• Home
  • Hukum
  • Bawa Ganja 100 Kg, Dua Warga Aceh Timur Dibekuk

Bawa Ganja 100 Kg, Dua Warga Aceh Timur Dibekuk

Oleh: Redaksi
Rabu, 08/08/2018 08:20 WIB
Dibaca: 579 kali
Foto: ilustrasi/google.com

MEDAN - Dua warga Aceh Timur membawa narkoba jenis ganja seberat 100 kilogram (kg) berhasil digagalkan petugas Subdit I Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut).

Keduanya ditangkap saat penyergapan di Jalan Medan Binjai, Km 12,8 (SPBU Sei Semayang), Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Jumat (3/8/2018) dini hari. Kedua tersangka yakni S alias Din (28) warga Dusun Ketibung, Desa Bunin, Kecamatan Lokop Serba Jadi, Aceh Timur dan AR (20) warga Desa Rampah, Dusun Ramung, Kecamatan Lokop Serba Jadi, Aceh Timur. 

Kasubdit I Ditres Narkoba Polda Sumut, AKBP Fadris membenarkan penangkapan kedua warga Aceh yang hendak menyelundupkan narkoba jenis ganja. "Kedua warga Aceh ini ditangkap, setelah polisi melakukan undercover buy," katanya kepada wartawan, Senin (6/8/2017). 

Dia menjelaskan sebelumnya penangkapan dilakukan, personil mendapat informasi ada warga Aceh yang akan menjual ganja dalam jumlah besar. "Polisi kemudian melakukan penyamaran sebagai pembeli dan mengajak transaksi di kawasan Sunggal," jelasnya. 

  Kedua warga Aceh itu kemudian menawarkan 100 kg ganja dengan harga Rp2,5 juta per kg. Setelah harga disepakati, polisi yang menyamar sebagai pembeli itu sepakat melakukan transaksi di Jalan Medan Binjai, Km 12,8 tak jauh dari SPBU Sei Semayang, Sunggal, Deliserdang. 

  "Sekira pukul 01.00 WIB, kedua tersangka dengan menaiki mobil datang ke lokasi yang disepakati. Begitu tersangka menunjukkan barang bukti ganja langsung kita tangkap," terangnya. 

  Fadris mengatakan dari kedua tersangka diamankan barang bukti 4 bal besar daun ganja kering seberat lebih kurang 100 kg, mobil Daihatsu Xenia BL 1359 D/BK 1359 ID (palsu) dan handpone. Selanjutnya, kedua tersangka dan barang bukti diboyong ke Ditres Narkoba Polda Sumut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengembangan kasus. 

Dikatakannya, kedua tersangka mengaku dari penjualan akan mendapat keuntungan Rp250 ribu per kg kalau ganja itu terjual. "Dari tiap kilogram, tersangka dapat fee Rp250 ribu dari pemilik ganja inisial A. Kedua tersangka ini mau mengantarkan ganja ke Medan karena desakan ekonomi," ujarnya. 

Fadris menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan terhadap inisial A dan jaringannya yang memberikan narkotika jenis ganja tersebut kepada tersangka. "Untuk A masih kita buron," pungkasnya.

Sumber: sindonews.com

Tag:Aceh TimurGanja Aceh
Berita Terkait
  • Minggu, 21/04/2019 15:32 WIB

    BNN Ubah Ladang Ganja Jadi Lahan Produktif

    JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung langkah strategis Badan Narkotika Nasional (BNN) di bawah kepemimpinan Komjen Heru Winarko menjalankan program Grand Design Alternative Develop

  • Rabu, 10/04/2019 13:08 WIB

    11 Nelayan yang Sempat Ditahan Otoritas Thailand Tiba di Idi Rayeuk

    ACEH TIMUR - Sebelas nelayan yang ditahan karena memasuki wilayah perairan Thailand sudah dipulangkan. Mereka dibebaskan otoritas setempat dan diminta pulang sendiri ke Aceh Timur. "Alhamdulillah, bo

  • Selasa, 09/04/2019 21:15 WIB

    Alhamdulillah, Nelayan Aceh Timur Dilepas Otoritas Thailand

    JAKARTA - Konsulat Indonesia di Songkhla dilaporkan telah membebaskan 11 warga negara Indonesia (WNI) asal Aceh Timur yang ditahan Aparat Keamanan Thailand karena melakukan pelanggaran batas wilayah.

  • Sabtu, 06/04/2019 22:07 WIB

    Polres Rohil Riau Amankan Ganja 40 Kg dari Aceh

    PEKANBARU - Pihak Polres Rokan Hilir (Rohil), Riau menggagalkan upaya penyelundupan puluhan paket ganja kering seberat 40 Kg. Barang terlarang itu dibawa dari Provinsi Aceh. "Kita menyita sebanyak 40

  • Sabtu, 06/04/2019 16:04 WIB

    Lagi, Nelayan Aceh Timur Ditangkap Otoritas Thailand

    ACEH TIMUR - Sedikitnya 15 nelayan asal Kuala Idi, Aceh Timur, dilaporkan ditangkap di perairan Thailand. Mereka diduga melewati batas perairan Indonesia saat melaut menggunakan Kapal KM Haraoan Baroe

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir