• Home
  • Peristiwa
  • Anak Sekolah di Langsa Pungut Sampah untuk Ditukar Kudapan

Anak Sekolah di Langsa Pungut Sampah untuk Ditukar Kudapan

Oleh: Redaksi
Senin, 14/01/2019 09:59 WIB
Foto: ilustrasi/google.com

LANGSA - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Langsa membuat terobosan. Terobosan ini untuk mendukung program kota bersih dan bebas sampah yang diinsiasi walikota setempat.

Bank Sampah, demikian terobosan yang diluncurkan di madrasah yang dikenal sebagai sebutan MIN Pilot. Dengan adanya Bank Sampah, akan tumbuh rasa kepedulian anak terhadap kebersihan lingkungan.

Para murid ditekankan memungut tiap sampah yang mereka temukan, baik di dalam maupun di luar pekarangan sekolah. Sampah tersebut ditaruh di Bank Sampah yang sudah disediakan.

"Bank Sampah itu wadah anak menabung tapi pakai sampah. Sampah non organik yang bisa di tukarkan ke Bank Sampah. Nanti anak bisa mengambil dari tabungan tersebut kapan saja dia mau ambil, seminggu, sebulan bahkan lebih," kata Kepala Sekolah MIN 2 Langsa, Fentiana, Sabtu (11/1/2019).

Sampah yang dikumpulkan oleh masing-masing anak, bisa ditukar dengan kupon dan dapat ditukar dengan kudapan di kantin sekolah. Dengan begitu, anak tidak perlu membayar dengan uang cash.

"Jadi, anak-anak berlomba-lomba untuk mendapatkan kupon itu agar bisa jajan. Karena, kantin hanya menerima kupon bukan uang," kata Fentiana.

Tidak hanya itu, imbuhnya, kedepan, tidak menutup kemungkinan sampah non organik dijadikan bahan pekerjaan tangan. Ini tentunya dapat memancing intuisi anak untuk berkreasi.

Menurut Fentiana, Bank Sampah ini merupakan pilot project dan belum pernah dibuat oleh madrasah lain. Dia berharap, Bank Sampah menjadi contoh bagi sekolah lain, demi mewujudkan impian Kota Langsa yang bersih dari sampah.

Sumber: liputan6.com

Tag:anak sekolahLangsasampah tukar snack
Berita Terkait
  • Jumat, 15/05/2020 19:08 WIB

    Kodim 0104/Aceh Timur Terima Kunjungan Pangdam IM

    LANGSA - Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin SIP MM beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Kodim 0104/Aceh Timur, yang diterima langsung oleh Da

  • Selasa, 05/05/2020 18:11 WIB

    Tragis, Nelayan Ini Meninggal Saat Melaut di Perairan Aceh Timur

    ACEH TIMUR - Salah satu anak buah kapal (ABK) KM Supra Baru asal Kota Langsa, Iskandar (48), dikabarkan meninggal dunia saat melaut, sekitar pukul 02.00 WIB, Selasa (5/5/2020). Kapolsek Idi, Ildani

  • Sabtu, 25/04/2020 16:24 WIB

    Gegara Warga Tak Patuh, Langsa Kembali Terapkan Jam Malam

    LANGSA - Pemerintah Kota Langsa, memberlakukan jam malam karena masih banyak warga tidak tinggal di rumah dan berkerumun pada malam hari selama masa pandemi virus Corona (Covid-19). Pemberlakuan jam

  • Senin, 13/04/2020 15:50 WIB

    Walikota Langsa Instruksikan Kadis PUPR Bangun Rumah Korban Kebakaran

    LANGSA - Walikota Langsa Usman Abdullah SE menginstruksikan Kadis Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat untuk segera membangun kembali rumah korban kebakaran. Demikian disampaikan Wal

  • Selasa, 29/10/2019 20:26 WIB

    Walikota Langsa Perintahkan Satpol PP Tutup Karaoke Liar

    LANGSA - Akibat menjamurnya warnet/ playstation dan karaoke tak memiliki izin (liar_red). Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE memerintahkan Satpol PP/WH setempat untuk menutup usaha-usaha tersebut.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir