• Home
  • Ekonomi
  • Tiket Pesawat Masih Mahal, Warga Aceh Buat Paspor Untuk Mudik Lebaran

Tiket Pesawat Masih Mahal, Warga Aceh Buat Paspor Untuk Mudik Lebaran

Oleh: Redaksi
Sabtu, 18/05/2019 15:28 WIB
Dibaca: 319 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

JAKARTA - Sebagian besar masyarakat di Provinsi Aceh masih membuat paspor agar bisa mudik ke kampung halaman guna merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, meski harus transit dulu di negara Malaysia.

Kondisi ini terjadi akibat masih mahalnya harga tiket pesawat dengan rute domestik (dalam negeri) dengan biaya yang harus dikeluarkan pemudik untuk sekali terbang mencapai Rp2 jutaan.

"Sampai saat ini masih banyak warga Aceh yang bikin paspor untuk bisa mudik Lebaran tahun ini, ini terjadi karena masih mahalnya harga tiket pesawat," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Meulaboh, Imam Santoso kepada Antara di Meulaboh, Jumat (17/5/2019) malam.

Menurut keterangan warga, masyarakat lebih senang untuk terbang ke Kuala Lumpur dari Bandara Internasional Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh dan kemudian terbang ke daerah tujuan seperti di Jakarta, atau rute lain di Pulau Jawa termasuk di Sulawesi dan daerah lainnya di Indonesia.

Karena biaya yang harus dikeluarkan apabila memilih transit, jauh lebih murah yakni dengan biaya sekitar ratusan ribu rupiah atau paling tinggi Rp1 jutaan untuk sekali terbang.

Jika menggunakan rute domestik, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh pemudik jumlahnya semakin membesar dan mencapai belasan juta untuk sekali terbang, apabila pemudik membawa serta anak dan isteri ke kampung halaman.

"Rata-rata pembuat paspor mengeluh, mereka beralasan terpaksa buat paspor agar biaya mudik lebaran jauh lebih murah," kata Imam Santoso.

Tidak hanya untuk pemudik, kondisi ini juga berlaku bagi masyarakat Aceh yang hendak ke Jakarta. Warga mengaku terpaksa terbang ke Kuala Lumpur karena tiket dari luar negeri menuju ke Jakarta jauh lebih murah daripada tiket dengan rute dalam negeri.

Dampak dari persoalan ini, saat ini permintaan pembuatan paspor di sejumlah kantor Imigrasi di Aceh masih dipenuhi oleh masyarakat yang ingin terbang ke dalam negeri, namun memilih transit di luar negeri, katanya.

Sumber: Antara

Tag:Mudik Lebaranpassporttiket pesawat
Berita Terkait
  • Sabtu, 05/10/2019 16:38 WIB

    Selesai Menjalani Hukuman, Imigrasi Langsa Pulangkan 3 Malaysia

    LANGSA - Tiga warganegara Malaysia di deportasi pihak Imigrasi Kelas II TPI Langsa yang melakukan pelanggaran keimigrasian di Indonesia melalui Bandara Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sum

  • Rabu, 26/06/2019 20:46 WIB

    Airport Tax dari Banda SIM ke Luar Negeri Naik Jadi Rp 150.000

    BANDA ACEH - Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau biasa dikenal airport tax untuk penerbangan internasional dari Bandara Sultan Iskandar Muda, naik. Biaya yang dikenakan kepada se

  • Minggu, 13/01/2019 19:50 WIB

    Ini Kata Menhub, Sebab Orang Aceh ke Jakarta Via Kuala Lumpur

    JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menanggapi keluhan yang beredar terkait harga tiket pesawat Aceh menuju Pulau Jawa yang lebih mahal ketimbang tiket pesawat dari Malaysia menuju Pulau J

  • Minggu, 13/01/2019 18:29 WIB

    Alhamdulillah, Tiket Pesawat Banda Aceh-Jakarta Turun 50%

    JAKARTA - Beberapa maskapai penerbangan menurunkan harga tiket. Penurunan dilakukan setelah adanya keluhan dari masyarakat. Sekretaris Jenderal Inaca Tengku Burhanudin menyebut, Garuda Indonesia me

  • Minggu, 13/01/2019 17:44 WIB

    Tanggapi Keluhan Masyarakat, Maskapai Akan Turunkan Harga Tiket 20-60%

    JAKARTA - Asosiasi Maskapai Indonesia atau Indonesia National Air Carrier (INACA) menyatakan, maskapai akan menurunkan harga tiket pesawat 20-60%. Ketua INACA Ari Ashkara mengatakan, penurunan harga i

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir