2 Pembunuh Gajah Jinak di Serbajadi Ditangkap

Oleh: Redaksi
Senin, 02/07/2018 19:35 WIB
Dibaca: 362 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH TIMUR - Dua terduga pelaku pembunuhan gajah jinak di Conservation Response Unit (CRU) Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, ditangkap. Dari tangan keduanya, polisi menyita satu gading yang diduga milik satwa dilindungi tersebut.

"Benar ada dua orang terduga pembunuh Bunta (nama gajah yang dibunuh-red) yang kita amankan. Keduanya kita tangkap Sabtu lalu," kata Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro saat dihubungi wartawan, Senin (2/7/2018).  

Kedua terduga pelaku yang diamankan ini bukan orang di CRU. Tapi mereka orang luar yang datang ke sana untuk membunuh gajah jantan berusia 27 tahun tersebut. Dari tangan kedua terduga pelaku ini, polisi menyita satu unit gading dengan pancang 1,26 meter.  

"Gading itu diduga milik Bunta," jelas Wahyu. 

Namun Wahyu belum mau membeberkan kronologis penangkapan serta identitas kedua orang yang diamankan ini. Dalam waktu dekat, Polres Aceh Timur akan menggelar konferensi pers terkait hal ini.  

"Untuk informasi lengkapnya akan kita sampaikan nanti pada konferensi pers yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini. Lantaran kita menunggu kapan datangnya anggota dari Mabes Polri," ungkap Wahyu.  

Seperti diketahui, pembunuhan gajah jantan tersebut dilakukan pada Sabtu (9/6/2018) kemarin sekitar pukul 08.00 WIB. Polisi menduga pelaku datang ke CRU Serbajadi dan selanjutnya memberikan pisang dan mangga yang sudah ditaruh racun ke gajah.  

Setelah hewan bertubuh besar ambruk, pelaku kemudian memotong pipi gajah untuk diambil gading. Aksi pembunuhan gajah jinak ini baru diketahui setelah mahout datang ke lokasi.  

Tak lama setelah kasus ini terjadi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggelar sayembara untuk mencari pembunuh gajah jinak di CRU Serbajadi di Aceh Timur, Aceh. Siapapun yang dapat memberi informasi akurat keberadaan pelaku, akan dihadiahi Rp 10 juta.  

"(Sayembara ini) sampai (pelakunya) dapat. Termasuk kalau polisi yang ungkap hadiahnya ya diberikan ke polisi. Kan siapapun," kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, Senin (11/6/2018). 

Sumber: detik.com

Tag:Aceh TimurCRU SerbajadiGajah JinakPembunuhan Gajah
Berita Terkait
  • Sabtu, 19/01/2019 22:57 WIB

    Dituduh Curi Sapi, Pria Aceh Timur Babak Belur dan Mobil Dibakar

    ACEH TIMUR - Puluhan massa menghajar seorang pria Jaf (47) di Desa Blang Nie Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur Jumat (18/1/2019) hingga babak belur. Bahkan, warga yang menduga pria asal Des

  • Selasa, 08/01/2019 14:22 WIB

    Harimau Belum Ditemukan, Polisi Imbau Warga Tetap Waspada

    ACEH TIMUR - Polsek Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, mengimbau masyarakat di Desa Peunaron Lama, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur tetap waspada beraktivitas di sekitar pinggiran hutan. Hingga

  • Rabu, 19/12/2018 12:21 WIB

    Kapal Tenggelam, 12 WN Myanmar Dievakuasi Nelayan Aceh Timur

    ACEH TIMUR - Sebanyak 12 warga negara Myanmar terdampar di Perairan Selat Malaka, Indonesia dievakuasi oleh nelayan Aceh Timur. Awal bulan ini, sebanyak 20 pemuda etnis Rohingnya juga terdampar di Kua

  • Rabu, 14/11/2018 13:54 WIB

    PT Medco Kembangkan Potensi Migas Aceh

    ACEH TIMUR - PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) terus berupaya mengembangkan potensi minyak dan gas bumi (migas) di Kabupaten Aceh Timur, sebagai tanggung jawab yang telah diberikan Pemerintah.

  • Rabu, 29/08/2018 21:37 WIB

    Bea Cukai Aceh Hibah 27 Ton Bawang Merah

    ACEH TIMUR - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh menghibahkan 27 ton bawang merah eks impor kepada sejumlah pemerintah kabupaten/kota di provinsi itu. Kepala Kantor Wilayah Direktorat

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir