswa SMP, SMA/SMK, serta beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) melalui jalur aspirasi untuk ratusan mahasiswa.

Selain itu, bidang pemuda dan olahraga, ekonomi kreatif dan pariwisata, juga mendapat perhatian serius dari Anwar Idris. Begitu juga sektor lainnya yang berada di bawah Komisi X dan bersentuhan langsung bagi kepentingan masyarakat, difasilitasinya dengan sejumlah Kementerian terkait.

Sementara Ruslan M. Daud adalah sosok pendatang baru di DPR RI. Tidak seperti Anwar Idris, Ruslan belum pernah menduduki kursi legislatif di berbagai tingkatan. Dia langsung potong kompas meluncur ke DPR RI.

Namun, sebagai eksekutif, Ruslan sudah kenyang pengalaman. Sebelumnya, dia sudah pernah menjabat sebagai Bupati Breuen periode 2012-2017. Tentunya, saat itu dia juga selalu berhubungan dengan pihak legislatif (dewan). Dengan begitu, sedikit banyak dia tak merasa asing lagi dengan tata kerja di parlemen.

Selama menjabat sebagai Bupati Bireuen, Ruslan yang berlatar belakang pengusaha ini, sudah banyak berbuat untuk kemaslahatan masyarakat setempat. Banyak terobosan-terobosan pembangunan dan perubahan ke arah kebaikan yang telah dilakukannya selama memangku jabatan Bupati Bireuen.

Sekarang, pria asal Gampong Blang Panyang, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, ini ingin berbuat lebih banyak lagi bagi kepentingan masyarakat melalui jalur legislatif. Ini seiring telah dilantiknya dia sebagai anggota DPR RI.

Sementara bagi masyarakat Bireuen, dengan kehadiran Ruslan di sana, tentu semakin melengkapi keberadaan putra Kota Juang ini di Senayan. Setidaknya, sekarang Anwar Idris tidak sendirian lagi dan sudah ada kawan yang sama-sama berasal dari Bireuen.

Meski berbeda partai dan kemungkinan juga ditempatkan di komisi berbeda, diharapkan mereka dapat saling bersinergi. Terutama, dalam hal memperjuangkan kepentingan masyarakat untuk wilayah Dapil Aceh II yang mereka wakili dan lebih terkhusus lagi bagi Kabupaten Bireuen.

Kekompakan tersebut, sejak awal memang telah terasa. Hal itu seperti tergambar dalam foto mereka saat mengikuti pendidikan di Lemhannas beberapa waktu lalu. Tampak kedua legislator Bireuen ini bersalam komando, sambil tersenyum bahagia. 

Sumber: kabarbireuen.com

Tag:anggota dpr ri asal bireuenanwar idrisBireuenruslan m daud
Berita Terkait
  • Senin, 21/10/2019 10:07 WIB

    Puluhan Titik Longsor Ancam Pengguna Jalan Lintas Bireuen - Takengon

    BIREUEN - Sejumlah titik longsor kembali terjadi di Jalan Lintasan Bireuen Takengon, bahkan beberapa titik ruas jalan mengancam keselamatan pengguna jalan, Ahad (20/10/2019). Titik rawan dan longsor

  • Rabu, 02/10/2019 16:53 WIB

    Tragis, Warga Bireuen Meninggal Terjepit Truck Tronton

    ACEH UTARA - Seorang sopir mobil dump truk, Zaini (40) warga asal Desa Mon Jambe, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen meninggal dunia akibat terjepit mobil yang dikendarainya.  Peristiwa itu ter

  • Minggu, 29/09/2019 11:48 WIB

    Bireuen Gagal Capai Target 10 Besar di MTQ Aceh

    BIREUEN - Harapan kontingen Kabupaten Bireuen untuk mengubah peringkat pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 34 tingkat provinsi Aceh, Kabupaten Pidie, Jumat (27/9/2019) malam kembali gagal. Semen

  • Jumat, 27/09/2019 21:22 WIB

    Ruslan M Daud Siap Kawal UU Pesantren

    BIREUEN - Anggota DPR RI terpilih hasil Pemilu 2019 dari Dapil Aceh II, H Ruslan Daud yang juga mantan Bupati Bireuen siap mengawal pelaksanaan Undang-Undang (UU) Pesantren yang baru disahkan pada Rap

  • Rabu, 11/09/2019 16:41 WIB

    Dewan Minta Pembangunan Gedung DPRK dan PUPR Bireuen Harus Segera Dilanjutkan

    BIREUEN - Pimpinan dan seluruh anggota Dewan Bireuen meminta pemerintah (eksekutif) setempat, segera melanjutkan pembangunan gedung DPRK dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di kabupat

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir