Izzah Guru

Minggu, 23/10/2016 18:04 WIB
Dibaca: 2.261 kali
ilustrasi

Oleh: Hafnidar Hasbi

Jika anda memiliki teman yang pernah mempermalukan gurunya di hadapan publik, jangan lindungi dia, jangan bela dia. Itu jika anda menginginkan dia menjadi orang hebat kelak, dan bangsa ini menjadi bangsa yang berkualitas secara moral dan intelektual.

Belajarlah dari Kisah Sultan Murad II dalam menyelesaikan kasus pertikaian antara anaknya, Sultan Muhammad Al Fatih dan gurunya Aaq Syamsuddin.

Aaq Syamsuddin memukul muridnya, Muhammad Al Fatih karena kenakalannya. Lalu Al Fatih mengadukan sang guru pada ayahnya. Namun apa yang terjadi? sang Ayah bukannya marah dan menghukum guru, melainkan malah bersepakat dengan guru untuk memainkan sebuah skenario drama.

Sultan Murad II meminta Aaq Syamsuddin menampar dirinya saat masuk ke kelas anaknya tanpa ijin. Itulah Sultan Murad II, seorang raja yang taat pada Allah SWT telah mempertontonkan otoritas seorang guru dihadapan anaknya. Bukan otoritas biasa melainkan otoritas di atas otoritas orangtua, bahkan di atas otoritas sang raja itu sendiri.

Itulah yang dinamakan Izzah, sebuah kosa kata dalam bahasa Arab yang kedalaman maknanya melebihi sebuah reputasi, harga diri dan kewibawaan.

Maka menjadi wajarlah, semata atas takdir Allah SWT jika kemudian Sultan Muhammad Al Fatih menjadi pemimpin hebat sepanjang abad.

Menjadi seorang hafidz yang menguasai beberapa bahasa di usia menjelang balik, serta dapat mewujudkan perkataan ratusan tahun sebelum nabi wafat yaitu menaklukkan Konstantinopel. Nama Sultan Muhammad Al Fatih masih besar dan harum sampai hari ini.

Dalam perkembangan zaman sekarang ini, apabila terdapat masyarakat yang menohok-nohok guru dan institusi dengan segenap civitas akademikanya yang tidak bisa menyelamatkan Izzah guru maka tunggulah kehancuran dunia pendidikan.

Tunggulah akan lahir murid-murid yang nihil ilmu terlebih akhlak dan moral.

*Penulis adalah dosen Program Studi Psikologi Universitas Malikussaleh

T#g:Hafnidar HasanIzzah GuruUniversitas Malikussaleh
Berita Terkait
  • Kamis, 03/11/2016 22:23 WIB

    Camat Sawang Berdialog Dengan Mahasiswa Unimal di Posko KKN

    ACEH UTARA - Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pante Jaloh, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, mendapat kunjungan dari Camat Drs Su

  • Rabu, 02/11/2016 20:42 WIB

    Bulan Ini, Tiga Dosen Unimal Raih Doktor

    ACEH UTARA - Sepanjang akhir bulan Oktober dan awal November 2016 ini, tiga dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) meraih gelar doktoral (S3) dari dua kampus berbeda. Mereka adalah Amrizal J Prang

  • Senin, 31/10/2016 15:17 WIB

    1.500 Mahasiswa Baru Unimal Terima Beasiswa Bidikmisi

    ACEH UTARA - Universitas Malikussaleh (Unimal) menerima 1.500 beasiswa Bidikmisi untuk mahasiswa baru di kampus tersebut tahun ini. Kepastian itu diperoleh setelah Direktorat Jenderal Pemb

  • Kamis, 27/10/2016 20:02 WIB

    Unimal Buka S1 Ilmu Kelautan

    ACEH UTARA - Kementerian  Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) mengizinkan Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, membuka Program Studi S1 Ilmu Kelautan. Mengutip ri

  • Rabu, 26/10/2016 17:39 WIB

    FEB Unimal Bedah Buku "1001 Hal Tentang Pajak di Indonesia"

    LHOKSEUMAWE - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh (Unimal) menyelenggarakan bedah buku "1001 Hal Tentang Pajak di Indonesia" dengan menghadirkan secara langsun

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir