2 Pembunuh Gajah Jinak di Serbajadi Ditangkap

Oleh: Redaksi
Senin, 02/07/2018 19:35 WIB
Dibaca: 407 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH TIMUR - Dua terduga pelaku pembunuhan gajah jinak di Conservation Response Unit (CRU) Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, ditangkap. Dari tangan keduanya, polisi menyita satu gading yang diduga milik satwa dilindungi tersebut.

"Benar ada dua orang terduga pembunuh Bunta (nama gajah yang dibunuh-red) yang kita amankan. Keduanya kita tangkap Sabtu lalu," kata Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro saat dihubungi wartawan, Senin (2/7/2018).  

Kedua terduga pelaku yang diamankan ini bukan orang di CRU. Tapi mereka orang luar yang datang ke sana untuk membunuh gajah jantan berusia 27 tahun tersebut. Dari tangan kedua terduga pelaku ini, polisi menyita satu unit gading dengan pancang 1,26 meter.  

"Gading itu diduga milik Bunta," jelas Wahyu. 

Namun Wahyu belum mau membeberkan kronologis penangkapan serta identitas kedua orang yang diamankan ini. Dalam waktu dekat, Polres Aceh Timur akan menggelar konferensi pers terkait hal ini.  

"Untuk informasi lengkapnya akan kita sampaikan nanti pada konferensi pers yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini. Lantaran kita menunggu kapan datangnya anggota dari Mabes Polri," ungkap Wahyu.  

Seperti diketahui, pembunuhan gajah jantan tersebut dilakukan pada Sabtu (9/6/2018) kemarin sekitar pukul 08.00 WIB. Polisi menduga pelaku datang ke CRU Serbajadi dan selanjutnya memberikan pisang dan mangga yang sudah ditaruh racun ke gajah.  

Setelah hewan bertubuh besar ambruk, pelaku kemudian memotong pipi gajah untuk diambil gading. Aksi pembunuhan gajah jinak ini baru diketahui setelah mahout datang ke lokasi.  

Tak lama setelah kasus ini terjadi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menggelar sayembara untuk mencari pembunuh gajah jinak di CRU Serbajadi di Aceh Timur, Aceh. Siapapun yang dapat memberi informasi akurat keberadaan pelaku, akan dihadiahi Rp 10 juta.  

"(Sayembara ini) sampai (pelakunya) dapat. Termasuk kalau polisi yang ungkap hadiahnya ya diberikan ke polisi. Kan siapapun," kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, Senin (11/6/2018). 

Sumber: detik.com

Tag:Aceh TimurCRU SerbajadiGajah JinakPembunuhan Gajah
Berita Terkait
  • Senin, 25/02/2019 15:35 WIB

    Orangutan Mengamuk di Serbajadi, Gigit Mulut Petani

    ACEH TIMUR - Petani Jasmani (23) digigit orangutan hingga mulut dan hidungnya luka. Orangutan menyerang Jasmani setelah dilempari batu saat ketahuan makan durian milik warga Aceh itu. "Itu kan posisi

  • Sabtu, 23/02/2019 21:42 WIB

    Medco Malaka Bedah Rumah Warga Aceh Timur

    ACEH TIMUR - PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) akan melaksanakan program bedah rumah tidak layak huni untuk keluarga kurang mampu di Kabupaten Aceh Timur yang masuk dalam wilayah kerja perusahaa

  • Minggu, 17/02/2019 19:54 WIB

    DPO Kasus Pembunuhan Polisi Ditembak di Peureulak

    ACEH TIMUR - Seorang terduga anggota kriminal bersenjata api di Aceh tewas dalam perjalanan ke rumah sakit setelah ditembak ketika tim gabungan Polda Aceh hendak menangkapnya. Kepala Bidang Humas Pol

  • Jumat, 15/02/2019 15:01 WIB

    Mau Deklarasi 'Kerajaan Islam Aceh Darussalam', Dua Pria Bersenjata Ditangkap Polisi

    ACEH TIMUR - Dua kakak beradik, Nas dan Sul alias Sal, ditangkap tim Satgas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Keduanya diduga merupakan anggota KKB yang berada Aceh Timur.Saat ditangkap, petugas ber

  • Minggu, 27/01/2019 09:14 WIB

    TNI AL Gagalkan Penyelundupan 7.000 Belangkas dari Aceh ke Thailand

    ACEH TIMUR - Sebuah kapal motor bernama lambung KM Lumba-lumba yang diawaki 3 anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia, diamankan TNI Angkatan Laut di Perairan Aceh Timur. Kapal itu diduga hendak

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir