• Home
  • Peristiwa
  • "BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

"BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

Oleh: Redaksi
Rabu, 03/04/2019 11:42 WIB
Dibaca: 98 kali
Foto: Antara

SABANG - Tiga Pemerintahan yakni, Kota Sabang, Kota Banda Aceh dan Aceh Besar disingkat "BaSaJan" menyepakati kerja melakukan pengembangan potensi industri wisata yang dimiliki tiga daerah tersebut.

BaSaJan singkatan dari ibu ke tiga Pemerintahan tersebut yakni, Banda Aceh, Sabang dan Jantho. 

Wali Kota Sabang Nazaruddin, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyepakati pengembangan industri pariwisata ke tiga daerah tersebut sebagaimana dituangkan dalam MoU serta ditandatangani secara bersama di ruang kerja Wali Kota Sabang pada, Selasa (2/4/2019).

"Pada hari ini kembali kita bangkitkan BaSaJan. Ke tiga daerah ini, masing-masing mempunyai keunggulan dan memiliki potensi wisata yang luar biasa," kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, usai penandatanganan MoU.

Aminullah memaparkan, Kota Banda Aceh mempunyai berbagai cagar budaya mulai dari Masjid Raya Baiturrahman, Kapal PLTD Apung dan Museum Tsunami.

Sedangkan Kota Sabang terkenal dengan berbagai objek andalan wisata baharinya yang saat ini sudah dikenal wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selanjutnya, Kabupaten Aceh Besar unggul pada wisata kulinernya dan bentangan pantai berpasir putih yang langsung menghadap Ke Samudera Hindia dan Selat Malaka.

"Untuk pengembangan potensi ini kita bersinergi dan bersama-sama mempromosikan industri wisata bahari untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara," ujarnya.

Arus kunjungan wisatawan diharapkan terus meningkat berkunjung ke provinsi paling barat Sumatera guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh secara umum, sambung Wali Kota Sabang, Nazaruddin.

Para pihak juga berkeinginan melakukan pengembangan potensi di tiga daerah tersebut untuk percepatan pembangunan bidang transportasi maupun infrastruktur seperti Pelabuhan.

"Kita bersama-sama akan mengembangkan potensi wisata guna membangkitkan kunjungan para wisatawan domestik maupun internasional demi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," ucapnya.

Setiap daerah memiliki potensi dan keunggulan masing-masing. Untuk itu, para pihak berkomitmen akan melakukan sinergitas guna mendorong peningkatan pendapatan masyarakat.

"Kami berharap kerja sama ini akan mendatangkan wisatawan yang banyak, dan membangkitkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan," tambah Bupadi Aceh Besar Mawardi Ali.

Sumber: Antara

Tag:basajanpariwisata acehSabang
Berita Terkait
  • Minggu, 14/07/2019 20:33 WIB

    Dua Atlet Taekwondo Sabang Ikut Open Internasional di Malaysia

    SABANG - Dua atlet tekwondo asal Kota Sabang, akan mengikuti Open Internasional Championship pada 2-4 Agustus 2019 di Malaysia. "Dua atlet tekwondo Sabang sudah mendaftar dan akan ikut Open Interna

  • Sabtu, 06/07/2019 19:44 WIB

    Aceh Culinary Festival Masuk Kategori Top Event Kemenpar

    BANDA ACEH - Aceh Culinary Festival yang menjadi kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam tiga tahun berturut-turut masuk kategori 100 top event dari Kementerian Pariwisata. "Alham

  • Rabu, 03/07/2019 22:50 WIB

    Aceh yang Menunggu Tumpahan Turis dari Phuket & Langkawi

    BANDA ACEH - Kunjungan wisman ke Aceh menurun drastis pada Mei lalu. Tanah Rencong kini berharap adanya tumpahan wisatawan dari Phuket dan Langkawi. Berdasarkan data dirilis Badan Pusat Statistik (BP

  • Selasa, 25/06/2019 15:40 WIB

    Cuaca Buruk, Seluruh Pelayaran Banda Aceh-Sabang Dihentikan

    BANDA ACEH - Pelayaran dari Banda Aceh menuju Sabang dan sebaliknya dihentikan sementara akibat ombak tinggi dan angin kencang. Kapal kembali berlayar besok pagi. "Seluruh pelayaran hari ini kita h

  • Senin, 24/06/2019 06:47 WIB

    Plt Gubernur Aceh Usul Penerbangan Sabang-Phuket-Krabi-Langkawi

    BANGKOK - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengusulkan konektivitas udara dari Sabang, Phuket, Krabi, hingga Langkawi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-34 ASEAN dan KTT IM

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir