• Home
  • Peristiwa
  • "BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

"BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

Oleh: Redaksi
Rabu, 03/04/2019 11:42 WIB
Dibaca: 184 kali
Foto: Antara

SABANG - Tiga Pemerintahan yakni, Kota Sabang, Kota Banda Aceh dan Aceh Besar disingkat "BaSaJan" menyepakati kerja melakukan pengembangan potensi industri wisata yang dimiliki tiga daerah tersebut.

BaSaJan singkatan dari ibu ke tiga Pemerintahan tersebut yakni, Banda Aceh, Sabang dan Jantho. 

Wali Kota Sabang Nazaruddin, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyepakati pengembangan industri pariwisata ke tiga daerah tersebut sebagaimana dituangkan dalam MoU serta ditandatangani secara bersama di ruang kerja Wali Kota Sabang pada, Selasa (2/4/2019).

"Pada hari ini kembali kita bangkitkan BaSaJan. Ke tiga daerah ini, masing-masing mempunyai keunggulan dan memiliki potensi wisata yang luar biasa," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, usai penandatanganan MoU.

Aminullah memaparkan, Kota Banda Aceh mempunyai berbagai cagar budaya mulai dari Masjid Raya Baiturrahman, Kapal PLTD Apung dan Museum Tsunami.

Sedangkan Kota Sabang terkenal dengan berbagai objek andalan wisata baharinya yang saat ini sudah dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selanjutnya, Kabupaten Aceh Besar unggul pada wisata kulinernya dan bentangan pantai berpasir putih yang langsung menghadap Ke Samudera Hindia dan Selat Malaka.

"Untuk pengembangan potensi ini kita bersinergi dan bersama-sama mempromosikan industri wisata bahari untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara," ujarnya.

Arus kunjungan wisatawan diharapkan terus meningkat berkunjung ke provinsi paling barat Sumatera guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh secara umum, sambung Wali Kota Sabang, Nazaruddin.

Para pihak juga berkeinginan melakukan pengembangan potensi di tiga daerah tersebut untuk percepatan pembangunan bidang transportasi maupun infrastruktur seperti Pelabuhan.

"Kita bersama-sama akan mengembangkan potensi wisata guna membangkitkan kunjungan para wisatawan domestik maupun internasional demi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," ucapnya.

Setiap daerah memiliki potensi dan keunggulan masing-masing. Untuk itu, para pihak berkomitmen akan melakukan sinergitas guna mendorong peningkatan pendapatan masyarakat.

"Kami berharap kerja sama ini akan mendatangkan wisatawan yang banyak, dan membangkitkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan," tambah Bupadi Aceh Besar Mawardi Ali.

Sumber: Antara

Tag:basajanpariwisata acehSabang
Berita Terkait
  • Senin, 01/06/2020 18:34 WIB

    Sambut New Normal, Wisata Sabang Kembali Dibuka

    SABANG - Memasuki penerapan pola kehidupan normal baru atau New Normal, Pemerintah Kota Sabang, Aceh kembali membuka lokasi wisata serta pengoperasian moda transportasi laut dari Banda Aceh menuju Sab

  • Sabtu, 21/03/2020 22:31 WIB

    Satu PDP Corona dari Sabang Dirujuk ke RSU Zainoel Abidin

    SABANG - Seorang warga Kota Sabang yang masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh guna penanganan medis l

  • Jumat, 06/03/2020 17:41 WIB

    Imbas Virus Corona, Sabang Marine Festival 2020 Ditunda

    SABANG - Event Sabang Marine Festival (SMF) 2020 yang rencananya bakal digelar pertengahan Maret mendatang diputuskan bakal ditunda. Panitia sudah menyampaikan kabar penundaan tersebut ke peserta dari

  • Selasa, 05/11/2019 15:26 WIB

    Perusahaan Diving Dituding Rusak Terumbu Karang di Sabang

    SABANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang mengancam akan mencabut izin PT. Monster Scuba Diving Centre jika terbukti merusak terumbu karang. Perusahaan ini dituding merusak lingkungan saat pembersihan

  • Minggu, 13/10/2019 14:22 WIB

    Sabang Fokus Pengembangan Pariwisata Fisik dan Non Fisik

    SABANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Sabang menyatakan pengembangan pariwisata di Sabang ke depan ini akan fokus pada pembangunan fisik dan non fisik, dalam upaya memberi pelayana

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir