6 Keluarga Asal Aceh Pilih Bertahan di Papua

Oleh: Redaksi
Senin, 07/10/2019 16:38 WIB
Dibaca: 71 kali
Pengungsi asal Wamena, Papua, yang diangkut menggunakan pesawat Hercules tiba di Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu 2 Oktober 2019. (Foto: Antara)

BANDA ACEH - Enam keluarga asal Aceh memilih menetap di Papua di tengah gelombang eksodus ke berbagai daerah. Mereka akan kembali ke Wamena setelah kondisi kembali membaik.

"Masyarakat Aceh yang sudah tinggal di Wamena, meski sekarang harus keluar dari Wamena untuk sementara, jika kondisi sudah benar-benar kondusif, mereka akan balik lagi ke Wamena untuk melanjutkan usahanya," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri dalam keterangan kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Keenam keluarga itu masih berada di Provinsi Papua. Menurut Alhudri, secara umum masyarakat Aceh yang berada di ujung timur Indonesia masih tergolong aman. Hal ini berbeda dengan kondisi pendatang lainnya.

Alhudri beserta tim Dinsos sudah bergerak ke lokasi untuk mendata masyarakat Aceh di Papua. Khusus di Wamena, jumlahnya 28 orang. Beberapa di antaranya sudah meninggalkan Papua.

Mereka adalah 4 orang asal Aceh Tenggara, 1 dari Bireuen, serta 3 orang sekeluarga asal Aceh Timur. Selain itu, ada warga Aceh yang pulang dengan menumpang pesawat ke provinsi lain.

"Pemulangan sudah selesai, artinya sudah ada yang dipulangkan dan sudah masuk dalam antrean pulang, karena kendala tiket," jelas Alhudri.

"Kondisi terkini sudah berlangsung aman dan kondusif, masyarakat Aceh yang ada di sana pada umumnya aman terkendali. Sementara di daerah lain tidak menjadi kendala akibat ekses kerusuhan itu," kata Alhudri.

Sumber: detik.com

Tag:kerusuhan papuakerusuhan wamenawarga aceh
Berita Terkait
  • Minggu, 06/10/2019 21:20 WIB

    Warga Aceh di Papua Sehat dan Tidak Ada Masalah

    BANDA ACEH - Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh, Alhudri, menegaskan semua warga perantau asal Aceh yang menetap di Provinsi Papua hingga kini dipastikan aman dan dalam kondisi sehat."Warga Aceh yang a

  • Minggu, 06/10/2019 19:21 WIB

    Dampak Kerusuhan, Perantau Aceh di Papua Mulai Didata

    BANDA ACEH - Sejumlah warga Aceh yang bekerja dan merantau di Provinsi Papua kini mulai dilakukan pendataan agar memudahkan komunikasi sesama warga perantau yang ada di daerah itu."Kami sedang mengupa

  • Kamis, 03/10/2019 20:40 WIB

    4 Warga Aceh Tenggara Korban Kerusuhan Wamena Berada di Malang

    MALANG - Empat warga Lawe Sigala Timur, Lawe Sigala Gala, Aceh Tenggara, terdampak kerusuhan Wamena, Papua. Mereka yakni Friska Sitohang, 30, Natael Gultom, 3,5, Nasya, 8 bulan, dan Trisesi Sitohang,

  • Kamis, 03/10/2019 15:15 WIB

    Kisah Keluarga Asal Aceh Tenggara Saat Rusuh Wamena

    BANDA ACEH - Satu keluarga asal Aceh Tenggara, mengalami dampak kerusuhan di Wamena, Papua. Rumah mereka dikepung sekelompok orang, kemudian dibakar. Kini mereka berada di Malang, Jawa Timur. Kelima

  • Kamis, 08/08/2019 08:46 WIB

    Tiga Terpidana Mati Asal Aceh Dipulangkan dari Malaysia

    BANDA ACEH - Tiga Warga Negara Indonesia (WNI) terpidana mati terkait kasus narkoba di Malaysia dipulangkan ke daerah asalnya di Samalanga Bireuen Aceh setelah mendapat pengampunan dari Raja Malaysia

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir