• Home
  • Olahraga
  • Rektor Apresiasi Prestasi Kontingen Unsyiah di Malaysia

Rektor Apresiasi Prestasi Kontingen Unsyiah di Malaysia

Oleh: Redaksi
Senin, 30/07/2018 09:42 WIB
Dibaca: 717 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal memberikan apreasiasi kepada kontingen mahasiswa Unsyiah yang meraih dua medali emas dan satu perunggu pada Varsity Carnival ke- 20, segitiga negara pertumbuhan Indonesia- Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Rektor yang diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Ir Marwan menyampaikan apresiasi itu pada syukuran dan ucapan terima kasih atas prestasi atlet kontingen Unsyiah, di halaman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah, Darussalam, Minggu (29/7/2018) sore. 

Di even varsity carnival tersebut, kontingen Unsyiah meraih dua medali emas dari cabang petanque dan tenis lapangan. Sedangkan medali perunggu diperoleh dari cabang sepakbola. 

Varsity carnival atau ajang lomba mahasiswa bidang olahraga, seni budaya dan seminar international tiga negara Indonesia, Malaysia, Thailand berlangsung di kampus University Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Perlis, Malaysia, 20 - 26 Juli 2018,   

Marwan menyatakan, prestasi yang diraih mahasiswa Unsyiah sesuatu yang membanggakan. "Kita tidak lupakan prestasi yang telah diraih tersebut," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan pembinaan harus terus dilakukan dan berlanjut, sehingga prestasi bisa terus berkembang. 

Apalagi ke depan ada kejuaraan tenis lapangan memperebutkan piala rektor dan kejuaraan nasional (Kejurnas) petanque antar perguruan tinggi di Unsyiah. "Melalui Kejurnas itu nanti dapat mengukur kekuatan kita dari pembinaan yang telah dilakukan," ujarnya. 

Sebelumnya dalam kesempatan sama, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC,l mengatakan, prestasi yang dicapai mahasiswa Unsyiah tidak hanya mengharumkan nama almamater, juga mengharumkan Aceh, bahkan bangsa Indonesia. 

Sebutnya, keikutsertaan Unsyiah dalam ajang tahunan di bidang olahraga, seni budaya, dan seminar bagi kalangan mahasiswa perguruan tinggi IMT-GT, merupakan yang pertama kali. 

"Prestasi yang diraih mahasiswa patut kita syukuri. Ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya meraih prestasi di berbagai bidang," imbuhnya.   

Sementara itu, seorang official Kontingen Unsyiah, Nashrillah Anis, SE, MM menjelaskan, tim tenis lapangan Unsyiah meraih medali emas setelah di final mengalahkan Universitas Negeri Medan (Unimed)dengan skor 2-1. 

Medali emas dari cabang olahraga petanque diraih Unsyiah setelah di final mengungguli tim dari Prince Songkla University (PSU) Thailand dengan skor 3 - 0. 

Aweng demikian sapaan akrab Nashrillah Anis yang juga Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Petanque Indonesia (Pengprov FOPI) ini menyebutkan, tim petanque Unsyiah pada even tersebut diperkuat enam atlet yang bermain di tiga nomor yaitu nomor double men, Agus Maulizar/Ali Aruansah. Double women, Novi Lidya Isdarianti/kurnia Eliyanti dan double mix, Ilyas/Rani Amellia. 

Staf Ahli Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah tersebut menambahkan, satu medali perunggu cabang sepakbola diraih Unsyiah setelah dalam laga perebutan tempat ketiga, menang 4 - 3 lewat adu pinalti atas kesebelasan Prince Songkhla University (PSU) Thailand. 

Sementara itu, acara sykuran kontingen mahasiswa Unsyiah tersebut turut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) FOPI Pusat, Caca Isa Saleh. Juga hadir Ketua Umum Pengprov FOPI Aceh, Drs. Abdurrahman, M.Kes, akademisi olahraga Aceh, Drs. Nuzuli MS, sejumlah civitas akademika Unsyiah, pengurus Bapomi Aceh dan para atlet, official Kontingen Unsyiah.

Sumber: Antara

Tag:pretasi mahasiswa unsyiahrektor unsyiahUnsyiahvarsity carnival
Berita Terkait
  • Jumat, 24/05/2019 17:36 WIB

    Unsyiah Gelar Event Catur International

    BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh akan menggelar event catur international, 6 - 7 Agustus 2019. Event tersebut menghadir para pecatur dari IIUM Malaysia yang akan bertandin

  • Senin, 06/05/2019 07:47 WIB

    Tragis, Mahasiswa Teknik Geologi Unsyiah Tewas saat Penelitian

    BANDA ACEH - Seorang mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ditemukan tewas di waduk di Aceh Besar. Korban, Chairil Vuger (20) tenggelam saat sedang melakukan penelitian. "Korban ditemukan pag

  • Sabtu, 04/05/2019 06:26 WIB

    Unsyiah Kukuhkan Tiga Guru Besar

    BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam mengukuhkan tiga guru besar dalam sidang senat terbuka yang dipimpin Ketua Senat Unsyiah Profesor Said Muhammad di Darussalam, Banda Aceh, Jum

  • Senin, 25/03/2019 20:51 WIB

    2.039 Peserta Lulus Jalur SNMPTN di Unsyiah

    BANDA ACEH - Sebanyak 2.039 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2019 dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam, Banda Aceh. Rektor Unsyiah, Prof Sa

  • Minggu, 17/03/2019 23:11 WIB

    Cerita Dosen Unsyiah yang Selamat dari Penembakan Christchurch

    BANDA ACEH - Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP Unsyiah) Aceh, Dian Fajrina selamat dari tragedi penembakan di New Zealand. Hari itu, Dian bersama keluarga urung

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir