• Home
  • OLAHRAGA
  • Masalah Tulang Belakang, Bek Timnas Indonesia Absen di Aceh

Masalah Tulang Belakang, Bek Timnas Indonesia Absen di Aceh

Oleh: Redaksi
Kamis, 30/11/2017 20:20 WIB
Dibaca: 53 kali
Timnas Indonesia tidak diperkuat Andy Setyo Nugroho dalam Tsunami Cup 2017. (Foto: ANTARA/Risky Andrianto)

JAKARTA - Andy Setyo Nugroho batal memperkuat Timnas Indonesia dalam laga uji tanding internasional bertajuk Tsunami Cup 2017, 2-6 Desember.

Terakhir kali tampil membela tim Merah Putih, Andy hanya tampil 15 menit. Masuk menggantikan Bagas Adi Nugroho pada awal babak pertama, pemain PS TNI itu harus keluar lapangan pada menit ke-60 karena mengalami keram di bagian kaki kanan.

Pemain 20 tahun itu tidak mau banyak berkomentar mengenai kondisi kesehatannya. Andy menilai tim dokter Timnas Indonesia lebih mengetahui cederanya.

"Semacam kontraksi otot di kaki kanan dan kiri saja. Kalau saya sebenarnya buat main bola masih bisa. Cuma mungkin memang butuh istirahat dulu," jelas Andy.

Dihubungi secara terpisah, Dokter Timnas Indonesia Syarif Alwi mengatakan, Andy mengalami keram kambuhan di bagian moskulus tibialis anterior atau otot yang berada di samping tulang kering bagian depan.

“Moskulus tibialis anterior sebelah kiri dan kanannya keram dan keras. Setelah diperiksa, ternyata keram kambuhan itu akibat adanya kelainan pada tulang belakangnya,” kata Syarif Alwi.

“Kelainan pada tulang bekalang itu yang harus diterapi. Kami akan usahakan supaya bisa sembuh total. Yang jelas kelainan itu ada di vertebrata (tulang belakang) lumbal empat-lumbal lima dan lumbal lima-sakral satu,” ujar dokter yang akrab disapa Papi itu.

Proses penyembuhan cedera Andy Setyo disebut Syarif Alwi membutukan waktu tiga sampai empat  pekan. Sebab itu, bek berusia 20 itu dipastikan tidak akan dibawa ke Aceh World Solidarity Tsunami Cup 2017.

Tim dokter Timnas Indonesia juga akan mendiskusikan perihal cedera Andy Setyo kepada dokter orthopedi yang khusus menangani permasalahan tulang belakang.

“Kami harus obatin dia sampai sembuh. Saya akan secepatnya konsultasi ke PSSI minta saran harus bawa ke mana (Andy Setyo) dan saya akan kasih masukkan idealnya harus ke mana. Kami harus gerak cepat dan proaktif untuk menangani hal ini,” terangnya.

Ini bukan kali pertama Andy Setyo mengalami cedera. Saat masih bersama Timnas U-19 di bawah asihan Eduard Tjong, ia juga pernah mengalami cedera hamstring yang membuatnya gagal tampil di Kualifikasi Grup B Piala AFF U-19.

“Semua pengobatannya ditanggung PSSI,” ucap Syarif Alwi. 

Sumber: cnnindonesia.com

T#g:Aceh World SolidarityTimnas IndonesiaTsunami Cup 2017
Berita Terkait
  • Rabu, 06/12/2017 22:17 WIB

    Ricky Fajrin: Terimakasih Masyarakat Aceh Atas Dukungan ke Timnas

    BANDA ACEH - Timnas Indonesiagagal kampiun di ajang Aceh World Solidarity Tsunami Cup (AWSTC) 2017 usai dikalahkan 0-1 Kirgiztan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (6/12/2017). Tim Merah-P

  • Rabu, 06/12/2017 20:03 WIB

    Reaksi Luis Milla Usai Timnas Indonesia Gagal Juara di Aceh

    BANDA ACEH - Timnas Indonesia gagal juara di di ajang Aceh World Solidarity Tsunami Cup (AWSTC) 2017 usai dikalahkan 0-1 Kirgiztan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Rabu (6/12/2017). Tim Merah

  • Selasa, 05/12/2017 12:28 WIB

    Lapangan Stadion Harapan Bangsa Aceh Berlumpur, Ini Pembelaan Panpel

    BANDA ACEH - Tim-tim peserta harus bertanding di atas lapangan berlumpur di Stadion Harapan Bangsa pada Aceh World Solidarity Cup. Panitia pelaksana mengatakan sudah mengantisipasinya. Lapangan

  • Minggu, 03/12/2017 00:10 WIB

    Indonesia Terlalu Tangguh untuk Brunei Darussalam

    BANDA ACEH - Tim Nasional Indonesia mengawali kiprahnya di turnamen Aceh World Solidarity Tsunami Cup (AWSTC) 2017 dengan catatan positif. Menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Harapan Bangsa, Ba

  • Kamis, 30/11/2017 23:36 WIB

    Miftahul Hamdi Ajak Masyarakat Aceh Dukung Timnas Indonesia

    BANDA ACEH - Pemain Timnas Indonesia berdarah Aceh, Miftahul Hamdi mengajak masyarakat Aceh untuk mendukung langsung Tim Merah-Putih saat berlaga di turnamen Aceh World Solidarity Cup (AWSC) 2017.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir