2 Pelaku Hipnotis Warga Lhokseumawe Dibeurekah

Oleh: Redaksi
Jumat, 20/03/2020 15:30 WIB
Foto: Antara

LHOKSEUMAWE - Polsek Banda Sakti Kota Lhokseumawe berhasil meringkus dua pelaku penipuan dengan modus menghipnotis korbannya. Kedua pelaku yang diringkus berinisial E (50) warga Riau dan D (40) warga Sumsel Barat yang berprofesi sebagai supir mobil rental.

"Kedua pelaku ditangkap pada hari Sabtu tanggal 8 Maret 2020 di Pasar Ikan Pusong Kota Lhokseumawe setelah menghipnotis korban Hamdani yang merupakan warga setempat," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kapolsek Banda Sakti Iptu Irwansyah SE di Lhokseumawe, Jum'at (20/3/2020).

Dikatakannya, dari hasil interogasi diketahui kedua tersangka merupakan supir mobil rental dan pada bulan Februari tersangka mengantar sewa dari Pekanbaru ke Banda Aceh, namun setibanya di Aceh tersangka menjalankan aksi penipuan dengan modus hipnotis kepada korbannya sebanyak empat kali.

"Sebelum melakukan hipnotis di Lhokseumawe, tersangka menjalankan aksinya di tiga tempat kejadian perkara (TKP) di wilayah Banda Aceh dan berhasil mendapatkan uang sebanyak Rp1,6 juta," katanya.

Selanjutnya, kata Irwansyah, saat kembali ke Pekanbaru, tersangka singgah di Kota Lhokseumawe dan melakukan kejahatan yang sama yakni memperdaya korbannya dengan modus hipnotis di Pasar Ikan Pusong Kecamatan Banda Sakti.

"Tersangka memanggil korban dan berpura-pura kenal sambil menyalami serta membujuk korban agar masuk ke dalam mobil. Kemudian tersangka memberikan air mineral yang diduga sebagai upaya menghipnotis korban," katanya.

Setelah korban dalam kondisi terhipnotis, tersangka mengutarakan niatnya hendak pulang ke Pekanbaru akan tetapi tidak memiliki ongkos.

"Tanpa sadar korban mengeluarkan dompet yang berisikan uang sebanyak satu juta rupiah. Setelah berhasil menguras isi dompet korban, tersangka memasukkan kembali dompet tersebut ke dalam saku celana, lalu korban dikeluarkan dari mobil," kata Irwansyah.

Namun, korban baru sadar saat sudah keluar dari mobil dan kemudian korban berteriak meminta pertolongan. Kebetulan di lokasi kejadian ada petugas kepolisian dan Babinsa setempat.

"Mengetahui ada korban dihipnotis, masyarakat yang dibantu petugas kepolisian dan Babinsa Banda Sakti melakukan pengejaran dan berhasil meringkus kedua tersangka," katanya.

Sementara itu, tersangka E mengaku melakukan perbuatan tersebut secara spontan tanpa ada rencana sebelumnya dikarenakan butuh uang untuk pulang ke Padang.

"Tidak ada niat untuk melakukan hipnotis kepada korban, itu terjadi secara spontan karena butuh uang untuk pulang ke Padang," katanya.

Saat ditanyai sudah berapa lama belajar ilmu hipnotis, tersangka mengaku belajar di kampungnya dan tidak ingat lagi sudah berapa lama mempelajari ilmu tersebut.

"Saya sudah tidak ingat, waktu itu saya belajar ilmu hipnotis di kampung," kata dia.

Selain menangkap dua tersangka penipuan dengan modus hipnotis, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti satu unit mobil Isuzu Panther, jimat yang digunakan tersangka berupa batu putih dan cairan bewarna hitam serta uang tunai sebesar satu juta rupiah.

Atas perbuatannya tersangka ancaman hukuman kurungan penjara selama empat tahun.

Tag:Lhokseumawepelaku hipnotis
Berita Terkait
  • Minggu, 12/07/2020 17:33 WIB

    Polisi Tanggap Tiga Pengedar Sabu di Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE - Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Lhokseumawe berhasil menangkap tiga orang pria diduga pengedar narkoba jenis sabu-sabu dan ganja. Ketiganya ditangkap di sebuah rumah di Jal

  • Jumat, 03/07/2020 18:50 WIB

    Pramuka Kwarcab Aceh Utara Salurkan Bantuan Untuk Warga Rohingya

    LHOKSEUMAWE - Gerakan Pramuka Kwarting Cabang Aceh Utara menyalurkan bantuan kepada pengungsi Rohingya yang berada di penampungan sementara, bekas kantor Imigrasi Lhokseumawe di Puenteut, Blang Manga

  • Rabu, 01/04/2020 19:46 WIB

    Gara-gara Corona, Rusunawa Lhokseumawe Akan Dijadikan Tempat Karantina TKI

    LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhokseumawe akan menjadikan gedung Rusunawa di Desa Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti sebagai tempat karantina sementara bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang

  • Sabtu, 21/03/2020 14:50 WIB

    Imbas Corona, Penjualan Tiket Pesawat di Lhokseumawe Turun Drastis

    LHOKSEUMAWE - Merebaknya wabah virus corona jenis baru atau COVID-19 yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia berimbas pada penjualan tiket pesawat di Kota Lhokseumawe, di antaranya terjadi pembatala

  • Jumat, 20/03/2020 13:12 WIB

    Sempat Dirawat Satu Malam di RS Kesrem Lhokseumawe, ODP Corona Dipulangkan

    LHOKSEUMAWE - Pasien berstatus Orang Dalam Pemantaun (ODP) diizinkan pulang setelah menjalani perawatan satu malam di Rumah Sakit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (RS TNI-AD) Kesrem 07.01, Lh

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir