Aceh Kembali Diguyur Hujan, Warga Bersyukur

Oleh: Redaksi
Kamis, 27/07/2017 12:36 WIB
Dibaca: 165 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Setelah kemarau panjang selama sekitar dua bulan, Kota Banda Aceh dan sekitarnya kembali diguyur hujan. Warga mengucapkan puji syukur.

Hujan yang mengguyur Banda Aceh pada Kamis (27/7/2017) pagi ini berlangsung sekitar satu jam lebih. Guyuran hujan pertama sejak kemarau panjang ini lumayan deras. Setelah sempat turun hujan, cuaca di Banda Aceh hari ini kembali cerah.

Selain Banda Aceh dan Aceh Besar, Kota Sabang sempat diguyur hujan ringan disertai angin sejak dinihari tadi. Kabupaten Simeulue di pulau terluar dan terdepan hari ini juga sudah kembali diguyur hujan.

"Alhamdulillah. Pagi ini hujan kembali turun. Semoga menjadi berkah bagi warga yang selama ini kesulitan air," kata seorang warga Banda Aceh, Saiful (43).

Kemarau panjang yang melanda Aceh menyebabkan lahan persawahan warga kering kerontang sehingga terancam gagal panen. Lokasi pemandian di Mata Ie, Darul Imarah, Aceh Besar, juga sudah tidak lagi memiliki air. Padahal kawasan ini dulu terkenal akan sumber mata airnya.

Beberapa hari lalu, warga di masyarakat Gampong Dayah Lamteh, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, menggelar salat istisqa (salat meminta hujan) di halaman masjid setempat. Warga melaksanakan salat di bawah terik matahari dan kemudian berdoa agar Allah kembali menurunkan hujan.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman juga meminta warga Banda Aceh melaksanakan salat istisqa untuk memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan.

"Para keuchik (kepala desa) di semua gampong (desa) kita imbau mengajak warganya salat istisqa dan berdoa kepada Allah SWT agar menurunkan hujan," kata Aminullah dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (25/7/2017).
 

Sumber: detik.com

T#g:HujanKekeringanKemarau
Berita Terkait
  • Senin, 24/07/2017 22:57 WIB

    Walhi Tuding Alih Fungsi Penyebab Kekeringan Aceh

    BANDA ACEH - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh menyebut kekeringan di sejumlah wilayah di Aceh disebabkan beralihnya fungsi lahan dan hutan menjadi kawasan perumahan. "Selain

  • Minggu, 13/11/2016 17:31 WIB

    BMKG: Waspada! Puncak Musim Hujan di Indonesia Awal 2017

    JAKARTA - Puncak musim hujan di Indonesia akan terjadi pada awal 2017. Warga diminta waspada bencana dampak puncak musim hujan. "Dalam beberapa pekan ke depan hingga periode awal tahun 201

  • Senin, 17/10/2016 20:33 WIB

    Dua Hari Hujan, Lima Kecamatan di Aceh Barat Terendam Banjir

    ACEH BARAT - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat mencatat banjir akibat intensitas curah hujan tinggi membuat luapan sungai sehingga merendam sedikitnya lima dari 12 kecamatan

  • Kamis, 22/09/2016 17:54 WIB

    Sebagian Wilayah Indonesia akan Alami Hujan Lebat

    JAKARTA - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya indikasi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia. Wilayah tersebut yakni

  • Jumat, 09/09/2016 22:20 WIB

    Sepekan Diguyur Hujan, Aceh Tamiang Direndam Banjir 1,5 M

    ACEH TAMIANG - Hujan yang mengguyur wilayah Aceh Tamiang dalam sepekan terakhir telah mengakibatkan air sungai Tamiang meluap. Sejumlah kawasan di pinggir sungai Tamiang pun terendam banjir. Ba

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir