• Home
  • Peristiwa
  • Anak Sekolah di Langsa Pungut Sampah untuk Ditukar Kudapan

Anak Sekolah di Langsa Pungut Sampah untuk Ditukar Kudapan

Oleh: Redaksi
Senin, 14/01/2019 09:59 WIB
Dibaca: 162 kali
Foto: ilustrasi/google.com

LANGSA - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Langsa membuat terobosan. Terobosan ini untuk mendukung program kota bersih dan bebas sampah yang diinsiasi walikota setempat.

Bank Sampah, demikian terobosan yang diluncurkan di madrasah yang dikenal sebagai sebutan MIN Pilot. Dengan adanya Bank Sampah, akan tumbuh rasa kepedulian anak terhadap kebersihan lingkungan.

Para murid ditekankan memungut tiap sampah yang mereka temukan, baik di dalam maupun di luar pekarangan sekolah. Sampah tersebut ditaruh di Bank Sampah yang sudah disediakan.

"Bank Sampah itu wadah anak menabung tapi pakai sampah. Sampah non organik yang bisa di tukarkan ke Bank Sampah. Nanti anak bisa mengambil dari tabungan tersebut kapan saja dia mau ambil, seminggu, sebulan bahkan lebih," kata Kepala Sekolah MIN 2 Langsa, Fentiana, Sabtu (11/1/2019).

Sampah yang dikumpulkan oleh masing-masing anak, bisa ditukar dengan kupon dan dapat ditukar dengan kudapan di kantin sekolah. Dengan begitu, anak tidak perlu membayar dengan uang cash.

"Jadi, anak-anak berlomba-lomba untuk mendapatkan kupon itu agar bisa jajan. Karena, kantin hanya menerima kupon bukan uang," kata Fentiana.

Tidak hanya itu, imbuhnya, kedepan, tidak menutup kemungkinan sampah non organik dijadikan bahan pekerjaan tangan. Ini tentunya dapat memancing intuisi anak untuk berkreasi.

Menurut Fentiana, Bank Sampah ini merupakan pilot project dan belum pernah dibuat oleh madrasah lain. Dia berharap, Bank Sampah menjadi contoh bagi sekolah lain, demi mewujudkan impian Kota Langsa yang bersih dari sampah.

Sumber: liputan6.com

Tag:anak sekolahLangsasampah tukar snack
Berita Terkait
  • Sabtu, 29/06/2019 21:28 WIB

    Seorang Mahasiswi di Langsa Terkangkap Basah dengan Pasangnnya

    LANGSA - Diduga berbuat mesum di rumah kos, Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, seorang mahasiswi dan pasangannya digerebek petugas Wilayatul Hibah (WH) bersama masyarakat setempat, Sabtu (29//20

  • Kamis, 04/04/2019 20:07 WIB

    Buat Laporan Palsu, Pasutri di Langsa Ditangkap Polisi

    LANGSA - Pasangan suami-istri (pasutri) di Langsa, ditangkap setelah membuat laporan palsu kehilangan sepeda motor. Kedua pelaku, AZ (39) dan istrinya NA (30), diciduk setelah polisi melakukan penyeli

  • Jumat, 29/03/2019 14:04 WIB

    Lempar Bayinya ke Bak Mandi, Ibu di Langsa Terancam Hukuman Mati

    LANGSA - SY (22) ibu yang tega melempar bayinya berusia setahun ke bak mandi terancam hukuman mati. Dia dijerat dengan pasal pembunuhan berencana dan penganiayaan anak. "Tersangka terancam pidana mat

  • Kamis, 07/02/2019 18:48 WIB

    Bogor FC Tambah Kontrak Kiper Asal Langsa

    BOGOR - Klub promosi Liga 2 musim ini, Bogor FC terus merekrut pemain berbakat. Kali ini, kiper asal Langsa Chairil Zul Azhar. Musim lalu, dia bersama-sama di Liga 3. Mengutip berita yang diwartaka

  • Senin, 30/07/2018 23:06 WIB

    Sempat Dimandikan Comberan, Pernikahan Siri Kepala Bappeda Langsa Sah

    LANGSA - Sempat diduga melakukan perbuatan mesum hingga dimandikan air comberan oleh warga, ternyata pernikahan siri Kepala Bappeda Kota Langsa, Aceh berinisial TSF dengan pasangannya berinisial DK (3

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir