• Home
  • Peristiwa
  • "BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

"BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

Oleh: Redaksi
Rabu, 03/04/2019 11:42 WIB
Dibaca: 54 kali
Foto: Antara

SABANG - Tiga Pemerintahan yakni, Kota Sabang, Kota Banda Aceh dan Aceh Besar disingkat "BaSaJan" menyepakati kerja melakukan pengembangan potensi industri wisata yang dimiliki tiga daerah tersebut.

BaSaJan singkatan dari ibu ke tiga Pemerintahan tersebut yakni, Banda Aceh, Sabang dan Jantho. 

Wali Kota Sabang Nazaruddin, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyepakati pengembangan industri pariwisata ke tiga daerah tersebut sebagaimana dituangkan dalam MoU serta ditandatangani secara bersama di ruang kerja Wali Kota Sabang pada, Selasa (2/4/2019).

"Pada hari ini kembali kita bangkitkan BaSaJan. Ke tiga daerah ini, masing-masing mempunyai keunggulan dan memiliki potensi wisata yang luar biasa," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, usai penandatanganan MoU.

Aminullah memaparkan, Kota Banda Aceh mempunyai berbagai cagar budaya mulai dari Masjid Raya Baiturrahman, Kapal PLTD Apung dan Museum Tsunami.

Sedangkan Kota Sabang terkenal dengan berbagai objek andalan wisata baharinya yang saat ini sudah dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selanjutnya, Kabupaten Aceh Besar unggul pada wisata kulinernya dan bentangan pantai berpasir putih yang langsung menghadap Ke Samudera Hindia dan Selat Malaka.

"Untuk pengembangan potensi ini kita bersinergi dan bersama-sama mempromosikan industri wisata bahari untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara," ujarnya.

Arus kunjungan wisatawan diharapkan terus meningkat berkunjung ke provinsi paling barat Sumatera guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh secara umum, sambung Wali Kota Sabang, Nazaruddin.

Para pihak juga berkeinginan melakukan pengembangan potensi di tiga daerah tersebut untuk percepatan pembangunan bidang transportasi maupun infrastruktur seperti Pelabuhan.

"Kita bersama-sama akan mengembangkan potensi wisata guna membangkitkan kunjungan para wisatawan domestik maupun internasional demi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," ucapnya.

Setiap daerah memiliki potensi dan keunggulan masing-masing. Untuk itu, para pihak berkomitmen akan melakukan sinergitas guna mendorong peningkatan pendapatan masyarakat.

"Kami berharap kerja sama ini akan mendatangkan wisatawan yang banyak, dan membangkitkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan," tambah Bupadi Aceh Besar Mawardi Ali.

Sumber: Antara

Tag:basajanpariwisata acehSabang
Berita Terkait
  • Jumat, 12/04/2019 18:24 WIB

    Kapal Pesiar MS Albatros Singgah di Sabang, Bawa 900 Turis

    SABANG - Kapal pesiar MS Albatros berbendera Bahamas/Nasau dengan 900 turis singgah di Sabang. Ini kapal pesiar keempat yang singgah di sana selama 2019. Kapal pesiar MS singgah di Pelabuhan CT-3 Sab

  • Jumat, 05/04/2019 23:07 WIB

    Aceh Promosi Wisata Bahari di Jakarta

    JAKARTA - Provinsi Aceh tidak pernah absen dalam mempromosikan wisata baharinya ke dunia internasional salah satunya dengan andil bagian pada Pameran Deep and Extreme (DXI) Indonesia 2019 yang berlang

  • Selasa, 02/04/2019 20:04 WIB

    Sabang Tetap Ramah Wisatawan Meski Jalankan Syariat Islam

    SABANG - Wisatawan yang ingin melancong ke Sabang kadang ragu-ragu dengan aturan syariat Islam yang berlaku di Aceh. Tapi tenang, dijamin tetap ramah wisatawan. Melancong ke Sabang dapat ditempuh den

  • Kamis, 28/02/2019 12:29 WIB

    Tiga Provinsi Ikut Festival Khanduri Laot di Sabang

    SABANG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Faisal menyebutkan, tiga provinsi akan ikut berpartisipasi pada festival khanduri laot atau kenduri laut pada 28 hingga 31 Mare

  • Rabu, 27/02/2019 21:56 WIB

    Aceh Jadikan Wisata Halal Produk Unggulan

    BANDA ACEH - emerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadikan wisata halal sebagai produk unggulan guna menarik wisatawan berkunjung ke provinsi ujung barat Indonesia tersebut. "Wi

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir