• Home
  • Olahraga
  • Ditolak Banyak Pihak, Ini Komentar Penyelenggara Sepakbola Putri

Ditolak Banyak Pihak, Ini Komentar Penyelenggara Sepakbola Putri

Oleh: Redaksi
Jumat, 05/07/2019 21:04 WIB
Dibaca: 60 kali
Foto: republika.co.id

BANDA ACEH - Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Aceh meminta maaf kepada masyarakat Aceh yang jika penyelenggaraan kegiatan seleksi pemain sepakbola putri U 17 tingkat Provinsi Aceh dinilai bertentangan dengan nilai-nilai syariat Islam.

“Kami atas nama Panitia Penyelenggara Seleksi Pemain Sepakbola Putri U-17 tingkat Provinsi Aceh, memohon maaf yang sebesar, besarnya kepada seluruh masyarakat Aceh jika penyelenggaraan kegiatan seleksi pemain tersebut ada bertentangan dengan nilai-nilai Syariat Islam,” sebut Ketua BLiSPI Aceh, Ishaq Rizal lewat pernyataan tertulis, Kamis (4/7/2019).

Dia menyebutkan even itu bertujuan untuk menjadi wadah penyaluran bakat dan kemapuan para generasi muda khususnya dalam cabang sepak bola sehingga kegiatan mereka menjadi terarah, dapat menjaga nilai syariat Islam dan kekhasan budaya Aceh.

“Daripada mereka menyalurkan bakatnya secara tidak terkendali dan yang lebih penting adalah untuk membina generasi muda agar tidak terjurumus kepada hal hal yang dilarang oleh Agama seperti untuk menghindari pengaruh narkoba dan kenakalan remaja lainnya,” terang Ishaq.

Disamping itu, sambungnya, penyelenggara beranggapan cabang olahraga sepakbola serumpun dengan cabang olahraga Bola Volly, Basket dan Tenis serta cabang olahraga lainnya yang diikuti oleh para wanita.

Selain itu, para pemain juga menggunakan pakaian muslimah, dan kalaupun ada salah satu pemain yang berpakaian kurang muslimah dikarenakan yang bersangkutan bukan muslim dan telah meminta pemain itu menyesuaikan dengan kondisi muslimah dan tidak mungkin dipaksakan bagi pemain yang bersangkutan.

“Kami tidak ada niat sedikitpun untuk mencederai penerapan Syariat Islam di Provinsi Aceh. Untuk itu sekali lagi jika kegiatan ini kurang cocok dilaksanakan di Aceh, kami juga berharap kepada kita semua untuk bersikap yang adil terhadap cabang olahraga yang lain seperti Bola Volly, Basket dan lainnya yang digeluti oleh wanita di Aceh,” terangnya.

Ishaq juga meluruskan, pelaksanaan seleksi pemain khusus U-17 putri hanya dilaksanakan tanggal 30 Juni 2019 dan berlangsung hanya sekitar 3 jam saja.

“Dan untuk putri yang diselenggarakan hanya kelompok usia 17 tahun saja, sedangkan yang kelompok usia lainnya tidak ada untuk putri dan hanya diselenggarakan untuk pria (laki-laki) dan masih usia pelajar yaitu U-12, U-14, U. 16 dan U-21. Jika hasil penelaahan kita bersama terhadap kegiatan U-17 putri ini bertentangan dengan norma, adat istiadat dan syariat Islam maka untuk pelaksanaan berikutnya akan kami tinjau kembali,” pungkasnya,

Sebelumnya diberitakan Forum Komunikasi Ulama, organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan di Lhokseumawe menolak digelarnya Piala Menpora Sepakbola U 17 Putri tingkat nasional di Stadion Perta Arun Gas, Lhokseumawe, Aceh, pada Juli hingga September 2019. 

Sumber: kompas.com

Tag:liga kemenporasepakbola acehsepakbola wanitasyariat islam
Berita Terkait
  • Rabu, 10/07/2019 20:13 WIB

    Akademisi Aceh: Jika Mau Poligami, Menikahlah dengan Janda

    BANDA ACEH - Praktik poligami sudah hadir sebelum Islam, praktik ini liar di masa jahiliyah di mana lelaki bisa menikah tanpa batas dan tanpa aturan yang membatasinya. Islam datang memberi batasan da

  • Jumat, 05/07/2019 13:37 WIB

    Dema UIN Desak Desak Turnamen Sepakbola Wanita Dibatalkan

    BANDA ACEH - Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengecam perhelatan event sepakbola wanita yang rencananya akan digelar Kemenpora di Aceh. Preside

  • Jumat, 05/07/2019 11:04 WIB

    Gelaran Liga Sepakbola Putri di Lhokseumawe Ditolak Ormas Islam

    LHOKSEUMAWE - Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan Pengawal Syariat Islam Kota Lhokseumawe mengecam penyelenggaraan sepakbola putri Liga Kemenpora beberapa waktu lalu di Lh

  • Sabtu, 22/06/2019 21:36 WIB

    Tim SBB Asal Bireuen Selalu Tampil Beda di Seleksi Piala Danone

    BANDA ACEH - Setiap pagelaran Piala Danone atau Aqua Danone Nations Cup 2019, utusan Kabupaten Bireuen selalu tampil mentereng bin mewah. Sebaliknya, kondisi miris dialami wakil Banda Aceh. “

  • Sabtu, 22/06/2019 20:28 WIB

    Ini Daftar SSB yang Lolos Babak 32 Besar Piala Danone

    BANDA ACEH - Pertandingan penyisihan babak Kualifikasi Piala Danone Regional Aceh - Sumut tahun 2019 sudah berakhir. Kini 32 tim sudah memastikan tiket ke babak selanjutnya. Dalam babak penyisihan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir