• Home
  • Ekonomi
  • Tiket Pesawat Mahal, Warga Aceh ke Jakarta Pilih Lewat Malaysia

Tiket Pesawat Mahal, Warga Aceh ke Jakarta Pilih Lewat Malaysia

Oleh: Redaksi
Sabtu, 12/01/2019 20:52 WIB
Dibaca: 170 kali
Foto: google.com

BANDA ACEH - Harga tiket pesawat mahal, dirasakan traveler dari berbagai daerah. Sampai-sampai traveler dari Aceh ke Jakarta memilih lewat Malaysia karena lebih murah.

Harga tiket pesawar dari Aceh ke Jakarta melonjak drastis sejak beberapa waktu lalu. Untuk mengakalinya, warga Tanah Rencong memilih transit dulu di Malaysia agar bisa menikmati tiket lebih murah.

Dilihat detikTravel, Sabtu (12/1/2019) dari situs pemesanan, harga tiket langsung Banda Aceh ke Jakarta lebih mahal dibanding via Kuala Lumpur. Untuk penerbangan pada Senin (14/1) misalnya, harga tiket pesawat Lion Air dari Aceh ke Jakarta dengan sekali transit di Bandara Kuala Namu, Sumatera Utara berkisar Rp 2.185.000 hingga Rp 2.586.000.

Sementara tiket pesawat Batir Air penerbangan langsung dari Aceh ke Cengkareng Rp 2.383.000. Pesawat Garuda dengan penerbangan yang sama harga tiketnya Rp 2.962.700. Sedangkan jika transit ke luar negeri, harga tiketnya malah lebih murah. AirAsia, misalnya, rute Aceh ke Bandara Cengkareng dengan sekali transit di Kuala Lumpur harga tiketnya Rp 1.525.000.

Namun penerbangan dengan Air Asia waktu transitnya lebih lama yaitu berkisar 10 hingga 12 jam. Warga Aceh saat ini kebanyakan lebih memilih terbang dulu ke luar negeri kemudian baru ke tempat tujuan di Pulau Jawa.

"Saya pernah berangkat dari Aceh ke Bandung tapi saya pilih ke Malaysia dulu biar harganya lebih murah. Itu harga tiketnya pada 2018 bisa lebih murah sampai 70 persen," kata seorang warga Meulaboh, Aceh Dedi Iskandar saat berbincang dengan detikTravel.

Waktu itu memang dia tidak langsung terbang via Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh. Tapi Dedi terbang dari Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya Aceh menuju ke Bandara Kuala Namu di Sumatera Utara. Nah, dari Bandara Kuala Namu baru dia terbang ke Bandung dan memilih transit di Kuala Lumpur.

"Kalau terbang langsung dari Aceh ke Bandung itu mahal. Tiketnya bisa sampai Rp 3 juta lebih, kalau transit dapat sekitar Rp 900 ribu. Tapi saya harus nginap satu malam di Bandara Kuala Lumpur," jelas Dedi.

Ia mengaku baru sekali merasakan bepergian dengan harga tiket selangit dan memilih transit di luar negeri. Menurutnya, keuntungan memilih tiket murah yaitu sisa uang beli tiket dapat dimanfaatkan untuk beli oleh-oleh di Malaysia.

"Transit jauh lebih hemat, malah (uangnya) bisa buat makan, dan beli oleh-oleh. Tidak enaknya, ketika sampai di Bandung saya dicurigai sama imigrasi. Saya diperiksalah sama imigrasi," ungkapnya.

Sementara seorang warga Aceh lainnya, Hotli Simanjuntak, mengaku juga pernah punya pengalaman yang sama. Dia menghemat uang saku saat ke Jakarta dengan memesan tiket pesawat transit di Malaysia. Meski demikian, dia harus rela menikmati transit hingga delapan jam.

"Waktu saya ke Jakarta dan transit di Kuala Lumpur, itu bisa menghemat Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu. Bedanya, kita harus transit selama delapan jam di Kuala Lumpur," ungkap Hotli.

Sumber: detik.com

Tag:aceh-jakartaharga tikettiket pesawat
Berita Terkait
  • Sabtu, 18/05/2019 15:28 WIB

    Tiket Pesawat Masih Mahal, Warga Aceh Buat Paspor Untuk Mudik Lebaran

    JAKARTA - Sebagian besar masyarakat di Provinsi Aceh masih membuat paspor agar bisa mudik ke kampung halaman guna merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, meski harus transit dulu di negara Malay

  • Minggu, 13/01/2019 19:50 WIB

    Ini Kata Menhub, Sebab Orang Aceh ke Jakarta Via Kuala Lumpur

    JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menanggapi keluhan yang beredar terkait harga tiket pesawat Aceh menuju Pulau Jawa yang lebih mahal ketimbang tiket pesawat dari Malaysia menuju Pulau J

  • Minggu, 13/01/2019 18:29 WIB

    Alhamdulillah, Tiket Pesawat Banda Aceh-Jakarta Turun 50%

    JAKARTA - Beberapa maskapai penerbangan menurunkan harga tiket. Penurunan dilakukan setelah adanya keluhan dari masyarakat. Sekretaris Jenderal Inaca Tengku Burhanudin menyebut, Garuda Indonesia me

  • Minggu, 13/01/2019 17:44 WIB

    Tanggapi Keluhan Masyarakat, Maskapai Akan Turunkan Harga Tiket 20-60%

    JAKARTA - Asosiasi Maskapai Indonesia atau Indonesia National Air Carrier (INACA) menyatakan, maskapai akan menurunkan harga tiket pesawat 20-60%. Ketua INACA Ari Ashkara mengatakan, penurunan harga i

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir