Petani Aceh Tengah Mulai Budidaya Jengkol

Oleh: Redaksi
Jumat, 13/09/2019 23:26 WIB
Dibaca: 58 kali
Foto: Antara

ACEH TENGAH - Petani di Kemukiman Pameu, Kecamatan Rusip Antara, Kabupaten Aceh Tengah, mulai berhasil membudidayakan tanaman jengkol sebagai jenis tanaman baru bagi petani di sana.

Tokoh masyarakat Pameu, Mukhti Ali kepada wartawan di desanya, Jumat, menuturkan saat ini ada sekitar 20 hektare lahan warga di sana yang ditanami tanaman jengkol dan beberapa diantaranya sudah menuai hasil panen.

"Kalau yang sudah merasakan panen ada sekitar tiga hektare," kata Mukhti Ali.

Namun menurutnya, melihat perkembangan yang terjadi dari 20 hektare lahan yang kini ditanami tanaman jengkol oleh warga setempat, memiliki potensi keberhasilan dan peluang bisnis menjanjikan.

"Kalau melihat dari yang sudah panen hasilnya sangat bagus. Buahnya besar-besar dan rasanya khas. Tapi karena masyarakat di sini tanamnya tidak serentak dan terpisah-pisah, makanya panennya juga tidak serentak," tuturnya.

Mukhti Ali menjelaskan, tanaman jengkol merupakan jenis tanaman baru yang kini mulai dibudidayakan oleh masyarakat setempat sejak beberapa tahun terakhir.

Menurutnya, wilayah Kemukiman Pameu yang merupakan dataran rendah sangat cocok untuk jenis tanaman tersebut.

“Jadi kami masyarakat di sini sangat berharap jengkol ini bisa jadi tanaman unggulan di sini, karena di sini wilayah dataran rendah, iklimnya panas, jadi sangat cocok," ucap Muhkti.

Dia menceritakan awalnya ide membudidayakan tanaman jengkol tersebut dicetuskan oleh seorang anggota TNI bernama Surya Ramadhan yang dulunya pernah bertugas di Kompi Senapan D Yonif 114/SM Pameu, Rusip Antara.

“Dia yang awalnya punya gagasan untuk budidaya jengkol ini, dia bentuk kelompok tani bersama masyarakat, namanya Kelompok Tani Terang Bulan, sekaligus dia jadi ketuanya,” kisah Mukti Ali.

Lanjutnya, pada tahap awal pembudidayaan tanaman jengkol tersebut semua dilakukan sendiri oleh para anggota Kelompok Tani Terang Bulan, mulai dari menyemai benih hingga menanam.

Menurutnya, beberapa kali benih jengkol yang disemai bahkan menuai kegagalan karena belum menguasai cara dan ilmunya.  Tapi pada akhirnya, kata dia, para anggota kelompok tani tersebut mampu melakukan pembibitan seperti yang diharapkan. 

"Awalnya Kelompok Tani Terang Bulan ini punya anggota 25 orang. Dia menjadi mitra Program Kelompok Bersama Rakyat (KBR) dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Aceh Tengah," tutur Mukhti Ali.

Muhkti Ali menambahkan, Kelompok Tani Terang Bulan awalnya membuat program kerja untuk mencoba budidaya tanaman jengkol di atas lahan percontohan di tiga tempat terpisah, sebelum akhirnya menyebar luas ke lahan-lahan warga lainnya di wilayah Kemukiman Pameu.

Saat ini, kata Mukhti, petani di sana sangat berharap adanya perhatian lanjutan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk dapat membina para petani dalam budidaya tanaman jengkol tersebut.

“Kami selaku masyarakat sangat berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait, kedepannya agar bisa memberikan perhatian dan ikut membina petani di sini dalam mengembangkan budidaya jengkol di sini,” ujarnya.

Sumber: Antara

Tag:Aceh Tengahpetani jengkol
Berita Terkait
  • Rabu, 02/10/2019 19:12 WIB

    Pelaku Wisata Malaysia dan Brunei Famtrip ke Dataran Tinggi Gayo

    BANDA ACEH - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Budpar) Aceh, Jamaluddin menyatakan pelaku wisata dari Malaysia dan Brunei Darussalam akan menikmati pesona wisata di dataran tinggi Gayo. "

  • Sabtu, 13/07/2019 11:26 WIB

    Aceh Barat-Aceh Tengah Bangun Jalan Tembus Sejauh 60 Km

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Tengah memastikan akan membangun jalan lintas kabupaten sejauh 60 kilometer yang akan menghubungkan kedua daerah pada tahun 2020 mendatang untuk

  • Sabtu, 22/06/2019 09:50 WIB

    Napi Rutan Takengon Dibekuk Saat Begal Remaja

    ACEH TENGAH - Seorang narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Takengon yang melarikan diri pada Februari lalu, dibekuk. Napi bernama Kaslanto (23) itu ditangkap saat membegal remaja 14 tahun. "Pelaku dita

  • Minggu, 03/03/2019 19:23 WIB

    Aceh Tengah Usulkan Pembangunan Arena Pacuan Kuda Standar Nasional

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menyatakan telah mengusulkan pembangunan infrastruktur arena pacuan kuda yang memenuhi standar nasional kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemud

  • Minggu, 24/02/2019 08:48 WIB

    Kadis Tenaga Kerja Aceh Tengah: Tak Ada Lagi Pekerja Asing di Lahan Prabowo

    ACEH TENGAH - Eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Wilayah Linge Fauzan Azima menyebut PT Tusam Hutani Lestari (THL) milik Prabowo Subianto di Aceh mempekerjakan tenaga asing. Kepala Dinas Transmig

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir