4 Nelayan Simeulue Dilaporkan Hilang di Laut

Oleh: Redaksi
Rabu, 06/09/2017 21:16 WIB
Dibaca: 164 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

SIMEULUE - Badan SAR Nasional (Basarnas) melaporkan empat orang nelayan tradisional asal Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh hilang setelah melaut di tengah cuaca ektrem melanda wilayah perairan setempat.

Koordinator Pos SAR Simeulue, Rahmad Kenedy di Meulaboh, Rabu (6/9/2017) mengatakan, pencarian sudah dilakukan dengan menggunakan Sea Rider oleh tim pencarian dan penyelamat, namun keempat nelayan berusia di atas 55 tahun itu belum diketemukan.

"Mereka hilang kontak pada Selasa (5/9) pagi, keluarga korban datang melaporkan ke Pos SAR Simeulue pada malamnya. Pencarian sudah dilakukan sejak tadi pagi dengan menyisir wilayah terluar Simeulue, sore ini sudah dihentikan dengan hasil, nihil," katanya.

Keempat nelayan tersebut yakni, Amir Saidin (60), Maidan (55), Safrani (55) dan Hasan Sani (60), keempat nelayan tesebut merupakan warga Desa Ujung Harapan, Kecamatan Simeulue Barat, Kabupaten Simeulue.

Kenedy menjelaskan, keempat nelayan itu berangkat dari Teluk Sinabang atau teluk kota menuju Cibigo atau Ujung Harapan dengan menggunakan satu unit perahu mesin robin pada Minggu (3/9), kondisi perahu itu tidak memiliki penyeimbang atau katir.

Kata dia, menurut keterangan saksi mata ada yang melihat perahu itu sempat sandar dan salah satu nelayan itu sakit sehingga berlabuh lama di Pulau Babah, Gunung Putih, kemudian perahu bersama nelayan tersebut kembali melaut.

"Hasil penelusuran hari ini memang ada petunjuk, ada yang melihat perahu mereka gunakan sandar disalah satu pulau, salah satu nelayan itu sakit dalam kondisi sakit-sakitan, kemudian perahu itu berangkat lagi dengan tujuan tidak diketahui," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi perairan wilayah Simeulue dalam beberapa hari terakhir dilanda cuaca ekstrem yang ditandai dengan guyuran hujan dan angin kencang memicu ombak besar di pantai, kondisi itu beresiko bagi armada kecil, apalagi kriteria perahu.

Kenedy menjelaskan, untuk pencarian pada Kamis (7/9/2017) akan dilakukan dengan strategi menyisir wilayah dalam perairan Simeulue, karena hasil pencarian di wilayah terluar pulau-pulau, nihil, tim darat juga sudah berupaya mendatangi beberapa pelabuhan.

Ia berharap, nelayan tersebut dapat mengambil keputusan bijaksana dengan mempertimbangkan kondisi laut perairan setempat, apabila dalam kondisi selamat dapat segera menginformasikan kepada keluarga mereka di darat.

"Kita juga tidak ingin proses pencarian ini berlama-lama, dengan kondisi laut ekstrem mereka bisa berteduh sementara di pulau-pulau terdekat. Upaya pencarian juga tetap kami lakukan sesuai prosedur," katanya menambahkan.

Sumber: Antara

T#g: NelayanSimeulue
Berita Terkait
  • Kamis, 30/11/2017 14:40 WIB

    Satgas SBJ TNI AL Beri Bantuan Pengobatan 2.730 Masyarakat Simeulue

    SIMEULUE - Satgas Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) ke-66 dengan menggunakan KRI dr Soeharso 990 kapal Rumah Sakit milik TNI AL melaksanakan misi kemanusiaan di Kabupaten Simeulue, Aceh, Rabu

  • Kamis, 26/10/2017 14:04 WIB

    Gencarkan Promosi Daerah, Simeulue Tuan Rumah Aceh International Surfing Championship 2017

    BANDA ACEH - Pesona Cahaya Aceh siap menggelar berbagai atraksi wisata menarik menjelang akhir tahun 2017, salah satunya penyelenggaraan atraksi wisata bahari "Aceh International Surfing Champ

  • Kamis, 22/06/2017 22:22 WIB

    Putra Yatim Piatu dari Simeulue Jadi Prajurit Infanteri

    ACEH BESAR - Danrindam Iskandar Muda Kolonel Inf Niko Fahrizal  menutup latihan Yuddha Wastu Pramukha dan pengukuhan serta tradisi pembaretan bertempat di Pantai Ujung Batee Aceh Besar, Kamis

  • Jumat, 05/05/2017 09:26 WIB

    Pasukan Laskar Digital Aceh Siap Viralkan Penas Petani - Nelayan XV 2017 di Media Sosial

    BANDA ACEH - Komunitas netizen yang tergabung dalam Generasi Pesona Indonesia (GenPI) berkompetisi sehat. Masing-masing menjadi motor penggerak dalam mempromosikan events dan destinasi wisata di da

  • Selasa, 14/02/2017 07:58 WIB

    Salah Memuat Iklan Paslon, Ketua KIP Simeulue Dicopot

    JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi kepada Ketua dan Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Simeuleu karena dianggap lalai dalam menjalankan tugas

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir