3 Nelayan Aceh Diduga Nyasar ke Negara Lain

Oleh: Redaksi
Senin, 07/10/2019 20:42 WIB
Dibaca: 42 kali
Foto: ilustrasi/net

BANDA ACEH - Tiga nelayan asal Kampung Jawa, Banda Aceh, Aceh, yang melaut untuk menangkap ikan tuna sudah 20 hari tidak pulang. Biasanya, mereka melaut selama 12 hari.

"(Sampai hari ini) belum ada kabar. Kita akan menyurati pemerintah Aceh, KBRI, serta Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP)," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Ketiga nelayan yang belum diketahui nasibnya itu adalah Munazir (33), Kaha (33), dan Man (20). Mereka berangkat melaut dari pelabuhan Kampung Jawa pada 17 September lalu.

Kabar belum kembalinya ketiga nelayan ini dilaporkan keluarga Munazir ke Kantor Panglima Laot Aceh. Menurut Miftach, nelayan KM Athiya ini biasanya mencari ikan pada jarak 50-100 mil dari Banda Aceh.

Mereka biasanya pulang setelah berada di laut selama 12 hari. Pihak Panglima Laot menduga mereka hilang akibat kabut asap yang melanda Aceh beberapa waktu lalu.

Miftach mengatakan, pada hari keempat mereka melaut, kapal ketiga nelayan tersebut sempat bertemu dengan kapal pukat langga. Kondisi ketiganya saat itu disebut dalam keadaan baik dan mereka juga sudah mendapatkan empat ekor tuna besar.

"Setelah hari kelima dan pada hari tersebut juga di Aceh sedang mengalami kabut asap. Ketiga nelayan tersebut hilang kontaknya dan tidak bisa dihubungi lagi, baik dengan menggunakan radio maupun dengan menggunakan handphone," jelas Miftach.

Dia mengaku khawatir ketiga nelayan itu nyasar ke perairan negara lain dan ditangkap. Miftach berharap ketiganya bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

"Kami curiga mereka pada saat hari kelima melaut tersesat dan masuk ke wilayah perairan India atau Thailand dan mereka di tangkap oleh Angkatan Laut India atau Thailand," kata Miftach.

"Panglima Laot Aceh berharap agar semua pihak bisa berdoa agar ketiga nelayan ini bisa ditemukan dalam keadaan selamat," pungkasnya.

Sumber: Antara

Tag:nelayan aceh
Berita Terkait
  • Jumat, 11/10/2019 19:53 WIB

    Lagi, Tiga nelayan Aceh Ditangkap Otoritas India di Andaman

    BANDA ACEH - Tiga nelayan Aceh, warga Kabupaten Aceh Timur, ditangkap otoritas India di perairan Kepulauan Andaman, kata Anggota DPR Aceh Iskandar Usman Al Farlaky. "Ketiganya ditangkap setelah Kedut

  • Senin, 24/06/2019 19:02 WIB

    Tiga Nelayan Aceh Timur Ditemukan Selamat di Laut Seunuddon

    ACEH UTARA - Tiga nelayan tradisional asal Desa Teupin Pukat, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, ditemukan selamat di perairan Aceh Utara setelah ketiganya terombang-ambing di tengah laut kar

  • Selasa, 16/04/2019 21:23 WIB

    Nelayan Aceh Sepakat Tidak Melaut Pada 17 April

    BANDA ACEH - Panglima Laot (Lembaga Adat Laut) Aceh menyatakan masyarakat nelayan di provinsi paling barat Pulau Sumatera sepakat tidak melaut pada hari-H pencoblosan pemilih umum serentak, Rabu (17/4

  • Sabtu, 13/04/2019 09:34 WIB

    22 Nelayan Aceh Dibebaskan dari Myanmar

    BANDA ACEH - Sebanyak 22 nelayan Aceh yang ditahan otoritas Myanmar terkait dugaan pencurian ikan di wilayah itu akan dipulangkan ke tanah air. "Atas upaya diplomasi antara Pemerintah Indonesia dan P

  • Rabu, 10/04/2019 13:08 WIB

    11 Nelayan yang Sempat Ditahan Otoritas Thailand Tiba di Idi Rayeuk

    ACEH TIMUR - Sebelas nelayan yang ditahan karena memasuki wilayah perairan Thailand sudah dipulangkan. Mereka dibebaskan otoritas setempat dan diminta pulang sendiri ke Aceh Timur. "Alhamdulillah, bo

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir