72 Ribu Korban Narkoba di Aceh Butuh Rehabilitasi

Oleh: Redaksi
Kamis, 27/06/2019 15:35 WIB
Dibaca: 53 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh menyebutkan sebanyak 72 ribu lebih korban penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang atau narkoba di provinsi ujung barat Indonesia tersebut membutuhkan rehabilitasi.

"Ini sangat mengkhawatirkan kami, sebab tanpa rehabilitasi sulit bagi korban narkoba pulih kembali," kata Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser di Banda Aceh, Rabu. (26/7/2019).

Berdasarkan survei BNN, kata Faisal, angka penyalahgunaan narkoba di Aceh mencapai 73.201 orang. Dari jumlah tersebut baru 996 orang yang mendapat program rehabilitasi.

Menurut dia, tingginya angka korban penyalahgunaan narkoba tersebut tentu membuat BNNP Aceh bekerja keras untuk mengatasinya. BNNP Aceh tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan segenap elemen masyarakat.

Oleh karena itu, BNNP Aceh juga mengharapkan dukungan pemerintah daerah menyediakan tempat dan fasilitas rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkoba.

"Memang di Aceh ada beberapa panti rehabilitasi yang dikelola masyarakat maupun instansi pemerintah. Namun, jumlah yang belum mendapat program rehabilitasi masih begitu banyak," katanya.

Selain itu, Brigjen Faisal menyebutkan, peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Aceh sudah sangat mengkhawatirkan karena penyalahgunaan barang terlarang tersebut sudah merambah ke segala lini tanpa memandang batasan usia.

Oleh sebab itu, BNNP Aceh mengajak semua pihak untuk bersungguh-sungguh memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, sehingga korban barang terlarang tersebut tidak bertambah banyak.

"Kami juga sedang merancang program untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan memanfaatkan kearifan lokal seperti agama, budaya, dan sejarah, guna mempercepat Aceh bebas narkoba," tambah Brigjen Pol Faisal Abdul Naser.

Sumber: Antara

Tag:bnn acehNarkobarehabilitasi
Berita Terkait
  • Sabtu, 22/06/2019 12:53 WIB

    Tiga Kecamatan di Pidie, Segi Tiga Emas Peredaran Narkoba

    PIDIE - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pidie mensinyalir ada tiga kecamatan di Pidie layaknya segi tiga emas dalam peredaran Narkotika. Tiga kecamatan tersebut adalah Kecamatan Mila, Del

  • Jumat, 24/05/2019 14:33 WIB

    BNNK Pidie Tangkap Kurir Narkoba Jaringan Antar Kabupaten

    PIDIE - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pidie menangkap seorang kurir narkoba jaringan antarkabupaten berikut mengamankan barang bukti berupa100 gram sabu-sabu. Kepala BNNK Pidie AKBP Wer

  • Jumat, 17/05/2019 23:29 WIB

    BNNK Pidie Gagalkan Peredaran 1 Kg Sabu

    PIDIE - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pidie menggagalkan peredaran satu kilogram narkoba jenis sabu-sabu dan menangkap seorang terduga kurirnya tersebut. Kepala BNNK Pidie AKBP Werdha S

  • Kamis, 02/05/2019 23:40 WIB

    BNNP Aceh Fokus Alihkan Tanaman Ganja ke Tanaman Produktif

    BANDA ACEH - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh memfokuskan program pengalihan tanaman narkotika atau program alternatif development, sehingga tidak ada lagi masyarakat menanam tanaman terl

  • Sabtu, 02/03/2019 18:49 WIB

    Penjara di Aceh Dipenuhi Terpidana Narkoba

    ACEH BARAT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh Agus Toyib menyebutkan hampir semua penjara di provinsi itu penuh dan sebagian besar penghuninya narapidana narkoba.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir