• Home
  • Hukum
  • Penjual Kulit Harimau Sumatera Ditangkap di Aceh Tengah

Penjual Kulit Harimau Sumatera Ditangkap di Aceh Tengah

Oleh: Redaksi
Kamis, 24/05/2018 19:39 WIB
Dibaca: 122 kali
Foto: kompas.com

ACEH TENGAH - Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Tengah membekuk satu tersangka yang diduga menyimpan dan menjualbelikan kulit harimau sumatera, binatang langka yang dilindungi undang-undang tersebut.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Hairajadi melalui Kasat Reskrim AKP Fadillah Aditya Pratama kepada wartawan di Takengon, Kamis (24/5/2018), menyampaikan, penangkapan itu dilakukan pada pekan lalu dengan barang bukti 1 ekor kulit harimau sumateta yang telah dikeringkan (opsetan) berukuran panjang 1,5 meter. 

"Tersangka adalah Nas (25), warga Kampung Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar," sebut AKP Fadillah Aditya. 

Fadillah menuturkan kasus ini terungkap setelah adanya informasi awal bahwa di wilayah Kecamatan Rusip, Kabupaten Aceh Tengah, terindikasi ada yang menyimpan/menjual belikan kulit satwa dilindungi jenis harimau sumatera. 

Mendapat informasi tersebut polisi langsung terjun ke lokasi guna melakukan penyelidikan lebih lanjut. 

"Setelah mendalami info tersebut dan melakukan interogasi terhadap beberapa saksi, kami menemukan barang bukti," tutur Fadillah. 

Fadillah menjelaskan bahwa barang bukti kulit harimau tersebut kemudian diketahui adalah milik Nas yang menjadi tersangka utama dalam kasus ini.

Menurut Fadillah, kulit harimau kemungkinan berasal dari wiliayah Sare, Kabupaten Aceh Besar, yang sengaja disalurkan ke Aceh Tengah oleh tersangka.

"Setelah barang bukti ditemukan anggota Reskrim melanjutkan pengembangan jaringan terhadap pelaku utama yang diduga berada di wilayah Lamtamot, Kabupaten Aceh Besar atas nama Nas yang sengaja menjual belikan/menyalurkan ke wilayah Aceh Tengah," ujar Fadillah.

Lanjutnya, polisi kemudian bergerak ke wilayah Aceh Besar guna melakukan penangkapan terhadap tersangka Nas.

Tersangka akhirnya berhasil diringkus polisi pada Selasa sore tanggal 15 Mei 2018 di wilayah Kabupaten Aceh Besar dan dibawa ke Polres Aceh Tengah untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Dari penangkapan tersangka kami melakukan pengembangan bahwa dia dalam melakukan tindak pidananya ada 1 orang yang diduga kuat terlibat, juga menyimpan kulit harimau tersebut yaitu atas nama Gam Rimba yang saat ini akan kita telusuri keberadaanya dan koordinasi dengan Sat Reskrim Polres Aceh Besar," tutur Fadillah.


Sumber: Antara

Tag:AcehTengahHarimau SumateraKulit Harimau
Berita Terkait
  • Senin, 23/07/2018 22:24 WIB

    Polres Aceh Selatan Tangkap Penjual Kulit Harimau

    ACEH SELATAN - Polres Aceh Selatan mengungkap tindak pidana perdagangan atau jual beli kulit satwa dilindungi yakni kulit harimau sumatera di Kecamatan Kluet Selatan. Kapolres Aceh Selatan, AKBP De

  • Jumat, 01/06/2018 12:13 WIB

    Masjid Transmigrasi di Aceh Tengah Terbengkalai

    ACEH TENGAH - Pembangunan Masjid Islamic Center di wilayah transmigrasi Kota Terpadu Mandiri (KTM) Ketapang, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, hingga saat ini terbengkalai. Kondisi masjid ter

  • Sabtu, 26/05/2018 22:34 WIB

    Aceh Tengah Mulai Salurkan Bantuan Pangan Non Tunai

    ACEH TENGAH - Masyarakat penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Aceh Tengah mulai melakukan transaksi membeli beras dan telur dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Program BPNT meru

  • Jumat, 25/05/2018 13:15 WIB

    Aceh Tengah Bangun Gedung Balai Nikah

    ACEH TENGAH - Kekuatan masyarakat akan terwujud ketika bersatu, ini terlihat dari semangat masyarakat Bintang Kabupaten Aceh Tengah yang telah berswadaya untuk menghadirkan satu gedung Balai Nikah dan

  • Minggu, 20/05/2018 14:45 WIB

    Arkeolog Temukan Kerangka Manusia Purba di Aceh Tengah

    ACEH TENGAH - Tim Balai Arkeologi Sumatera Utara menemukan dua kerangka manusia purba diduga berusia 3.000 tahun di kawasan kaki bukit Mandale, Takengon, Aceh Tengah. Kerangka tersebut ditemukan masi

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir