72 Ribu Korban Narkoba di Aceh Butuh Rehabilitasi

Oleh: Redaksi
Kamis, 27/06/2019 15:35 WIB
Dibaca: 122 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh menyebutkan sebanyak 72 ribu lebih korban penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang atau narkoba di provinsi ujung barat Indonesia tersebut membutuhkan rehabilitasi.

"Ini sangat mengkhawatirkan kami, sebab tanpa rehabilitasi sulit bagi korban narkoba pulih kembali," kata Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser di Banda Aceh, Rabu. (26/7/2019).

Berdasarkan survei BNN, kata Faisal, angka penyalahgunaan narkoba di Aceh mencapai 73.201 orang. Dari jumlah tersebut baru 996 orang yang mendapat program rehabilitasi.

Menurut dia, tingginya angka korban penyalahgunaan narkoba tersebut tentu membuat BNNP Aceh bekerja keras untuk mengatasinya. BNNP Aceh tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan segenap elemen masyarakat.

Oleh karena itu, BNNP Aceh juga mengharapkan dukungan pemerintah daerah menyediakan tempat dan fasilitas rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkoba.

"Memang di Aceh ada beberapa panti rehabilitasi yang dikelola masyarakat maupun instansi pemerintah. Namun, jumlah yang belum mendapat program rehabilitasi masih begitu banyak," katanya.

Selain itu, Brigjen Faisal menyebutkan, peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Aceh sudah sangat mengkhawatirkan karena penyalahgunaan barang terlarang tersebut sudah merambah ke segala lini tanpa memandang batasan usia.

Oleh sebab itu, BNNP Aceh mengajak semua pihak untuk bersungguh-sungguh memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba, sehingga korban barang terlarang tersebut tidak bertambah banyak.

"Kami juga sedang merancang program untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan memanfaatkan kearifan lokal seperti agama, budaya, dan sejarah, guna mempercepat Aceh bebas narkoba," tambah Brigjen Pol Faisal Abdul Naser.

Sumber: Antara

Tag:bnn acehNarkobarehabilitasi
Berita Terkait
  • Selasa, 08/10/2019 22:03 WIB

    Kapalo, Aceh Pintu Masuk Narkoba ke Indonesia

    BANDA ACEH - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol Heru Winarko menyebutkan, Provinsi Aceh merupakan pintu masuk narkoba, terutama sabu-sabu, ke Indonesia, dari luar negeri. "Narkoba te

  • Selasa, 08/10/2019 13:07 WIB

    Hotel di Aceh Bakal Dijaga Polisi Syariah

    BANDA ACEH - Walikota Banda Aceh Aminullah Usman akan menempatkan personel polisi syariah (Wilayatul Hisbah/WH) di setiap hotel yang rawan terjadi pelanggaran hukum. Kebijakan ini diambil usai ditangk

  • Selasa, 01/10/2019 16:25 WIB

    BNN Tembak Mati Bandar Sabu di Bener Meriah

    BANDA ACEH - Seorang bandar sabu di Aceh tewas ditembak petugas BNN Provinsi Aceh karena melawan saat ditangkap. Tersangka Ridwan Ilyas Jamil diketahui sebagai pemasok 35 Kilogram untuk dua tersangka

  • Jumat, 27/09/2019 16:07 WIB

    Polres Lhokseumawe Musnahkan Barang Bukti Narkoba

    LHOKSEUMAWE - Empat tersangka bersama barang bukti 350 kilogram ganja dan 24.83 1,2 gram sabu-sabu berhasil diamankan periode Januari hingga September 2019. Seluruh barang bukti ini dimusnahkan oleh p

  • Kamis, 05/09/2019 18:44 WIB

    Pasien Rehab Narkoba Ditemukan Tewas Gantung Diri di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Seorang pasien rehab narkoba di Banda Aceh berinisial SB (45) asal Nagan Raya, Aceh ditemukan gantung diri di rumah rehab. Polisi masih menyelidiki penyebab SB bunuh diri. SB ditemukan t

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir