Pesona Indah Pulau Banyak

Minggu, 09/07/2017 16:00 WIB
Dibaca: 264 kali
Pulau Palambak di kawasan gugusan Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil. (Foto: Imrhatussholihah)

Oleh: Imrhatussholihah

PERCIKAN air laut yang berasal dari hempasan perahu boat yang kami tumpangi mulai membasahi wajah saat kami menyebar diantara badan perahu untuk melihat beberapa ekor ikan lumba-lumba yang melompat dari dalam air dan seakan-akan menuntun alur perjalanan kami di lautan luas. Ya, suasana yang sangat luar biasa dan menyenangkan itu mengawali pertualangan kami ke pulau banyak  hari ini.

Pulau banyak dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang berada di daerah Aceh Singkil. Sekilas, ia memang tampak sama seperti tempat wisata lainnya yang menampakkan keanggunan pulau-pulau dan keindahan pantai juga lautnya. Namun ia berbeda karena banyaknya pulau yang menjadi ciri khas penamaannya.

Menurut sejarahnya, Pulau Banyak dahulunya merupakan satu kepulauan yang besar dan luas. Namun setelah beberapa puluh tahun kemudian, pulau banyak terpecah menjadi puluhan pulau kecil yang seperti saat ini dapat dikunjungi oleh banyaknya para wisatawan dan juga turis dalam bahkan luar negeri.

Contoh pulau yang sangat terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan ialah seperti Pulau Balai, Pulau Palambak, Pulau Tailanah, Pulau Asok, Pulau Rangik, Pulau Biawak, Pulau Panjang, serta Pulau Sikandang.

Di antara pulau-pulau tersebut, Pulau Tailanah, Pulau Asok dan Palambak merupakan pulau yang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya, seperti terumbu karang dan juga ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Tempat ini dapat mereka jadikan sebagai tempat untuk menyelam, baik diving, atau hanya sebatas snorkling.

Banyak terumbu karang yang terlihat sangat cantik dan indah di beberapa pulau ini. Lautnya yang berwarna biru bening pun memperlihatkan pada kami dari atas akan cantiknya terumbu karang yang berada di laut dangkal. Belum lagi ikan-ikannya yang juga sesekali memperlihatkan keberadaan mereka pada kami yang sengaja menghentikan mesin perahu boat kami untuk menatap lebih dalam lagi.

Bahkan sesekali kami pun melihat takjub saat beberapa gerombolan ikan kecil yang melompat keluar dari permukaan secara bersamaan. Ada juga ikan yang melompat seperti seakan-akan terbang melayang dengan sangat cepat di atas permukaan air. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.  

Setelah bicara tentang keindahan alam bawah laut di tiga pulau ini, kami berlanjut dengan keindahan pulau lainnya. Keindahan warna air laut yang indah serta putihnya pasir pantaipun juga menjadi wahana pariwisata yang bisa disaksikan di pulau lainnya. Biasanya banyak fotografer yang berkeliaran menikmati keindahan alam di sini.

Begitu juga dengan pulau rangik yang tak kalah indah dengan pulau-pulau lainnya. di pulau ini, terdapat sebuah menara dengan ketinggian delapan lantai yang mampu menyuguhkan keindahan lautan luas dari atas. Sehingga para wisatawan dapat melihat dan menikmati keindahan sekelilingnya secara utuh.

Dari banyaknya pulau yang terdapat di wisata pulau banyak ini, tidak semua pulau menyediakan tempat untuk penginapan. Beberapa pulau yang menyediakan tempat penginapan ialah seperti pulau balai, pulau tailanah, juga pulau palambak. Penginapan-penginapan ini pun tidak berbayar mahal. Menurut informasi yang didapat, untuk satu malam menginap, hanya mengeluarkan dana sebesar Rp30.000 hingga Rp40.000 per orang, dan tidak lebih.

Harga yang ramah ini juga di perlihatkan dengan pelayanan yang baik dari pemilik penginapan yang ada. Begitu juga dengan harga speedboat atau perahu yang ukurannya sedikit lebih besar dari speedboat biasa yang hanya mengambil ongkos sekitar Rp35.000 hingga Rp45.000 dari pelabuhan Aceh Singkil.

Jadi tunggu apalagi. Penasaran dengan keindahan pulau banyak. Cinta keindahan laut Indonesia. Yuk kunjungi Pulau Banyak, surganya para pelancong seluruh dunia.

*Penulis adalah mahasiswi asal Mininagkabau yang sedang menempuh pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

T#g:FeatureKolomPulau BanyakWisata Aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 20/09/2017 10:25 WIB

    Pendaftaran Duta Wisata Aceh 2017 Berakhir 1 Oktober Ini!

    BANDA ACEH - Memasuki satu dekade Pemilihan Duta Wisata Aceh (PDWA) tahun ini akan mengangkat sesuatu yang beda dari tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ace

  • Rabu, 06/09/2017 22:15 WIB

    Turis Dari Malaysia Banyak Berkunjung ke Aceh

    BANDA ACEH - Sebanyak 18.534 orang wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Aceh sepanjang Januari-Juli 2017 yang didominasi wisman asal Malaysia. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Wah

  • Jumat, 25/08/2017 10:12 WIB

    Mau Liburan di Aceh, Ini Rekomendasi ala Penyanyi Tompi

    JAKARTA - Penyanyi ternama Tompi, ternyata punya beberapa tempat rekomendasi untuk berwisata di Aceh. Kamu yang mau liburan ke Aceh, mesti simak ya! Jika traveler berminat untuk menyusuri ujung

  • Senin, 14/08/2017 22:14 WIB

    Duta Wisata se-Aceh Gelar Konferensi Hasilkan 4 Rekomendasi Pariwisata

    BANDA ACEH - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, mengajak Duta Wisata se-Aceh untuk terus meningkatkan promosi wisata di Aceh melalui media digital. Hal itu disampaikan pihakny

  • Rabu, 02/08/2017 17:59 WIB

    Komisi X Nilai Sail Sabang 2017 Minim Persiapan

    JAKARTA - Persiapan pelaksanaan Festival ‘Sail Sabang’ di Aceh yang akan berlangsung pada 28 November hingga 3 Desember 2017 dinilai minim. Maka itu, DPR mendorong pemerintah pusat untu

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir