• Home
  • Ekonomi
  • Sri Mulyani Minta Pencairan THR PNS Tepat Waktu

Sri Mulyani Minta Pencairan THR PNS Tepat Waktu

Oleh: Redaksi
Kamis, 24/05/2018 21:36 WIB
Dibaca: 90 kali
Foto: detik.com

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengimbau kepada seluruh satuan kerja (satker) di seluruh kementerian/lembaga untuk segera mengurus pencairan tunjangan hari raya (THR).

Dia menyebutkan, peraturan menteri keuangan (PMK) tentang teknis pencairan THR untuk pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, anggota Polri, dan pensiunan sudah diterbitkan usai peraturan pemerintah (PP) ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"PMK sudah turun kemarin sesudah PP-nya keluar, sekarang seluruh satker sedang mempersiapkan dokumennya, kita berharap mereka sudah bisa mulai menyelesaikan karena minggu depan ada dua hari libur," kata Sri Mulyani di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/5/2018). 

Sri Mulyani bilang, proses pencairan THR sudah bisa dilakukan satker pada minggu akhir di bulan Mei 2018. Oleh karena itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengimbau kepada seluruh satker untuk segera memproses ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Nasional (KPPN). 

"Jadi memang akan menjadi sangat pendek buat para satker menyiapkan, menghitung, mengidentifikasi semua sesuai nama, itu akan membutuhkan waktu seminggu. Jadi kita harap pencairan betul-betul akan bisa disalurkan sesudah satker itu menyampaikan ke KPPN kita, sampai minggu depan, PMK sudah kita bikin, sudah dikoordinasikan kepada seluruh KPPN di Indonesia," jelas dia. 

Selain itu, Sri Mulyani juga menuturkan bahwa THR PNS yang dicairkan mulai H-14 Lebaran ini juga akan menjadi subjek pajak dengan catatan nilainya melewati batas penghasilan tidak kena pajak (PTKP). Berdasarkan aturan, penghasilan PTKP atau bebas dari pajak ditetapkan Rp 4,5 juta per bulan atau Rp 54 juta per tahun. 

"Kalau penerimaan dari pekerja siapa saja sebenarnya kan tetap tambahan income itu dipajaki, kalau pun itu ditanggung pemerintah, kalau di atas PTKP dia akan dibayarkan, apa itu ditanggung pemerintah atau dibayar oleh mereka sendiri," ungkap dia. 

Lebih lanjut Sri Mulyani mengungkapkan, pemberian THR dengan jumlah yang besar juga diharapkan dapat meningkatkan konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2018. 

"Konsumsi di level rumah tangga yang miskin selama ini sangat terbantu dengan program seperti dana desa, PKH, sedangkan kelas menengah ini (THR) yang diharapkan menggerakkan, kita berharap kuartal II konsumsi lebih tinggi dari kuartal kemarin," tutup dia. 

Sumber: detik.com

T#g:PNSRamadhan 2018THR 2018THR PNS
Berita Terkait
  • Kamis, 16/08/2018 16:08 WIB

    Kabar Gembira, Tahun Depan Gaji PNS Naik 5 Persen

    JAKARTA - Pemerintah akan menaikkan gaji pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 5 persen. Hal ini terkuat saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) Penyampaian Keterangan

  • Senin, 13/08/2018 19:41 WIB

    Lawan Petugas, Pembunuh PNS di Aceh Ditembak

    LHOKSEUMAWE - Pelaku pembunuh seorang PNS di Aceh Utara ditangkap petugas Polres Lhokseumawe. Pria berinisial NF (32), yang diduga sebagai pelaku, itu terpaksa ditembak di kedua kakinya karena melawan

  • Rabu, 08/08/2018 11:35 WIB

    PNS Aceh Utara Ditemukan Tewas Dibacok, Polisi Buru Pelaku

    LHOKSEUMAWE - Seorang pegawai negeri sipil (PNS) ditemukan tewas mengenaskan di Desa Meunasah Manyang, Muara Dua, Lhokseumawe, Aceh. Diduga dia merupakan korban pembunuhan. Korban bernama Muhammad

  • Jumat, 27/07/2018 18:19 WIB

    Honorer K2: Kami Tunggu Gebrakan Pak Jokowi Sebelum Pilpres

    JAKARTA - Seluruh honorer K2 (kategori dua) saat ini menantikan gebrakan Presiden Joko Widodo.  Mereka berpendapat, hanya Jokowi yang menjadi penentu nasib mereka menjadi CPNS atau tidak. 

  • Selasa, 24/07/2018 17:30 WIB

    Menangis tapi Tetap Yakin Honorer K2 Pasti jadi CPNS

    JAKARTA - Ketua Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih mengakui banyak anggotanya yang meratapi hasil rapat kerja gabungan tujuh komisi dengan pemerintah pada Senin (23/7/2018). Namun, s

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir