Aceh dan Sumut Ingin Jadi Tuan Rumah PON 2024

Oleh: Redaksi
Jumat, 09/06/2017 21:29 WIB
Dibaca: 47 kali
Foto: ilustrasi/google.com

JAKARTA - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh mendeklarasikan diri sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Kedua provinsi tersebut optimistis bisa memenangi bidding yang dilakukan pada September 2018. Deklarasi dilakukan di Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat (9/6/2017) sore.

Sejumlah pejabat pemprov dan pengurus teras KONI Sumut serta Aceh ikut serta. Mereka juga meminta dukungan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, pihaknya bersama Aceh akan berjuang keras merangkul seluruh KONI provinsi di Indonesia agar mendukungnya.

Pihaknya ingin diberi kesempatan karena kali terakhir menjadi tuan rumah PON pada 1953 silam.

"Kami akan berjuang bersama-sama saat bidding nanti. Kalau bisa menang, ini akan jadi sejarah pertama kali bahwa dua provinsi menjadi tuan rumah bersama," kata Ismadi.

Terkait persaingan dari daerah lain, Ismandi mengaku akan meminta pengertian.

"Kami tidak menganggap saingan jika ada provinsi lain yang berminat tapi kami akan meminta pengertiannya agar Sumut dan Aceh diberikan kesempatan," kata Ismadi.

Menurutnya, KONI Sumut dan Aceh telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) mengenai tuan rumah bersama.

"Kami akan bagi rata cabang-cabang yang dipertandingkan, baik di Sumut dan Aceh berdasarkan asas keadilan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Aceh Kamarudin Abu Bakar mengatakan, pihaknya memiliki mimpi besar untuk andil memajukan olahraga di Indonesia.

Salah satu caranya dengan menjadi tuan rumah PON meski dilakukan bersama Sumut.

"Ini sudah jadi cita-cita kami, Medan dan Aceh maju bersama-sama jadi tuan rumah. Kami mohon dukungan semua pihak," terang Abu Bakar.

Untuk menjadi tuan rumah, ada syarat administrasi yang harus dipenuhi. Salah satunya membayar uang pendaftaran sebesar Rp 1 miliar kepada KONI Pusat. Dana itu sudah disiapkan untuk dibayarkan pada September 2017.

"Setelah pendaftaran, kami akan keliling Indonesia untuk melakukan pendekatan dengan teman-teman KONI di masing-masing provinsi. Mudah-mudahan tidak ada pesaing supaya kami langsung ditetapkan sebagai tuan rumah," kata dia.

Khusus keamanan di Aceh, Abu Bakar meminta semua pihak tak terlalu khawatir. Sebab, kondisi Aceh saat ini berbeda dengan awal 2000-an ketika ada organisasi yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

"Semua sudah tahu Aceh sekarang aman dan damai. Jadi, jangan khawatir. Kami percayakan masalah keamanan itu nanti pada pihak kepolisian," ujarnya. 

Sumber: jpnn.com

T#g:AcehPON 2024SumutTuan Rumah PON
Banner Affiliate Cloudmediabiz
Berita Terkait
  • Kamis, 22/06/2017 21:18 WIB

    Puncak Arus Mudik di Aceh Terjadi Malam Ini, Pengguna Jalan Diminta Hati-Hati

    BANDA ACEH - Puncak arus mudik di Aceh diprediksi mulai terjadi malam ini. Sebanyak lebih dari 50 kendaraan umum jenis bus dikerahkan untuk mengangkut seluruh penumpang menuju ke kampung halaman ma

  • Kamis, 22/06/2017 19:14 WIB

    Irwandi Yusuf Temui Wiranto, Laporkan Kondisi Politik

    JAKARTA - Gubernur terpilih Aceh Irwandi Yusuf mengunjungi kantor Kemenko Polhukam. Dia menemui Menko Polhukam Wiranto untuk melaporkan kondisi politik Aceh pascapilkada serentak. "Ya, say

  • Kamis, 22/06/2017 16:13 WIB

    Tim Gabungan Sat Lantas Polres Aceh Utara Uji Kelayakan Angkutan Lebaran

    ACEH UTARA - Sat Lantas Polres Aceh Utara dengan Dinas Perhubungan setempat, Kamis (22/6/2016) di terminal Lhoksukon, melakukan pemeriksaan kelayakan jalan pada kendaraan pengangkut penumpang dan b

  • Kamis, 22/06/2017 15:33 WIB

    H-3 Lebaran, Tiket Bus di Aceh Mulai Habis

    BANDA ACEH - Menjelang lebaran Idul Fitri 1438 hijriah, tiket angkutan umum terutama bus di Aceh mulai habis terjual. Bahkan perjalanan siang dialihkan untuk malam hari, menampung permintaan pemudi

  • Kamis, 22/06/2017 05:46 WIB

    Sopir Angkutan Mudik Banda Aceh-Medan Jalani Tes Urine

    BANDA ACEH - Untuk mencegah hal tidak diinginkan selama di perjalanan, sopir angkutan mudik di Aceh menjalani tes urine. Dari tujuh orang yang diperiksa Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh (BNNP

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir