Aceh dan Sumut Ingin Jadi Tuan Rumah PON 2024

Oleh: Redaksi
Jumat, 09/06/2017 21:29 WIB
Dibaca: 145 kali
Foto: ilustrasi/google.com

JAKARTA - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh mendeklarasikan diri sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Kedua provinsi tersebut optimistis bisa memenangi bidding yang dilakukan pada September 2018. Deklarasi dilakukan di Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat (9/6/2017) sore.

Sejumlah pejabat pemprov dan pengurus teras KONI Sumut serta Aceh ikut serta. Mereka juga meminta dukungan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, pihaknya bersama Aceh akan berjuang keras merangkul seluruh KONI provinsi di Indonesia agar mendukungnya.

Pihaknya ingin diberi kesempatan karena kali terakhir menjadi tuan rumah PON pada 1953 silam.

"Kami akan berjuang bersama-sama saat bidding nanti. Kalau bisa menang, ini akan jadi sejarah pertama kali bahwa dua provinsi menjadi tuan rumah bersama," kata Ismadi.

Terkait persaingan dari daerah lain, Ismandi mengaku akan meminta pengertian.

"Kami tidak menganggap saingan jika ada provinsi lain yang berminat tapi kami akan meminta pengertiannya agar Sumut dan Aceh diberikan kesempatan," kata Ismadi.

Menurutnya, KONI Sumut dan Aceh telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai tuan rumah bersama.

"Kami akan bagi rata cabang-cabang yang dipertandingkan, baik di Sumut dan Aceh berdasarkan asas keadilan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Aceh Kamarudin Abu Bakar mengatakan, pihaknya memiliki mimpi besar untuk andil memajukan olahraga di Indonesia.

Salah satu caranya dengan menjadi tuan rumah PON meski dilakukan bersama Sumut.

"Ini sudah jadi cita-cita kami, Medan dan Aceh maju bersama-sama jadi tuan rumah. Kami mohon dukungan semua pihak," terang Abu Bakar.

Untuk menjadi tuan rumah, ada syarat administrasi yang harus dipenuhi. Salah satunya membayar uang pendaftaran sebesar Rp 1 miliar kepada KONI Pusat. Dana itu sudah disiapkan untuk dibayarkan pada September 2017.

"Setelah pendaftaran, kami akan keliling Indonesia untuk melakukan pendekatan dengan teman-teman KONI di masing-masing provinsi. Mudah-mudahan tidak ada pesaing supaya kami langsung ditetapkan sebagai tuan rumah," kata dia.

Khusus keamanan di Aceh, Abu Bakar meminta semua pihak tak terlalu khawatir. Sebab, kondisi Aceh saat ini berbeda dengan awal 2000-an ketika ada organisasi yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

"Semua sudah tahu Aceh sekarang aman dan damai. Jadi, jangan khawatir. Kami percayakan masalah keamanan itu nanti pada pihak kepolisian," ujarnya. 

Sumber: jpnn.com

T#g:AcehPON 2024SumutTuan Rumah PON
Berita Terkait
  • Sabtu, 21/10/2017 10:37 WIB

    Mayat Lansia Penuh Lebam Ditemukan di Pinggir Jalan Langkahan

    ACEH UTARA - Sesosok mayat perempuan berusia 69 tahun ditemukan masyarakat di pinggir Jalan di Dusun Leubok Muku, Desa Buket Linteng, Langkahan, Aceh Utara. Mayat tersebut ditemukan dalam posisi te

  • Jumat, 20/10/2017 22:29 WIB

    Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci di Lhokseumawe Disambut Antusias

    LHOKSEUMAWE - Sekitar 5.000 pemuda yang didominasi kalangan pelajar terlihat antusias mengikuti mengikuti kegiatan Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci (GMKS) di Kota Lhokseumawe. Kegiatan yang mengus

  • Jumat, 20/10/2017 18:15 WIB

    Pemerintah Aceh Klarifikasi Status Pegawai yang Tipu 11 CPNS

    BANDA ACEH - Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menipu 11 orang dengan iming-iming dapat meluluskan CPNS ternyata sudah dipecat. Tersangka S (50) dikeluarkan dari Kantor Gubernur Aceh sejak 2016

  • Minggu, 15/10/2017 12:38 WIB

    Laskar Digital Aceh Siap Meriahkan Sanger Day+ Fest 2017

    BANDA ACEH - Setelah sukses dilaksanakan  selama tiga tahun terakhir sejak ditetapkan  tanggal 12 Oktober 2014 sebagai Hari Sanger atau Sanger  Day di Kota Banda Aceh, maka  pad

  • Minggu, 15/10/2017 12:02 WIB

    Duta Wisata Aceh 2017 dan Tantangan Masa Depan

    BANDA ACEH - Tanpa terasa setahun telah berlalu saat Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar kegiatan Pemilihan Duta Wisata Aceh 2016 di Kota Langsa yang berhasil men

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir