2.600 Jiwa Terdampak Banjir Aceh Tenggara

Oleh: Redaksi
Senin, 04/12/2017 20:20 WIB
Dibaca: 34 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH TENGGARA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara memperkirakan sebanyak 2.600 orang penduduk pada empat desa terdampak banjir di wilayah ini.

"Korban jiwa memang tidak ada. Tapi yang terdampak itu ada sekitar 2.600 jiwa," ujar Kepala BPBD Aceh Tenggara Ramadhan, di Kutacane, Senin.

Masyarakat yang terdampak itu, lanjutnya, berasal dari empat desa pada dua kecamatan, yakni Pinding, Kuning I, Rikit Paloh, dan Kuta Lingga.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara hingga kini belum menyalurkan bantuan dalam masa panik bagi warga terdampak banjir akibat luapan Sungai Lawe Kinga.

Ia menyebutkan, terdapat satu titik di Daerah Aliran Sungai Lawe Kinga dengan panjang sekitar 200-an meter tanggul penahan air pecah, dan sudah diperbaiki oleh pihaknya.

"Kondisi terkini, alhamdulillah banjir sudah surut akibat tanggul yang jebol. Namun, telah kami perbaiki. Tapi sebagian warga masih menginap di rumah tetangga atau kerabat dekatnya," ujar Ramadhan lagi.

Komandan Kodim 0108/Aceh Tenggara Letkol Kav Joni Hariadi mengatakan, pihaknya dibantu aparat terkait dan penduduk setempat berencana akan membersihkan fasilitas umum pada dua kecamatan yakni Bambel dan Bukit Tusam.

"Untuk kegiatan besok, kami akan bersihkan sedikitnya tujuh titik yakni Pesantren Nurul Islam, tiga sekolah dasar, dan satu masjid," kata Joni.

Rumah-rumah warga yang terdampak banjir berada pada tiga desa di Kecamatan Bambel, terlihat warga masih membersihkan rumah, pekarangan rumah, dan berjaga-jaga di sekitar peralatan atau isi rumahnya.

Genangan air Sungai Lawe Kinga sudah tidak terlihat lagi sepanjang jalan lintas Kutacane-Medan di Bambel, kecuali sedikit lumpur terbawa air sungai di aspal jalan.

Sumber: antaranews.com

T#g:Aceh TenggaraBanjir
Berita Terkait
  • Jumat, 08/12/2017 14:16 WIB

    KPA Pase salurkan sembako untuk korban banjir

    ACEH UTARA - Komite Peralihan Aceh (KPA) Daerah III Teungku Chiek di Paya Bakong, Wilayah Pasee, Kabupaten Aceh Utara, menyerahkan bantuan sembako kepada para korban banjir di 11 desa dalam Kecamat

  • Rabu, 06/12/2017 09:57 WIB

    Dampak Banjir, Pedagang Lhoksukon Terpaksa Jualan di Median jalan

    ACEH UTARA - Puluhan pedagang ibu kota Kabupaten Aceh Utara, Lhoksukon, terpaksa berjualan di median badan jalan dan trotoar kawasan itu sejak kemarin. Lapak dagangan mereka di pasar terpadu telah

  • Senin, 04/12/2017 19:39 WIB

    Banjir Bandang Landa 6 Desa di Tamiang

    ACEH TAMIANG - Enam desa di Kecmatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, mengalami banjir bandang, akibat curah hujan melampaui ambang batas normal di wilayah tersebut. Ketua Search and Recue

  • Senin, 04/12/2017 10:52 WIB

    Ibukota Aceh Utara Diterjang Banjir

    ACEH UTARA - Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib menyatakan telah menetapkan daerahnya sebagai darurat bencana banjir. Hal itu seiring semakin meluasnya banjir merendam 19 kecamatan dari 27 kecamatan

  • Minggu, 03/12/2017 10:21 WIB

    Kapolres Aceh Utara Serahkan Bantuan Untuk Korban Banjir

    ACEH UTARA - Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji bersama ibu Ketua Cabang Bhayangkari dan rombongan, Sabtu (2/12/2017) meninjau langsung ke sejumlah Desa yang dilanda banjir di Kecamatan Matang

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir