Aceh Segera Punya Qanun Haji dan Umrah

Oleh: Redaksi
Kamis, 16/04/2020 21:35 WIB
Foto: Ilustrasi

BANDA ACEH - Sepuluh rancangan qanun (Raqan) masuk dalam program legislasi Aceh (Prolega) 2020 yang akan dibahas DPR Aceh. Salah satunya Raqan tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Ibadah Haji dan Umrah yang merupakan usulan baru.

"Kita tadi baru selesai rapat Badan Legislasi (Banleg) DPR Aceh yang dihadiri oleh Asisten 1 Setda Aceh, kepala biro dan staf. Dan dihadiri oleh tujuh anggota Baleg menyepakati 57 judul Raqan untuk Prolega lima tahunan," kata Wakil Ketua Banleg DPRA, Bardan Sahidi kepada wartawan, Kamis (16/4/2020).

Dalam rapat tersebut, disepakati 10 judul Raqan yang masuk Prolega tahun ini. Kesepuluh judul tersebut nanti akan diparipurnakan untuk mendapatkan persetujuan bersama.

Bardan menyebutkan, pembahasan Raqan itu memang sudah sangat terlambat karena sebelumnya terkendala tata tertib DPR Aceh serta COVID-19. Rencananya, pembahasan Raqan tersebut digelar dengan mempertimbangkan protokol keselamatan virus Corona.

Dia mencontohkan, Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) akan digelar lewat video telekonferensi serta konsultasi dan kunjungan ke luar daerah ditiadakan. Mekanisme pembahasan nanti diatur sesuai dengan standar rapat COVID-19.

"Dari kesepuluh rancangan qanun ini saya optimis 60-70 persen bisa diselesaikan, karena memang banyak tahapannya juga sudah disederhanakan sesuai dengan protokol keselamatan COVID-19," jelas Bardan.

"Saya masih sangat yakin sekali ini bisa dibahas. Pembahas dan mitranya bisa linting baju untuk bersinergi untuk merumuskan regulasi yang sangat ditunggu dan dibutuhkan oleh masyarakat," ujar politikus PKS ini.

Salah satu Raqan yang masuk Prolega ialah tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Ibadah Haji dan Umrah. Judul Raqan sudah masuk, namun DPRA belum menerima naskah akademiknya.

"Nanti dibahas lebih lanjut oleh mitra kerja kalau bidang tugas mungkin lebih dekat di Komisi VI. Kalau nanti dirasa berat akan di-pansus-kan. Ini akan ditetapkan di paripurna dewan," sebut Bardan.

Sumber: detik.com

Tag:dprakekhususan acehperaturan daerahqanun haji dan umrah
Berita Terkait
  • Rabu, 03/06/2020 20:54 WIB

    Anggota DPRA Ini Dukung Tes Swab Massal COVID-19 Gratis Bagi Warga Aceh

    BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mendukung langkah Plt Gubernur Aceh yang akan menggratiskan pemeriksaan COVID-19 secara massal di Aceh. "Kebijakan tersebut, menunjukkan bahwa Plt Gub

  • Sabtu, 02/05/2020 15:43 WIB

    Anggota DPRA Minta Gugus Tugas keluarkan Data COVID-19 Satu Pintu

    BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Provinsi Aceh menyampaikan data yang valid setiap harinya terkait dengan perkembangan pan

  • Minggu, 26/04/2020 17:44 WIB

    Anggota DPRA Ini Minta PLN Tidak Padamkan Listrik Saat Buka Puasa

    BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Aceh (DPRA), Tarmizi meminta kepada PT PLN (Persero) agar tidak memadamkan listrik saat warga di Aceh sedang berbuka puasa atau beribadah tarawih,

  • Minggu, 20/10/2019 22:02 WIB

    Ulama Harapkan Presiden Tuntaskan Persoalan Kekhususan Aceh

    BANDA ACEH - Kalangan ulama mengharapkan Joko Widodo dan KH Maruf Amin yang dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 menuntaskan kekhususan Aceh yang belum terealisasi."Kami berh

  • Senin, 30/09/2019 13:35 WIB

    Dahlan Jamaluddin Jabat Ketua Sementara DPRA

    BANDA ACEH - Politisi Partai Aceh, Dahlan Jamaluddin, ditetapkan menjabat Ketua Sementara DPR Aceh periode 2019-2024.Sekretaris DPR Aceh Suhaimi di Banda Aceh, Senin (30/9/2019) mengatakan, selain men

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir