• Home
  • Peristiwa
  • 2 Nelayan Aceh yang Diselamatkan di Thailand Dipulangkan

2 Nelayan Aceh yang Diselamatkan di Thailand Dipulangkan

Oleh: Redaksi
Jumat, 27/07/2018 16:23 WIB
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Dua nelayan asal Aceh Timur, Aceh yang diselamatkan nelayan Thailand dipulangkan ke kampung halaman. Sementara dua nelayan lagi hingga kini masih hilang setelah kapal yang mereka pakai untuk melaut hancur kena badai.

"Dua nelayan dari Idi Cut, Aceh Timur yaitu Darkacy dan bailatul Aqmi sudah tiba di Aceh. Mereka tiba di Bandara Kuala Namu Sumatera Utara siang tadi," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, Jumat (27/7/2018).  

Kedua nelayan ini tiba di Bandara Internasional Kuala Namu sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka dipulangkan dari Bandara Hat Yai Internasional di Thailand. Kepulangan kedua nelayan asal tanah Rencong ini disambut pihak keluarga, Panglima Laot, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh.  

"Begitu tiba, mereka langsung dibawa pulang menggunakan transportasi darat ke Idi Cut, Aceh Timur," ungkapnya.  

Menurutnya, berdarkan keterangan dari korban selamat, kapal KM Indah Harapan yang mereka pakai untuk melaut hancur diterjang badai. Empat orang di dalam kapal terpisah. Dua orang berhasil diselamatkan nelayan Thailand dan dua lagi hilang. 

"Kapalnya pecah dan mereka dihempas ombak sehingga berpisah. Kebetulan dua orang bisa bersama," jelas Miftach.  

Seperti diberitakan sebelumnya, boat nelayan Aceh Timur, Aceh berukuran 7 GT tenggelam di perbatasan perairan Aceh dengan Malaysia. Kapal tersebut adalah boat jalur tarik rumpon yang bekerjasama dengan boat pukat langga. Dua orang nelayan berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan jerigen. Keduanya selanjutnya dievakuasi ke Thailand.

Sumber: Antara

Tag:nelayan acehterdamparthailand
Berita Terkait
  • Jumat, 26/06/2020 12:37 WIB

    UNHCR Segera Tagani 94 Warga Rohingya di Aceh Utara

    ACEH UTARA - Pihak Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang mengurusi pengungsi (UNHCR) akan bekerjasama dengan Pemerintah Aceh dalam membantu proses karantina bagi 94 warga Rohingya yang terdampar di pe

  • Selasa, 09/06/2020 17:54 WIB

    Nelayan Aceh Lihat Kapal Rohingya di Selat Malaka

    BANDA ACEH - Personel Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Aceh mendapat laporan adanya kapal etnis Rohingya berlayar ke arah perairan Selat Malaka. Polisi meningkatkan patroli untuk me

  • Rabu, 03/06/2020 18:40 WIB

    Bekerja di Kapal Asing, ABK Asal Aceh Dilaporkan Sudah Meninggal Dunia

    BANDA ACEH - Seorang anak buah kapal (ABK) asal Gampong Rawa, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, bernama Fadhil (26) yang bekerja di kapal asing dilaporkan hilang sejak November 2019. Rusli Ahmad (53)

  • Jumat, 29/05/2020 10:52 WIB

    Panglima Laot Aceh Minta Pemerintah Bantu 116 Nelayan Ditahan di 3 Negara

    BANDA ACEH - Sebanyak 116 nelayan Aceh ditahan di tiga negara karena melewati perbatasan saat melaut. Pihak keluarga mengaku khawatir karena sudah lima bulan tidak mendapat kabar terbaru terkait penan

  • Selasa, 31/03/2020 18:15 WIB

    Nelayan Aceh Tetap Melaut Meski Corona

    BANDA ACEH - Nelayan Aceh tetap melaut seperti biasa meski virus Corona mewabah. Para nelayan berharap pemerintah tidak menerapkan status lockdown yang dapat menyulitkan mereka mencari ikan. "Hingga

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir