2.039 Peserta Lulus Jalur SNMPTN di Unsyiah

Oleh: Redaksi
Senin, 25/03/2019 20:51 WIB
Dibaca: 537 kali
Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal. (Foto: Antara)

BANDA ACEH - Sebanyak 2.039 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2019 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Sabtu mengatakan dua ribuan peserta yang dinyatakan lulus tersebut merupakan hasil seleksi dari 10.509 peserta SNMPTN yang mendaftar di Unsyiah tahun 2019.

"Jumlah kelulusan ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 1.704 orang dan tahun ini, Unsyiah masuk sepuluh besar perguruan tinggi yang menerima peserta SNMPTN terbanyak di Indonesia," kata Samsul Rizal.

Ia menjelaskan peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tersebut menunjukkan Unsyiah memberikan kesempatan besar bagi calon mahasiswa untuk menempuh pendidikannya di kampus "Jantong Hatee" (jantung hati) rakyat Aceh.

Ia menyebutkan ulusan tersebut terdiri dari 1.246 orang lulus di bidang Sain dan Teknologi (Saintek) dan 793 orang lulus di bidang Sosial dan Humaniora (Soshum).

"Mereka nantinya akan tersebar di 12 fakultas yang ada di Unsyiah," katanya.

Ia menambahkan pengumuman hasil SNMPTN dapat dilihat melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id dan sejak Jumat, 22 Maret pukul 13.00 WIB. Dari jumlah peserta yang lulus SNMPTN tahun 2019 di Unsyiah, tercatat di antaranya sebanyak 1.063 peserta merupakan penerima beasiswa Bidikmisi.

"Jumlah ini merupakan terbanyak ketiga dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan di posisi pertama ditempati Universitas Negeri Padang sebanyak 1.390 peserta dan Universitas Haluoleo sebanyak 1.097 peserta," katanya.

Rektor juga mengatakan program studi Farmasi Unsyiah juga masuk dalam 20 besar ranking keketatan prodi kelompok saintek di SNMPTN secara nasional. Pemeringkatan tersebut menunjukkan jika program studi di Unsyiah semakin diminati calon mahasiswa di Indonesia.

"Pemeringkatan ini menunjukkan kualitas Unsyiah semakin diminati dan diperhitungkan di tingkat nasional dan Alhamdulillah berhasil mengungguli beberapa universitas ternama di Indonesia," katanya.

Dia berharap bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN untuk mengikuti beberapa tahapan penting berupa verifikasi data akademik. Sedangkan jadwal verifikasi data akademik, para calon mahasiswa diminta untuk selalu memantau website www.unsyiah.ac.id dan media sosial Unsyiah.

Rektor juga mengingatkan, bagi peserta yang tidak lulus jalur seleksi SNMPTN, masih dapat mengikuti tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tahapan pendaftaran SBMPTN dimulai dengan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui website https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.

Pendaftaran gelombang pertama akan berakhir pada 24 Maret 2019 nanti. Sedangkan pendaftaran gelombang kedua dimulai pada 25 Maret hingga 1 April 2019. Segala informasi terkait UTBK dan SBMPTN dapat dilihat melalui website www.ltmpt.ac.id.

Sumber: Antara

Tag:jalur snmptnUnsyiah
Berita Terkait
  • Selasa, 01/10/2019 07:45 WIB

    Unsyiah Gelar Forum Inovasi dan Bisnis Klaster Nilam

    BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala melaui Atsiri Research Center (ARC) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti menyelenggarakan Forum Inovasi dan Bisnis Klaster N

  • Jumat, 27/09/2019 19:51 WIB

    Mahasiswa FKG Unsyiah Gelar Bakti Sosial di Bener Meriah

    BENER MERIAH - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unsyiah Banda Aceh menggelar kegiatan bakti sosial penyuluhan sekaligus pengobatan gigi dan mulut gratis terhadap anak dan masyarakat di Kabupat

  • Jumat, 24/05/2019 17:36 WIB

    Unsyiah Gelar Event Catur International

    BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh akan menggelar event catur international, 6 - 7 Agustus 2019. Event tersebut menghadir para pecatur dari IIUM Malaysia yang akan bertandin

  • Senin, 06/05/2019 07:47 WIB

    Tragis, Mahasiswa Teknik Geologi Unsyiah Tewas saat Penelitian

    BANDA ACEH - Seorang mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ditemukan tewas di waduk di Aceh Besar. Korban, Chairil Vuger (20) tenggelam saat sedang melakukan penelitian. "Korban ditemukan pag

  • Sabtu, 04/05/2019 06:26 WIB

    Unsyiah Kukuhkan Tiga Guru Besar

    BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam mengukuhkan tiga guru besar dalam sidang senat terbuka yang dipimpin Ketua Senat Unsyiah Profesor Said Muhammad di Darussalam, Banda Aceh, Jum

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir