6 Keluarga Asal Aceh Pilih Bertahan di Papua

Oleh: Redaksi
Senin, 07/10/2019 16:38 WIB
Pengungsi asal Wamena, Papua, yang diangkut menggunakan pesawat Hercules tiba di Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu 2 Oktober 2019. (Foto: Antara)

BANDA ACEH - Enam keluarga asal Aceh memilih menetap di Papua di tengah gelombang eksodus ke berbagai daerah. Mereka akan kembali ke Wamena setelah kondisi kembali membaik.

"Masyarakat Aceh yang sudah tinggal di Wamena, meski sekarang harus keluar dari Wamena untuk sementara, jika kondisi sudah benar-benar kondusif, mereka akan balik lagi ke Wamena untuk melanjutkan usahanya," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri dalam keterangan kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Keenam keluarga itu masih berada di Provinsi Papua. Menurut Alhudri, secara umum masyarakat Aceh yang berada di ujung timur Indonesia masih tergolong aman. Hal ini berbeda dengan kondisi pendatang lainnya.

Alhudri beserta tim Dinsos sudah bergerak ke lokasi untuk mendata masyarakat Aceh di Papua. Khusus di Wamena, jumlahnya 28 orang. Beberapa di antaranya sudah meninggalkan Papua.

Mereka adalah 4 orang asal Aceh Tenggara, 1 dari Bireuen, serta 3 orang sekeluarga asal Aceh Timur. Selain itu, ada warga Aceh yang pulang dengan menumpang pesawat ke provinsi lain.

"Pemulangan sudah selesai, artinya sudah ada yang dipulangkan dan sudah masuk dalam antrean pulang, karena kendala tiket," jelas Alhudri.

"Kondisi terkini sudah berlangsung aman dan kondusif, masyarakat Aceh yang ada di sana pada umumnya aman terkendali. Sementara di daerah lain tidak menjadi kendala akibat ekses kerusuhan itu," kata Alhudri.

Sumber: detik.com

Tag:kerusuhan papuakerusuhan wamenawarga aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 03/06/2020 18:40 WIB

    Bekerja di Kapal Asing, ABK Asal Aceh Dilaporkan Sudah Meninggal Dunia

    BANDA ACEH - Seorang anak buah kapal (ABK) asal Gampong Rawa, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, bernama Fadhil (26) yang bekerja di kapal asing dilaporkan hilang sejak November 2019. Rusli Ahmad (53)

  • Selasa, 28/04/2020 21:45 WIB

    Pemerintah Aceh akan Salurkan 10.000 Paket Bantuan Untuk Warganya di Malaysia

    BANDA ACEH - Pemerintah Aceh telah mengirimkan surat kepada Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo dan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi terkait permoho

  • Selasa, 14/04/2020 20:41 WIB

    Komunitas Masyarakat Aceh di Malaysia Minta Perhatian Pemerintah

    KUALA LUMPUR - Komunitas Melayu Aceh Malaysia (KMAM) meminta perhatian kepada Pemerintah Pusat dan Aceh agar memperhatikan mereka yang ada di Malaysia yang terkena dampak perpanjangan Perintah Kawalan

  • Minggu, 12/04/2020 12:24 WIB

    97 TKI Pulang ke Aceh Ditengah Wabah Corona

    MEDAN - Sebanyak 97 orang Tenaga Kerja Indonesia asal Aceh yang bekerja di Malaysia pulang ke tanah air, sejak Kamis hingga Jumat. Pemerintah Aceh menfasilitasi kepulangan semua pekerja tersebut dari

  • Kamis, 09/04/2020 23:25 WIB

    2.400 Warga Aceh Telah Lakukan Tes Cepat Virus Corona

    BANDA ACEH - Pemerintah Provinsi Aceh menyatakan telah melakukan tes cepat COVID-19 terhadap 2.400 orang warga setempat, sedangkan targetnya 25 ribu warga. "Sudah kita lakukan (tes cepat, red.) 2.4

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir